Ide Bisnis Online yang menguntungkan

10 Ide Bisnis Online yang menguntungkan

Bagi banyak calon pengusaha, menjalankan bisnis online adalah impian yang menjanjikan keamanan dan kemandirian finansial. Untuk membantu Anda memulai proses memulai bisnis online Anda sendiri dan mendapatkan fleksibilitas dan kebebasan yang menyertainya, kami telah menyusun daftar ide bisnis kecil online terbaik ini. Tak satu pun dari ide bisnis online ini memerlukan etalase fisik dan untuk beberapa ide, jadi Anda bahkan tidak perlu menawarkan produk fisik, hanya layanan.

Belum lagi, jika Anda bekerja dari rumah, Anda dapat mengatur jam kerja Anda sendiri, jadilah bos Anda sendiri dan klaim potongan pajak kantor pusat. Jadi, jika Anda siap memulai impian Anda menjadi pengusaha internet, mulailah dengan daftar ide bisnis online untuk pemula ini dan temukan yang paling sesuai dengan bakat dan minat Anda.

10 ide bisnis online terbaik

Dengan pertumbuhan internet dan teknologi secara umum yang luar biasa, ada ide bisnis online di luar sana untuk semua orang, terlepas dari pengalaman atau riwayat pekerjaan Anda sebelumnya. Memulai bisnis online dapat menjadi salah satu cara tercepat, termudah, dan paling terjangkau untuk memulai bisnis secara keseluruhan — terutama bila yang Anda butuhkan hanyalah laptop dan koneksi internet.

Karena bekerja dari rumah telah menjadi lebih populer dalam budaya perusahaan di seluruh dunia, para wirausahawan telah terinspirasi untuk mengambil karier mereka sendiri dan menjalankan bisnis sendiri. Plus, jika Anda tidak benar-benar siap untuk menjalankan bisnis online Anda, banyak dari ide-ide ini dapat dimulai paruh waktu, dan ketika Anda membangun bisnis sampingan Anda, itu mungkin cukup berhasil untuk berubah menjadi pertunjukan penuh waktu.

1. Social media marketing

Jika Anda memiliki bakat untuk mendapatkan suka, favorit, retweet, pengikut, bagikan, komentar, dan klik, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berkarir di pemasaran media sosial. Dengan berkonsultasi dengan perusahaan untuk mengelola profil media sosial mereka, menyebarkan konten mereka di seluruh Web, menjaga merek mereka tetap pada jalurnya, dan menjawab pertanyaan pelanggan, Anda dapat mengubah hobi favorit Anda menjadi pekerjaan harian Anda.

2. SEO consulting

Mungkin Anda ahli dalam SEO, atau pengoptimalan mesin telusur. Jika Anda memiliki banyak keterampilan dan pengalaman dalam membuat situs web mendapat peringkat tinggi di Google, dan Anda memahami cara mengubah pencari menjadi pelanggan, maka ada banyak perusahaan yang bersedia membayar mahal untuk bantuan Anda.

Baik itu dengan mengedit tag metadata, memperbarui blog perusahaan secara teratur, atau mencari kata kunci cerdas untuk mendapat peringkat tinggi, konsultan SEO yang baik bekerja dengan strategi SEO yang solid dapat secara drastis mengubah tampilan situs web perusahaan bagi pengguna mesin telusur — dan hanya beberapa posisi di Google dapat membuat perbedaan besar dalam jumlah lalu lintas. Singkatnya, Anda dapat memberikan pengaruh besar pada keuntungan bisnis, yang berarti ide bisnis online ini sangat diminati.

3. Desain freelance

Punya mata untuk estetika? Apakah Anda pergi ke sekolah seni, atau apakah Anda selalu menghabiskan waktu luang Anda mendesain poster di Photoshop atau Illustrator?

Jika demikian, dan jika Anda tertarik untuk menemukan pertunjukan di daftar ide bisnis kecil online yang tepat untuk Anda ini, maka desain lepas mungkin merupakan pilihan yang baik. Terima klien dengan kecepatan Anda sendiri, bangun reputasi yang baik secara online dan dari mulut ke mulut dan kerjakan proyek yang menurut Anda menarik — lepas memiliki banyak fasilitas.

Lihat situs seperti Upwork dan Behance untuk menemukan pertunjukan yang tepat untuk menikmati kebebasan gaya hidup lepas.

4. Penulis freelance

Jika Anda ahli dalam kata-kata, Anda mungkin menjadi penulis lepas. Selama Anda memiliki koneksi internet dan keyboard, Anda dapat menyumbangkan posting blog.

Ini membantu jika Anda memiliki bidang minat atau keahlian khusus, sehingga pemberi kerja Anda akan tahu bahwa Anda memenuhi syarat untuk mengomentari topik tertentu. Namun, faktor terpenting akan selalu menjadi tulisan Anda. Bisakah Anda menulis dengan jelas? Apakah Anda meluangkan waktu dan upaya untuk benar-benar memahami apa yang Anda bicarakan? Apakah Anda menarik bagi pembaca yang tepat? Jika Anda yakin dengan kemampuan menulis Anda, maka ide bisnis online ini sangat ideal.

5. Menulis blog

Meskipun sebuah blog bukanlah bisnis, itu pasti dapat mendukung salah satu ide bisnis online yang Anda pilih.

Penulis atau desainer lepas? Pamerkan keahlian Anda di setiap pos. Tertarik dengan pengkodean, fotografi dan video, kebugaran, makanan, atau apa pun? Buktikan pengetahuan Anda dengan menulis artikel bagus tentang topik tersebut.

Semakin banyak orang mempercayai otoritas Anda, semakin banyak mereka akan membaca, dan semakin luas audiens Anda, semakin mudah mengembangkan bisnis Anda dengan blogging. Bahkan jika Anda masih memutuskan ide bisnis online mana yang akan dikejar, memulai sebuah blog bukanlah ide yang buruk, karena Anda akan membangun keberadaan online untuk dibangun.

6. Photography

Bagi mereka yang berbakat dalam fotografi, Anda sebaiknya mengubah hasrat Anda menjadi gaji. Situs stok foto seperti Shutterstock dan iStock akan memberi Anda komisi atas gambar yang Anda jual, jadi jika Anda merasa nyaman berbagi lensa dengan jutaan orang lainnya, ini adalah cara yang mudah dan nyaman untuk mendanai kebebasan Anda.

Plus, jika Anda sangat berbakat, Anda mungkin ingin menjual foto Anda di situs yang lebih eksklusif dengan tingkat komisi yang lebih tinggi — atau bahkan situs web atau toko internet Anda sendiri.

7. Pelatih kebugaran online

“Pelatihan kebugaran online” mungkin tampak seperti sebuah oxymoron, tetapi ini adalah industri nyata – dan jika Anda berinvestasi dalam ide bisnis online, jangan mengabaikannya.

Jika kebugaran dan kesehatan adalah hasrat Anda, melayani sebagai pelatih kebugaran bagi klien bisa menjadi karier yang memuaskan. Namun, Anda harus ingat bahwa melatih orang secara online jauh lebih sulit daripada berada di sana bersama mereka. Tanpa banyak pengalaman sebagai pelatih, Anda bahkan mungkin dianggap tidak dapat dipercaya oleh calon pelanggan.

Selalu ada peluang bagi Anda untuk melakukan perjalanan ke klien secara lokal alih-alih menjalankan bisnis online sepenuhnya, tetapi itu mungkin tidak sesuai keinginan Anda. Atau, Anda dapat mengimbangi kurangnya kehadiran pribadi dengan fokus yang lebih kuat pada pendidikan nutrisi.

8. Buka toko online (olshop)

Salah satu ide bisnis online paling umum, memulai toko online relatif mudah dan murah — setidaknya jika dibandingkan dengan membuka toko offline

Jika Anda terampil atau kreatif, Anda dapat membuat produk dan menjualnya di situs seperti shopee, ebay, amazon, bukalapak, tokopedia dll langsung dari rumah Anda. Tantangan terbesar akan ditemukan, tergantung pada ceruk pasar Anda dan seberapa viral produk Anda. Tapi untungnya, ada banyak saran yang tersedia untuk membantu Anda, mulai dari menentukan harga pekerjaan Anda dengan benar hingga mengambil fotografi terbaik.

9. Perdagangan saham atau mata uang asing

Seperti penjualan nama domain internet, perdagangan saham bisa menjadi hobi atau karier online biasa. Jika Anda bersedia meluangkan waktu dan Anda berbakat dalam melakukan penelitian mendalam dan memprediksi tren, Anda dapat mengubah pekerjaan sampingan ini menjadi pertunjukan penuh waktu.

Beroperasi sebagai pedagang harian pola mengharuskan Anda menyimpan $25.000 di akun Anda setiap saat, jadi jika penghalang untuk masuk itu agak terlalu tinggi maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berdagang di pasar valuta asing atau mata uang.

Semua yang dikatakan, perdagangan saham tidak akan menawarkan Anda fleksibilitas sebanyak ide bisnis online lainnya di sini. Meskipun Anda dapat bekerja dari rumah dan menjadi bos bagi diri Anda sendiri jika Anda memperdagangkan saham atau mata uang asing dengan uang Anda sendiri, itu tetap merupakan pekerjaan dengan komitmen tinggi dengan jam kerja yang panjang dan kurva belajar yang curam. Anda harus meluangkan waktu untuk memahami semua persyaratan, sistem, dan peraturan perdagangan yang berbeda yang akan Anda gunakan untuk berinteraksi.

10. Perencanaan perjalanan

Apakah Anda suka bepergian? Pernahkah Anda ke berbagai lokasi dan memiliki jaringan koneksi di seluruh dunia? Jika perjalanan adalah hasrat Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis perencanaan perjalanan online. Anda dapat membantu klien merencanakan setiap aspek perjalanan mereka — mulai dari penerbangan, hotel, hingga hal yang harus dilakukan. Anda dapat mengerjakan rencana perjalanan, tip untuk makanan, pertukaran mata uang dan keamanan, dan berfungsi sebagai titik kontak antara klien Anda dan kontak internasional apa pun.

Plus, Anda tidak hanya dapat menjalankan bisnis perencanaan perjalanan Anda di rumah, tetapi Anda juga dapat melakukannya saat bepergian. Dan lebih banyak bepergian akan membantu Anda mengembangkan bisnis—saat Anda menjelajahi lokasi baru, bertemu calon klien, dan membuat koneksi baru. Anda bahkan dapat memulai blog perjalanan atau situs fotografi untuk melengkapi bisnis perencanaan Anda.

Kesimpulan

Pada akhirnya, ide bisnis online ini bukan hanya cara untuk melepaskan diri dari gaya hidup kantoran. Sebaliknya, mereka menawarkan semacam kebebasan yang kebanyakan orang tidak memiliki kesempatan untuk mengalaminya: mengelola diri sendiri, mengatur jam dan tujuan Anda sendiri, dan mengambil tanggung jawab atas pekerjaan Anda dengan cara yang paling berarti. Dikatakan demikian, meskipun memulai bisnis online dapat memberi Anda fleksibilitas unik, itu juga berarti bekerja sangat keras untuk menemukan klien, memasarkan layanan Anda, dan mempertahankan arus kas yang stabil.

Bisnis online bukan untuk semua orang. Namun, jika Anda mempertimbangkan salah satu item dalam daftar ide bisnis online untuk pemula ini, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai. Dengan menjelajahi berbagai kemungkinan, menemukan ide startup yang akan bekerja untuk Anda, meneliti sebelumnya dan menjalankan rencana bisnis yang efektif, Anda akan menuju gaya hidup sukses yang hanya diimpikan oleh kebanyakan orang.

dikutip dari: https://www.nerdwallet.com/article/small-business/online-business-ideas