Usaha pertanian modal kecil untung besar

Usaha pertanian modal kecil untung besar

usaha pertanian modal kecil untung besar – Tahun 2020 yang lalu kita semua dilanda oleh pandemi global yang menyebabkan semua lini usaha , bisnis, pekerjaan terdampak negatif.

Meskipun saat in pandemi sudah usai dan semuanya brangsur normal namun tetap saja sektor bisnis dan usaha belumlah kembali seperti sediakala. Itu di tunjukkan dengan banyaknya angka PHK yang terdengar di seluruh wilayah indonesia.

Tapi apakah anda tahu sektor apa yang tidak terlalu terdampak secara signifikan oleh pandemi global dan bahkan bisa survive dari efek pandemi. Apakah itu? ya benar sektor pertanian lah yang berkembang positif selama ini, indonesia dikenal dengan negara agraris maka dari itu penulis akan merangkum peluang usaha dan bisnis dari sektor pertanian di indonesia. Yuk kita simak dibawah ini!

Usaha pertanian modal kecil untung besar

1. Berjualan Tanaman Hias

peluang usaha pertanian dengan modal kecil yang pertama adalah berjualan tanaman hias. Banyaknya waktu di rumah yang dihabiskan orang di masa pandemi dan setelah pandemi membuat orang semakin kreatif ide nya , salah satunya dengan menanam atau bercocok tanama tanaman atau bunga hias.

Selain bisa memperindah rumah kita dan membuat sejuk di pandangan mata ternyata tanaman hias juga bisa kita jual lho. Banyak penghoby tanaman hias yang mendapatkan keuntungan besar dengan modal kecil dari berjualan tanaman hias ini. Contoh tanaman hisa yang sednag tren saat ini adalah

  • Wijayakusuma.
  • Calathea Orbifolia.
  • Kaktus Kelinci.
  • Calathea Cynthia.
  • Monstera Variegata.
  • Bonsai.
  • Calathea Black Lipstick.
  • Begonia.

Nah bagi kalian yang bingung mau bisnis apa, bisa dicoba dengan mulai menanam tanaman hias dan menjadikannya pundi-pundi rupaih.

2. Tanaman Hidroponik

Hidroponik adalah cara menanam sayuran tanpa menggunakan media tanah melainkan menanam dalam air yang mengandung campuran hara. Ini biasanya dilakukan oleh penghobi tanaman yang tidak memiliki lahan tanah kebun atau sawah.

bercocok tanam tanaman hidroponik banyak dilakukan dirumah seperti di teras rumah atau samping rumah. peluang bisnins ini cukup menjajikan karena sekarang banyak orang yang mencari sayuran organik. Nah hasil tanama dari sistem hidroponik ini menghasilkan sayuran organik. cukup menarik bukan? mari bercocok tanam secara hidroponik dirumah.

3. Pembuatan Pupuk Kompos

Peluang usaha bidang pertanian modal kecil berikutnya adalah membuat pupuk kompos. bisnis ini memerlukan modal yang sangat minim karena hanya membutuhkan bahan dasar sampah yang sudah dibuang dirumah.

Pupuk kompos semakin banyak dicari karena banyak orang sekarang menjadi hobi bercocok tanam, ya itu karena masa pandemi kemarin mereka semakin hobi bercocok tanam.

kalian bisa menjual pupuk kompos ini lewat situs marketplace sehingga pangsa pasar semakin luas.

4. Berjualan Alat berkebun

Jika kalian tidak hobi bertani atau bercocok tanam, coba lah intip peluang untuk menjual alat-alat untuk berkebun. Semakin banyaknya orang yang suka menanam tanaman hias saat ini menjadi peluang yang begitu besar yang hanya memerlukan modal kecil.

Kamu bis amulai menjual pot kecil , sekrop kecil atau tabung penyiram tanaman. juga bisa menjadi reseller alat berkebun untuk dijual di situs e-commerce atau juga bisa dijual lewat media sosial seperti tiktok atau facebook.

5. Menjadi Youtuber Pertanian

saat ini adalah jamannya media sosial seperti youtube, banyak orang yang tib-tiba menjadi vlogger atau youtuber untuk meraih uang. Nah bidnag pertanian bisa juga dijadikan lahan mencari uang dengan modal kecil sebagai youtuber atau content creator pertania. Cukup bermodalkan ponsel pintar kamu bisa menjadi vlogger pertanian.

Buat saja video tentang cara menanam strawbery dengan langsung membuat video di area kebun dengan bekerja sama dengan petani strwabery. Atau bisa juga video cara membajak sawah yang baik dan benar dengan melibatkan petani pembajak sawah sebagai sumber referensi.

Konten yang dibuat haruslah menarik dan unik serta kontinyu agar subscriber channel youtubemu semakin bertambah tiap hari dan membuat video mu ditonton oleh banyak orang dan rupiah pun mengalir ders kekantong hanya bermodalkan kamera handphone. Yuk segera dicoba!

Dari 5peluang usaha pertanian di atas, kira-kira mana yang menarik untuk kamu coba? Apapun pilihannya, tetap lakukan yang terbaik dan semangat dalam mengembangkannya, ya. Semoga ulasan tentang Usaha pertanian modal kecil untung besar bisa menjadi inspirasi bagi kalian semua. Semoga bermafaat!