Macam macam strategi pemasaran

Macam macam strategi pemasaran, Nomer 3 paling mudah

macam macam strategi pemasaran – Pengusaha membutuhkan berbagai macam strategi pemasaran agar produk yang sedang mereka pasarkan menjadi laku laris manis. Dengan strategi pemasara yang tepat sangat mungkin bisnis bisa bertahan meskipun persaingannya sangat ketat.

Mengenal Apa itu Strategi Pemasaran?

Dibawah ini pengertian dari strategi pemasaran menurut beberapa ahli yang dikutip dari laman detik.com

1. Kurtz
Strategi pemasaran adalah program yang menyeluruh dari sebuah usaha, atau perusahaan dalam menentukan target pemasaran untuk memuaskan konsumen. Hal ini dilakukan dengan mengkombinasikan semua elemen produk, promosi, marketing mix, distribusi dan harga.

Jadi, jika disimpulkan strategi pemasaran diartikan sebagai upaya memasarkan suatu produk dengan menggunakan pola rencana tertentu, untuk mendapat jumlah penjualan yang lebih tinggi.

2. Philip Kotler
Stretegi pemasaran adalah cara pengaturan pemasaran untuk mencapai keuntungan yang terus meningkat dalam penjualan.

Macam-Macam Strategi Pemasaran

Ada banyak strategi pemasaran yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya, Pilihlah strategi pemasaran yang dirasa paling cocok dengan jenis dan kondisi bisnis yang sedang dijalankan.

1. Direct Selling

Strategi pertama adalah direct selling, ini merupakan macam strategi pemasaran yang paling banyak dilakukan baik oleh pengusaha kecil, menengah dan besar,  di mana penjual akan menjual kepada konsumen secara langsung atau direct.

Cara nya dengan langsung mendatangi konsumen melalui door to door. Strategi ini mengandalakan kemampuan komunikasi persuasif yang baik.

Kelebihan dari direct selling adalah tidak memerlukan modal yang besar, dan cocok untuk bisnis yang baru mulai merintis atau tidak mempunyai modal yang besar.

Kekurangannya para sales akan merasa jenuh karena terus berjualan secara door to door dan juga mengganggu para calon konsumen karena biasanya akan dipaksa untuk membeli.

2. Pemasaran transaksional

Secara kata mungkin agak membingungkan ya maksud dari strategi nomer 2 ini. Strategi ini mengedepankan transaksional yang artinya pengusaha berusaha menarik minat beli dari konsumen dengan cara memberikan promo seperti  kupon belanja, diskon, promosi, dan acara-acara besar. Yang pada akhirnya konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

3. Melalui Iklan berbayar

Cara yang ketiga ini biasanya berpengaruh besar terhadap peningkatan penjualan. Strategi iklan adalah dengan membayar para penyedia ruang iklan agar produk kita bisa tampil di ruang iklan mereka. Sebagai contoh misalnya ada website yang terkenal dan banyak pengunjung di website tersebut , si empunya website bisa membuka ruang iklan di wesbite mereka untuk di sewakan , jadi produk dari para penyewa ruang iklan akan tampil di website tersebut. Untuk harganya biasanya tergantung kesepakatan antara pemilik website dan penyewa ruang iklan.

3. Point of Purchase

Point of Purchase (POP) adalah strategi pemasaran dimana materi pemasaran atau iklan ditempatkan dekat dengan produk yang diiklankan.

Strategi ini bekerja dengan baik untuk toko yang menjual berbagai produk. Menurut penelitian, sekitar 64% orang yang masuk ke toko belum memutuskan produk mana yang akan dibeli.

Anda bisa memanfaatkan kondisi ini dengan meminta mereka untuk membeli produk Anda. Kerahkan semua pengetahuan produk dan keterampilan komunikasi untuk menangkap minat konsumen dan membuatnya sulit ditolak.

Strategi pemasaran produk point-of-sale ini bisa Anda terapkan dengan membuat display dengan desain khusus yang menarik dan menempatkannya di lokasi-lokasi strategis seperti pintu masuk dan keluar.

4. Internet Marketing

Saat ini teknologi internet semakin canggih dan bahkan hal apapun di internet bisa menjadi tren di masyarakat. kekuatan internet untuk pemasaran produk sungguh besar, contohnya melalui media sosial facebook , tiktok , instagram dan twitter. Bisa juga melalui SEO (search engine optimazion) atau bisa melalui konten di youtube. jika konten atau artikel anda viral maka akan banyak orang yang mengunjung website anda dan besar kemungkinan mereka akan membli produk anda.

5. Word of Mouth Marketing

Pemasar berusaha sebaik mungkin untuk meninggalkan kesan yang baik kepada konsumen agar terus membeli produknya. Pemasaran dari mulut ke mulut meminta pelanggan untuk mempromosikan bisnis ke teman atau kolega. Banyak konsumen yang tertarik membeli suatu produk karena mendengar review positif dari orang-orang terdekatnya.

Akhir kata

itulah diatas 5 Macam macam strategi pemasaran yang kami rangkum dari beberapa website terpercaya, semoga bisa menjadi inspirasi anda dalam melakukan strategi pemasaran yang tepat. Semoga sukses.