media pemasaran online

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Pemasaran Online Menurut Para Ahli – pemasaran online saat ini menjadi strategi yang paling jitu untuk memasarkan produk barang dan jasa. Karena tiap hari orang mengakses internet baik itu untuk kebutuhan kerja maupun untuk sekedar hiburan.

Saat ini banyak sekali para pebisnis memasarkan produk nya melalui pemasaran online, bahkan sudah lebih dari 3jt UMKM di indonesia memasarkan produk mereka lewat media online.

Sebelum anda memasarakn produk secara online mari simak apa itu pemasaran online, Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli, manfaatnya dan jenis-jenisnya.

Apa itu Pemasaran Online ?

Pemasaran Online mempunyai arti memasarakan dan memperdagangkan produk barang dan jasa melalui internet dengan memanfaatkan media online seperti media sosial, website, blog, iklan dan lain-lain, pemasaran online ppt.

Seiring meningkatnya pengguna internet di dunia yang sudah mencapai 4 miliar pengguna aktif, para pebisnis skala kecil hingga besar telah menjadikan internet sebagai strategi untuk memasarkan produk-produknya, karena dengan internet jangkauan pemasaran produk bisa menggapai global.

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

1. Menurut David dan George (2001:20)

dalam bukunya Marketing Research, Pemasaran internet atau pemasaran online adalah penggunaan network untuk meraih pelanggan. Menyatukan suatu network pengguna dan sumbernya telah menghasilkan aktivitas baru dengan kemampuan yang lebih.

2. Menurut Strauss dan Frost (2001)

pemasaran online ialah penggunaan data dan aplikasi elektronik yang digunakan untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga

3. Menurut Armstrong dan Kottler (2002)

pemasaran online ialah pekerjaan dari perusahaan untuk mengkomunikasikan, mempromosikan, dan menjual barang atau jasa melalui internet

4 .Menurut Mohammed (2003:82)

dalam bukunya Internet Marketing, mendefinisikan internet marketing sebagai proses dalam membangun dan mempertahankan customer relationship melalui aktivitas online yang merupakan
pertukaran ide, produk, jasa yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan.

5. Menurut Dianawati (2007:64)

Pemasaran online adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media internet. Sesuai perkembangannya pemasaran 7 online tidak hanya menggunakan media website, tapi juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protokol internet seperti internet, iklan internet (periklanan di internet) menjadi pilihan yang menarik bagi para marketer khususnya dan dunia usaha umumnya.

Manfaat Pemasaran Online

1. Hasilnya gampang diukur

Cara pemasaran online lebih efektif untuk diukur hasilnya, karena di beberapa platform terdapat tools untuk mengukur seberapa efektifkah pemasaran produk kita secara online, bahkan ada beberapa yang menyediakana analitik bawaan.

BACA JUGA :   [Terbaru] Cara Mencari Agen BRILink Terdekat dari Lokasi saya sekarang

Dengan ini kalian bisa melihat tingkat kesuksesan pemasaran secara mudah dan cepat sehingga dapat melihat strategi mana yang sukses dan bisa ditingkatkan lebih baik lagi.

2. Hemat Biaya

Terdapat banyak tempat atau platform untuk melakukan pemasaran produk secara online dengan murah dan bahkan ada yang gratis seperti media sosial facebook , tiktok, twitter, dll. Akhirnya biaya bisa dihemat, beda lagi jika anda melakukan pemasaran konvesional seperti iklan di koran, di tv, dll yang memerlukan biaya lebih besar.

3. Menjangkau Customer lebih luas

Ketika kalian menggunakan strategi pemasaran online di media sosial maka jangkauan calon pembeli produkmu akan sangat luas, bahkan bisa sampai ke luar negeri. Itu dikarenakan mereka juga memakai media sosial untuk beraktifitas. Jika sudah mendapat pelanggan dari luar negeri maka kamu siap-siap mengekspor produk mu keluar negeri.

4. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan

dikutip dari WebFX, internet membuat pelanggan lebih kritis terhadap suatu merek.

Oleh karena itu, brand perlu memanfaatkan pemasaran online untuk menyediakan akses informasi yang dibutuhkan pelanggan.

5. Tidak Terikat dengan Wilayah dan Waktu

karena dilakukan dengan online maka jangkauan pelangganmu akan lebih besar dan luas di seluruh wilayah indonesia dan bahkan sampai luar negeri, yang artinya tidak terikat wilayah dan geografi.

Calon pelangganmu bisa membaca dan mempelajari konten produkmu kapan saja dan dimana saja , mereka bisa saja melakukan check out atau membeli produkmu di malam hari karena perbedaan waktu. Jadi tidak ada keterikatan waktu disini selama postingan dari produkmu masih tersedia di internet.

Kesimpulan

Pemasaran online menjadi hal yang wajib digunakan saat ini jika ingin meningkatkan penjualan produk barang menjadi besar dan bisa menjangkau pasar global.

diatas telah kami jelaskan Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli , manfaat nya dan jenisnya, juga ada file pemasaran online dalam bentuk ppt. Semoga artikel ini membantu anda para pebisnis pemula untuk meningktakan omset penjualan. Terima kasih.