Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman Modal Usaha untuk UMKM di indonesia

Pinjaman Modal Usaha , dalam memulai bisnis atau usaha skala kecil dan menengah pasti yang dipikirkan pertama kali adalah masalah bagaimana mencari modal usaha. Bila bisnis masih dalam skala kecil mungkin pinjaman modal usaha bisa didapat dari kerabat atau teman dekat.

Namun apabila bisnis usaha anda telah berjalan dan mulai meningkat pasti akan membutuhkan tambahan modal usaha agar bisnis terus berkembang, nah saat itulah anda akan mulai butuh pinjaman modal usaha dari pihak lain selain saudara dan teman.

Jangan khawatir karena sekarang banyak sekali pihak yang akan memberi para pebisnis pinjaman modal usaha baik itu dari pihak perbankan maupun perusahaan keuangan lainnya. Nilai plus bagi anda yang sudah memiliki bisnis yang telah berjalan akan lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman modal.

bagi anda yang belum atau sudah memiliki bisnis namun belum terlalu berkembang akan sulit mendapatkan pinjaman modal usaha, tapai jangan khawatir siapkanlah dokumen secara lengkap sebagai persyaratan untuk mendapatkan pinjaman.

Pengertian Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman modal usaha adalah suatu dana yang dipinjam untuk keperluan usaha. Modal pinjaman sendiri merupakan istilah yang identik dengan dunia koperasi.

Jenis Pinjaman Modal Usaha

Banyak sekali model dan jenis dari pinjaman modal usaha,ilhlah yang cocok dengan bisnis anda. Dan teliti terlebih dulu tentang bagaimana skema pembayaran dan bunga dari pinjaman modal, karena jika tidak cocok akan menyulitkan bisnis anda kedepannya. Maka dari itu kami rangkum beberapa jenis pinjaman untuk usaha yang bisa anda pertimbangkan sebelum mengajukan. Yuk sima dibawah ini.

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pinjaman ini diperuntukkan kepada jenis usaha mikro, kecil dan menengah atau lebih dikenal UMKM. Bantuan Pinjaman jenis ini diberikan pemerintah melalui Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara. Plafon pinjaman bisa mencapai 100jt dan memberikan skema suku bunga yang lebih rendah jika dibandingkan jenis pinjaman lainnya.

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Seperti namanya Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini tidak memerlukan jaminan aset untuk mendapatkan pinjaman uang. Pihak bank hanya akan melihat history pinjaman anda lainnya atau history pemabyaran kartu kredit anda. Jika history pembayaran pinjaman lain anda bagus dan tidak pernah menunggak besar kemungkinan KTA anda akan disetujui. Tersedia plafon pinjaman hingga 300jt namun jenis pinjaman ini suku bunga nya terbilang cukup tinggi.

3. Kredit Investasi

Jenis kredit ini biasanya diberikan ke perusahaan yang memulai proyek baru atau keperluan ekspansi perusahaan. Tenor cicilannya biasanya kelas menengah dan panjang bisa mencapai 10-20 tahun dengan plafon mulai dari 200jt sampai miliaran rupiah.

4. Pinjaman Koperasi

Jika anda tergabung sebagai anggota suatu koperasi makan anda bisa mengajukan pinjaman modal dari koperasi terssbut. Biasanya memiliki bunga yang cukup rendah.

5. Modal Ventura

dikutip dari wikipedia perusahaan Modal ventura adalah pemberian bantuan modal usaha kepada perusahaan swasta lainnya dalam rangka sebagai investasi dalam bentuk saham atau pembelian obligasi konversi. Biasanya jenis pinjaman ini diberikan kepada perusahaan startup.

6. P2P lending

P2P lending adalah platform perantara atau pasar yang menghubungkan dan mempertemukan orang yang memberikan pinjaman modal usaha dengan individu yang membutuhkan kredit. Anda sebagai peminjam dan sebagai pemberi modal bisa mendaftarkan diri di platform p2p lending yang sudah terverifikasi oleh pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga terjamin keamanannya.

BACA JUGA :   Paypal starbucks offer : Possible $5 off $10

Manfaat Pinjaman Modal Usaha

Berikut ini adalah beberapa manfaat pinjaman modal usaha yang bisa anda dapatkan untuk bisnis anda

1. Membuat Bisnis Anda Lebih Berkembang

Untuk membuat bisnis yang sedang anda rintis dan jalankan bisa lebih berkembang misalkan untuk memperbesar kantor gudang bisnis, menambah stock barang yang lebih besar atau ingin ekspansi dengan membuka kantor cabang baru para pebisnis memerlukan pinjaman modal usaha yang lebih besar untuk mewujudkan itu semua.

2. Membantu dalam berinovasi

Bisnia supaya tetap eksis salah satunya diharuskan untuk terus berinovasi dalam hal produk baru, agar para pelanggan tidak bosan dengan produk itu-itu saja. Nah pinjaman modal usaha disini berperan sangat besar untuk menunjang riset dan eksepriment untuk melahirkan produk-produk inovasi baru. Riset dan ekseprimen inilah yang juga memerlukan modal lebih besar juga.

3. Melancarkan Kegiatan Operasional Perusahaan

Pinjaman modal usaha juga terkadang diperlukan untuk membantu jalannya operasional perusahaan yang terkadang agak kurang lancar dikarenakan kurangnya suntikan dana. Jika ada uang atau modal maka jalannya roda perusahaan akan noemal kembali seperti proses produksi atau pembayaran gaji karyawan.

4. Maintenance Peralatan

kadang karena minimnya modal usaha tidak jarang peralatan kantor atau produksi tidak terawat dengan baik, yang menyebabkan proses opersional perusahaan juga tersendat karena kendala tersebut. Pinjaman modal usaha disini sangat diperlukan untuk membantu maintenance dari peralatan perusahaan.

5. Pengadaan Alat-alat Kantor atau perusahaan

Untuk membuat bisnis anda maju diperlukan pengadaan peralatan kantor , baik itu untuk office atau alat produksi. Pinjaman modal usaha penting untuk membeli semua kebutuhan peralatan kantor dan perusahaan agar bisnis jeuh lebih berkembang.

6. Arus Kas perusahaan Lancar

Bisnis yang baru dirintis akan membutuhkan biaya operasional yang besar seperti untuk membayar gaji karywan dan keperluan listrik , pdam, dll. Jika modal sedikit maka kas perusahaan yang baru berjalan dibulan pertama tidak akan lancar. Maka diperlukan pinjaman modal usaha untuk membackup semua kebutuhan tersebut.

7. Membantu proses promosi

Bisnis tidak akan lancar dan berkembang tanpa adanya alat promosi baik itu offline maupun online terutama bagi bisnis yang baru saja berjalan. Disini bantuan modal usaha sangat penting sebagai modal branding dan promosi bisnis anda ke masyarakat luas.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat tentang pinjaman modal usaha, jenis dan manfaatnya bagi para perintis dan pelaku bisnis. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda.