Harga franchise indomaret

Harga franchise indomaret, cara buka dan Syaratnya

harga franchise indomaret – Lini bisnis dari Salim group yang dikelola oleh PT Indomarco Prismatama ini juga membuka kerjasama dengan mekanisme franchise atau waralaba. Indomaret adalah pioner gerai waralaba terbesar di indonesia yang memiliki lebih dari 20.000 gerai minimarket (data 2022) di seluruh wilayah indonesia.

Pengertian Bisnis Franchise atau Waralaba

Menurut Permendag No. 71 Tahun 2019, franchise atau waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba.

Harga franchise indomaret dan syarat untuk membukanya

Jika anda mulai tertarik untuk membuka bisnis kerjasama franchise dengan indomaret, sebelumnya harus mengetahui dulu apa saja syaratnya yang dikutip dari website resmi indomaret, simak dibawah ini:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2
  3. Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket : IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan Ijin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku
  4. Menyediakan dana investasi
  5. Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem waralaba Indomaret (franchise Indomaret)

Apabila sudah mengetahui syarat apa saja untuk membuka gerai indomaret, maka anda juga harus tahu brapa sih harga franchise indomaret. perkiraan biaya yang harus disiapkan oleh anda sekitar Rp 394jt, biaya itu belum termasuk biaya sewa bangunan untuk gerainya, untuk lebih memperinci biaya apa saja simak dibawah ini

  1. Franchise fee untuk 5 tahun: Rp36 juta.
  2. Persiapan dan promosi pembukaan toko: Rp9,5 juta.
  3. Tambah daya listrik dan renovasi: Rp170,5 juta (Biaya ini disesuaikan dengan bentuk bangunan).
  4. Peralatan elektronik dan non elektronik: Rp178 juta (Biaya ini disesuaikan dengan tipe toko).

Setelah anda tahu harga dan syarat untuk membuka gerai indomart maka tak kalah penting jika harus mengetahui bagaimana cara membuka gerai indomaret, sebagai berikut:

  1. Harus memiliki lokasi yang digunakan untuk gerai
  2. Setelah itu melakukan presentasi awal
  3. Kemudian akan dilakukan Survey lokasi
  4. Melakukan pengukuran dan evaluasi KKI.
  5. Perjanjian pengikatan dan pembayaran franchise fee.
  6. Pengurusan Izin Usaha Minimarket.
  7. Pembangunan fisik atau renovasi calon gerai Indomaret baru.
  8. Pembukaan gerai.

Cara daftar franchise Indomaret

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh para calon bisnismen yang ingin membuka gerai indomaret, simak dibawah ini:

1. Presentasi pertama

Pada presentasi pertama ini calon terwaralaba harus membawa dokumen yang menjadi syarat untuk membuka indomaret yaitu : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi. Di presentasi pertama ini akan dibahas dan dijelaskan bagaimana mekanisme bentuk kerjasama nya, nilai investasi yang harus dipenuhi terwaralaba, keuntungan per bulan hingga bagaiamana sistem operasional gerai atau toko.

2. Presentasi kedua

Tahap ini akan memaparkan dan menjelaskan hasil dari survey lokasi dan RAB ( Rencana Anggaran Biaya) yang menentukan berapa besar nilai investasi yang harus dipenuhi oleh pihak terwaralaba.

Pada fase kedua ini akan dilanjtukan dengan penandatanganan MoU ( Nota Kesepakatan ) tentang bagaimana peran dan pembagian tugas antara pihak indomaret dan pihak terwaralaba mengenai persiapan pembukaan toko, renovasi bangunan toko, pembelian peralatan toko, proses seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

3. Pembukaan toko (gerai Indomaret)

Setelah dua tahap diatas terpenuhi maka proses selanjutnya adalah pembukan gerai atau toko indomaret dan promosi akan dilakukan oleh pihak indomaret.

Pada saat sebelum pembukaan gerai akan dilakukan penandatanganan surat perjanjian waralaba antara pihak indomaret dan pewaralaba. Pihak indomaret akan membantu beberapa hal yaitu :

  • Survey kelayakan lokasi tempat usaha
  • Perencanaan anggaran biaya (RAB)
  • Studi kelayakan investasi
  • Tata ruang dan perencanaan toko,
  • Renovasi ruang usaha gerai atau toko
  • Pembelian peralatan toko
  • Seleksi dan training karyawan
  • Standard kerja dan sistem penggajian karyawan
  • Paket sistem operasional toko dan administrasi keuangan
  • Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan
  • Program promosi penjualan.

Dengan besaran modal investasi sekitar Rp 400 juta yang harus dikeluarkan, calon pebisnis / pewaralaba bisa bergabung dengan sistem kerjasama franchise Indomaret.

Keuntungan Bisnis Franchise Indomaret

Ini hanyalah estimasi profit franchise indomaret , namun bisa menjadi acuan bagi anda yang ingin menjadi pewaralaba indomaret, Estimasi keuntungan ini kami kutip dari laman , yuk simak dibawah ini:

  • Omset penjualan setiap hari: Rp 10 juta per hari x 30 hari = Rp 300 juta per bulan
  • Harga pokok barang: 85%
  • Keuntungan kotor: Rp 1,5 juta per hari x 30 hari: Rp 45 juta per bulan
  • Biaya operasional toko seperti listrik, air dan sebagainya: Rp 7 juta per bulan
  • Gaji karyawan: Rp 3 juta x 6 orang = Rp 18 juta
  • Royalty fee (pembagian keuntungan waralaba Indomaret)
  • Omset per bulan kurang dari Rp 175 juta x 0%
  • Omset per bulan berada di angka Rp 175 juta -Rp 200 juta x 2%
  • Omset per bulan berada di angka Rp 200 juta – Rp 225 juta x 3%
  • Omset per bulan lebih dari Rp 225 juta x 4%
  • Pada simulasi ini, maka royalti fee yang harus Anda bayarkan ialah Rp 4,25 juta per bulan.
    • Amortisasi biaya investasi selama perjanjian waralaba selama 5 tahun. Misalkan investasi sebesar Rp 800 juta/60 bulan = Rp 13 juta per bulan.

    Laba kotor – biaya operasional – gaji karyawan – royalti fee – amortisasi = Rp 2,75 juta per bulan.

    Namun, Indomaret memberikan Net Income + Amortisasi  biaya investasi sehingga = Rp 2,75 juta + Rp 13 juta = Rp 15,75 juta.

    Angka tersebut jika dikalikan 60 bulan (6 tahun) menjadi Rp 945 juta atau Anda mendapat keuntungan 18,12% dalam 5 tahun.

Penutup

Diatas adalah penjelasan dari Harga franchise indomaret, syarat membuka waralaba indomaret ,berapa dana investasi yang harus dikeluarkan, cara daftar dan estimasi keuntungan dari frenchise indomaret. Semoga infomari diatas menjadi bermanfaat bagi anda yang ingin menjadi bisnismen pewaralaba indomaret.