Cara bermain saham dengan modal 100 ribu

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu dengan aman

apakah bisa cara bermain saham dengan modal 100 ribu ? tentu saja bisa, Mungkin dulu jika kita ingin terjun dan mendalami bermain saham maka akan dibutukan modal yang besar sebagai investasi. Namun saat sekarang ini untuk bermain saham bisa menggunakan modal yang fleksibal bahkan hanya dengan modal 100rb kalian para pelajar dan mahasiswa bisa masuk ke pasar saham.

Terhun di dunua investasi saham tidak perlu terburu-buru. Pelajarilah dasar fundamental dari saham itu sendiri dan mulailah terjun ke pasar saham dengen modal kecil , ingat bermain investasi saham termasuk beresiko tinggi.

dibawah ini kami rangkum bagaimana cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang harus kalina lakukan terutama sebagai seorang pemula di dunia saham. Yuk mari simak

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu

1. Pelajari dan kenali perusahaan sekuritas yang terpercaya

Cek dan pelajari history dari perusahaan sekuritas yang akan kalian pilih, pastikan sudah mendapatkan izin dan legalitasnya aman. Setelah kalina temukan makan tahap selanjutnya adalah membuka RDN ( Rekening Dana Nasabah) di perusahaan sekuritas yang kalian pilih.

Setiap perusahaan akan menetapkan jumlah setoran awal yang berbeda minimal Rp 1 jt . Jika kalian hanya mampu di angka 100 rb maka jangan risau karena sekarang banyak aplikasi saham online yang cuma membutuhkan setoran awal 100rb dan langsung bisa terjun di dunia pasar saham.

2. Cari Saham dengan harga terendah namun Potensial

Di BEI atau Bursa Efek Indonesia terdpata banyak sekali emiten saham yang memliki harga berbeda. Syarat pertama membeli saham adalah investor harus membeli minmal 1 lot atau 100 lembar saham. Karena modal mu cuma 100rb artinya kamu harus mencari saham yang harganya dibawah Rp 1000 per lembar.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan asal membeli dikarenakan murah, pelajari dan teliti tentangPerusahaan tersebut misalnya kondisi keuangan dan tingkat likuiditas perusahaan tersebut. Jika kondisi keuangan tidak bagus maka akan kurang menarik di mata investor lain sehingga likuiditasnya menjadi rendah dan akhirnya harga saham akan terus merosot.

3. Beli dan Jual saham di saat yang tepat

Bermain saham harus berpacu dengan waktu, harga saham bisa berubah dengan sangat cepat. Saham dengan harga rendah yang dikenal dengan istilah medium cap dan small cap memiliki pergerakan harga yang lebih bergejolak  dibanding saham blue chip.

Kalian harus dengan setia dan rajin memantau pergerakan harga dan grafik saham, sehingga bisa menemukan waktu yang tepat kapan harus membeli saham di harga murah dan menjualnya di harga yang tinggi. Jika itu tidk kamu lakukan maka akan terjadi kerugian.

BACA JUGA :   Aplikasi Saham Online Terpercaya Agar Investasi Aman

4. Lihat dengan teliti Biaya transaksi

Setiap perusahaan sekuritas menetapkan biaya transaksi yang berbeda namun biasanya dikisaran 0,15% hingga 0,35%. Dengan memeprhatikan berapa biaya per transaksi kalian bisa mmeperkirakan berapa keuntungan bersih dari jual saham.

Sebagai pemula yang mempunyai modal kecil sebaiknya jangan terlalu sering transaksi juak beli karena Semakin sering kalian melakukan transaksi trading saham , maka akan semakin besar potongan transaksi yang dikenakan.

Tips bermain saham dengan modal kecil

1. Baca berita di media terpercaya

Harga saham dipegaruhi oleh banyak faktor seperti misalnya situasi kondisi sosial politik, naik turunnya suku bunga, dan sebagainya. Maka dari itu selalu pantau media terpercaya untuk mngetahui news terbaru.

2. Selalu Analisa data

Pada saat sebelum melakukan pembelian saham pastikan selalu analisa data perusahaan tersebut, misalnya tentang kondisi keuangan mereka selama 5 tahun terakhir. Dari situ kalian bisa analisa dan prediksi apakah saham tersebut layak dibeli atau tidak.

3. Tentukan target yang Realistis

Investor pemula apalagi yang bermodal kecil biasanya terjebak dengan rasa serakah ketika saham yang dimiliki mengalami kenaikan , mereka akan terus berusaha menahan saham tersebut dan tidak menjualnya dengan maksud mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Maka tidak heran sering terjadi saham yang terus ditahan akan mengalami penurunan harga. Jadi tentukan target yang tidak muluk-muluk atau realistis karena harga saham sellau fluktuatif.

4. Hindari Saham IPO

Unutk pemula bermodal minim sebaiknya jangan membeli saham IPO dan saham gorengan. Biasanya harga saham IPO memang menarik karena cenderung lebih murah dan bisa menarik minat para investor pemula bermodal kecil.

Namun tidak menutup kemungkinan harga saham tersebut akan menguntungkan kita di masa depan karena kita tidak tahu history dari perusahaan tersebut. Jika teteap ingin membeli pelajari dengan teliti history perusahaan tersebut.

Diatas telah kami jelaskan bagaimana Cara bermain saham dengan modal 100 ribu. Semoga sebagai investor pemula bermodal kecil bisa terus berkembang dan memahami dunia trading saham. dan bisa mengambil keputusan yang tepat. Semoga bermanfaat.