Cara Mengatasi Tombol Power HP rusak terbaru 2023

cara mengatasi tombol power hp rusak – Sekarang merupakan jaman yang serba digital, keberadaan ponsel pintar atau ynag lebih dikenal dengan smartphone menjadi sangat penting dan diperlukan bagi semua kalangan , dari anak kecil sampai orang tua sekalipun. Dari mulai hanya sekedar bermain game sampai digunakan untuk media bisnis.

Namun meski terkenal canggih smartphone tak lepas dari berbagai masalah, diantaranya aplikasi tidak bisa dibuka, hang, macet, bootloop, dan lain sebagainya. Handphone yang terkenal canggih kadang juga mengalami masalah atau error pada software maupun hardware.

cara menghidupkan hp oppo tanpa tombol power
gambar: mitrahub.com

dari berbagai masalah yang muncul di smartphone android yang paling banyak adalah tombol on dan off nya sering mengalami kendala, entah itu rusak ataupun tombol nya tenggelam.

Pertimbangkan jika tombol on off handphone Anda rusak. Tombol power HP yang rusak membuat saya sangat pusing dan bingung saat ingin membuka kunci layar android yang mati. Akan sangat menakutkan jika smartphone Android saya mati karena baterai mati. Bahkan saat terisi penuh tombol power putus dan android tidak bisa bergerak.

Apa penyebab tombol volume HP tidak berfungsi?

Cara Mengatasi Tombol Power HP rusak

Ada beberapa cara dan metode yang mudah untuk mengatasi tombol power di hp yang rusak, berikut penjelasannya dibawah ini.

1. Gunakan benda untuk mencolok

kadang di area tombol power hp yang rusak adalah bagian casing luar atau copot jadi tombol on off bagian dalam handphone masih terlihat, apabila kasus nya seperti ini cobalah untuk menusuk atau mencolok tombol power dalam dengan benda tumpul seperti tusuk gigi atau batang lidi. ini adalah cara termudah dan tercepat.

2. Aktifkan fitur tombol Power ke tombol Volume

sebelum menggunakan cara ini pastikan kalian sudah mengunduh dan menginstall aplikasi Volume Power dari Google Play Store. Namun aplikasi ini tidak berfungsi di semua versi android, kebanyakn untuk versi android 6.0 kebawah. Kalian bisa menghidupkan smartphone dengan menggunakan tombol volume jika sudah memasang aplikasi diatas di hp.

3. Sambungkan dengan charger atau powerbank

untuk beberapa jenis ponsel pintar jika dalam kondisi mati / off cara menyalakannya bisa dengan menyambungkan ke daya charger atau powerbank seperti iphone. namun untuk ponsel android kebanyakan ponsel harus dalam kondisi masih aktif, jika ponsel dalam keadaan off atau tidak aktif maka cara ini tidak bisa digunakan di ponsel android

BACA JUGA :   Cara memasukan voucher telkomsel lewat sms

4. Aktifkan mode double tap to wake

Bagaimana cara mengaktifkan mode atau fitur ini, simak caranya dibawah

  • masuk ke menu pengaturan di ponsel anda
  • lalu klik pada tulisan tampilan
  • kemudian aktifkan ketuk layar 2x untuk bangunkan

Fitur ini sudah ada di ponsel android keluaran 2017 keatas sedangkan untuk ponsel keluaran 2015 kebawah bisa menggunakan aplikasi Double Tap Screen On and Off, simak caranya dibawah.

  • Unduh dan pasang aplikasi Double Tap Screen On and Off di handphone.
  • Kemudian buka aplikasi » aktifkan fitur Double tap To Lock dan Double tap to screen On.
  • Lalu Anda bisa lakukan perizinan akses pada fitur keamanan ponsel.
  • Selesai.

5. Gunakan sensor Fingerprint dan Face Unlock

Sensor fingerprint dan facelock bisa memeprmudah kita untuk membuka layar handphone android dan iphone. Tanpa perlu susah-susah untuk menggeser layar atau memasukkan pin pengaman. Selain lebih simpel dan mudah penggunaan dua fitur ini lebih aman dari gangguan orang lain karena memerlukan sidik jari dan gambar muka kita untuk masuk ke menu ponsel.

ponsel Android seperti Samsung, OPPO, VIVO, Xiaomi, dan lainnya juga mulai mengadopsi Face Unlock dari iphone. Artinya semua ponsel keluaran 2019 keatas sudah banyak yang memakai face unlock.

Estimasi biaya servis tombol power HP umumnya mulai dari 50 ribu hingga 300 ribu.
Tombol power digunakan untuk menghidupkan / mematikan komputer sedangkan tombol reset digunakan untuk mengulang sistem operasi pada komputer seperti semula(komputer akan dimatikan dan kemudian hidup kembali).

Penutup,

Cobalah beberapa tips alternatif di atas untuk menghindari masalah membuka kunci layar saat tombol power on / off rusak. Anda dapat mengikuti tip di atas pada perangkat Android apa pun seperti Samsung OPPO Realme Lenovo ASUS Xiaomi VIVO OnePlus Huawei NOKIA dll.

Jika ada perbedaan mohon dikoreksi jika ada request atau persyaratan silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga berhasil!