Info GTK 2023

Apakah anda sedang mencari tentang info GTK 2023? Sekarang anda berada di website yang tepat, cara mencari informasi tentang GTK di tahun 2023 bisa kalian lakukan dengan sangat mudah dan cepat melalui beberapa cara dibawah ini, Yuk simak ulasan nya dibawah.

Info GTK 2023 mempunyai maksud dan tujuan dalam rangka membantu para guru atau pendidik dalam melakukan pengecekan hasil dari verifikasi data yang telah dikirimkan lewat aplikasi dapodik.

Guru dan tenaga pendidik yang dimaksud adalah orang yang mempunyai tugas dan profesi utamanya yaitu mengajar, mendidik, melatih, membimbing, mengarahakan dan melakukan evaluasi kepada para peserta didiknya mulai jenjang Pendidikan anak usia dini, Pendidikan dasar, menengah hingga atas seperti Dosen.

Apa itu Info GTK 2023?

Info GTK 2023 merupakan website dari kementrian Pendidikan dan kebudayaan yang berisi informasi tentang data dari Guru dan tenaga pendidik yang telah dimasukkan ke dalam Dapodik. Nah dapodik ini adalah Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan (database) berskala nasional yang terintegrasi dengan data kependidikan lainnya.

Guru dan para tenaga pendidik yang telah mendapatkan sertifikasi akan mendapatkan uang tambahan Bernama tunjangan profesi. Agar tunjangan profesi ini bisa cair maka diperlukan data yang valid jika tidak valid maka uang tunjangan profesi guru dan tenaga pendidik belum dapat diberikan.

Info GTK biasanya digunakan untuk melihat TPG (Tunjangan Profesi Guru) yang telah bersertifikasi apakah sudah terbit SKTP nya ataupun belum. Jika sudah terbit SKTP nya tentu ada tunjangan yang akan diterima oleh guru bersertifikasi tersebut.

Kegunaan dari info GTK dipakai untuk melihat TPG ( Tunjangan Profesi Guru) yang sudah memiliki sertifikasi apa sudah diterbitkan SKTP nya atau belum. SKTP adalah Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi. SKTP berfungsi untuk pencairan tunjangan profesi/tunjangan sertifikasi guru.

Info GTK ini juga bisa membantu para guru untuk menyajikan data dari satuan Pendidikan yang telah di input atau dimasukkan melalui aplikasi Dapodik.  

Fungsi dan kegunaan GTK

  1. Mengecek Validasi Data Guru

Proses validitas data ini sangat penting bagi tunjangan profesi guru. Tunjangan profesi ini bisa para guru dapatkan dari SKTP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi) yang tercantum di GTK , jika belum valid atau beda data maka segera menghubungi operator dapodik di sekolah masing-masing.

  1. Mengunduh kebijakan terkait GTK

Sebagai tempat untuk mengunduh berbagai regulasi/kebijakan terkait GTK, misalnya edaran Ditjen GTK, Peraturan Pemerintah, UU Guru dan Dosen, dan sebagainya.

Menjadi tempat untuk mendownload bermacam-macam data regulasi atau kebijakan yang berhubungan dengan GTK, sebagai contoh mengenai Perpem, UU guru dan dosen, surat edaran ditjen GTK, dan lain sebagainya.

  1. Memantau hasil data Dapodik

Jika ingin mengetahui data apa saja yang telah kamu masukkan melalui aplikasi Dapodik maka langsung saja buka Info GTK 2023, apabila ada kesalahan input data segeralah untuk meminta bantuan operator dapodik di sekolahmu untuk memperbaikinya.

Data yang ditampilan di Info GTK 

Nah Data apa saja yang ditampilkan dan disajikan di info gtk 2023 , yuk simak dibawah ini.

  1. Verifikasi Data Tunjangan Profesi
  2. Data Individu berdasarkan Dapodik
  3. Status NUPTK Pada Database Arsip NUPTK
  4. Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik
  5. Tugas Tambahan
  6. Rombongan Belajar (Rombel)
  7. Riwayat Pendidikan Formal
  8. Sertifikasi Pendidik
  9. Status Verval Ijazah S1/D4
  10. dan lain sebagainya

Daftar data yang ditampilkan di Info GTK berasal dari proses sinkronisasi data di aplikasi Dapodik. Jika terdapat perbedaan data yang ditampilkan sekarang di info gtk maka segeralah untuk merubah data yang berbeda tersebut pada aplikasi dapodik pada sekolah masing-masing melalui bantuan operator sekolah atau bisa dilakukan secara mandiri.

Data pribadi para guru dan tenaga pengajar diwajibkan untuk sama dengan yang ditampilkan di info GTK, jika terdapat data yang berbeda maka hendaklah untuk mengecek Kembali info GTK tersebut.

Untuk tahun 2023 ini apabila ingin mengakses website Info GTK para guru harus menggunakan akun PTK masing-masing, yang sebelumnya memakai SIM PKB sudah tidak bisa. Untuk akun PTK dan passwordnya bisa diminta ke bagian operator dapodik di sekolah masing-masing.

Terdapat 2 cara bagaimana cara untuk cek Info GTK 2023 yang bisa dengan mudah para guru lakukan, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Cara Pengecekan Info GTK 2023

Ada 2 cara untuk melakukan pengecekan info GTK 2023 bagi para guru dan tenaga pendidik dan pengajar bisa lakukan.

  1. Pengecekan melalui Laman info GTK

  • Masuk situs info GTK di alamat berikut https://info.gtk.kemdikbud.go.id
  • Saat di halaman utama, pilih opsi dan klik Login Langsung ke GTK.
  • Kemudian lalu segera Masukkan akun PTK Dapodik yang Anda miliki, serta masukkan password PTK pada kolom yang sudah tersedia.
  • Jika beberapa langkah diatas sudah Anda lakukan dengan benar, Langkah selanjutnya adalah Klik tombol login
  • Kemudian jika berhasil untuk Login maka akan dialihkan ke halaman untuk verifikasi data pribadi. Coba periksa dan cek Kembali apakah data pribadi anda sudah sesuai dengan data yang ada di info GTK.
  • Jika data nya sudah cocok dan benar maka Langkah selanjutnya adalah klik tombol print out atau cetak. Kemudian data yang telah anda cetak tersebut bisa anda berikan kepada Admin Simtun (Sistem Informasi Manajemen Tunjangan) yang berguna untuk mempermudah dalam pencairan tunjangan profesi nantinya.
  • Ada kemungkinan jika data yang telah anda masukkan ternyata terdapat perbedaan dengan data asli maka sesegera mungkin untuk menghubungi operator dapodik di sekolah masing-masing untuk melakukan edit data.
  • Langkah terakhir jika sudah selesai klik tombol log out.
  1. Pengecekan Info GTK Melalui Laman Individual  GTK

  • Langkah Pertama langsung kunjungi situs https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id
  • Berikutnya pilih Klik Tombol “Login Menggunakan SSO”.
  • Kemudian segera Masukan Username/Email dan password. (Akun PTK yang terdaftar di dapodik).
  • Bila beberapa Langkah diatas telah dilakukan, kemudian klik tombol “Masuk”.
  • Kemudian jika anda berhasil untuk login, klik menu Biodata.
  • Selanjutnya coba Scroll atau geser ke bawah dan klik menu “Buka Info GTK”, maka secara otomatis laman Info GTK akan terbuka.
  • Kemudian Periksa dengan teliti kembali data yang tercantum pada info GTK, apakah seluruh data anda telah valid.
  • Kemudain cek lagi Jika Sudah valid, langkah selanjutnya Klik Tombol Cetak untuk mencetak laman info gtk tersebut.
  • kemudian, serahkan hasil print out tadi ke admin Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (Simtun) yang ada diwilayah anda untuk memudahkan dalam pencairan tunjangan.

didalam melakukan pengecekan data di info GTK mungkin terjadi pesan error seperti “Data Tidak Ditemukan” mungkin membuat para guru ataupun operator bagian input data bingung kenapa bisa terjadi. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis menambahkan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Data tidak ditemukan saat pengecekan Info GTK

Ada beberapa penyebab diantaranya sebagai berikut:

1. Salah dalam menuliskan email dan password pada user id

Terjadi kesalahan dalam memasukkan email dan password dalam kolom login user id sehingga muncul pesan error data salah atau tidak ditemukan. Pastikan anda memasukkan alamat email dan password dengan benar, perhatikan penulisan huruf kapital dan ejaannya benar.

2. Menggunakan password PTK lama 

Gunakanlah password terbaru yang sesuai dengan yang ada di aplikasi dapodik anda, jika lupa segera tanyakan kepada operator dapodik di sekolah masing-masing. Jika memang terjadi perubahan password biasanya memerlukan waktu beberapa hari bagi server untuk melakukan update. Jadi anda harus sabar menunggu hingga data di server terupdate.

3. Data sinkronisasi belum terkirim atau ter-update

Data dapodik yang dikirim ke dan dari server pusat depodik akan berhasil disinkronkan oleh operator. Proses ini mungkin memakan waktu lama seperti 7 hari kerja.

Akhir kata

Itulah ulasan singkat mengenai Info GTK 2023 yang bisa guru dan atau tenaga pendidik dan pengajar lainnya gunakan untuk melihat bagaimana melakukan pengecekan mengenai info GTK 2023 , semoga bermanfaat.