Mcm2 Bank Mandiri : Pengertian dan Layanannya

mcm2 bank mandiri – Salah satu layanan unggulan dari Bank Mandiri untuk kalangan korporasi atau perusahaan yang berbadan hukum adalah MCM2 atau Mandiri Cash Management 2.0. Layanan mcm2 ini berguna untuk mengatur , mengelola, memantau semua dana yang masuk dan keluar dalam rekening suatu korporasi atau perusahaan.

MCM2 bank mandiri ini merupakan generasi Cash Management Bank Mandiri setelah MCM, sebuah aplikasi yang berguna untuk mengatur semua aktifitas keuangan yang ada dalam suatu korporasi. Korporasi yang dimaksud adalah semua nasabah yang berbadan hukum seperti PT, CV, BUMN, BUMD, Koperasi, Yayasan, UD dan lain sebagainya.

Rekening seperti tabungan, deposito, pinjaman bisa didaftarkan di aplikasi MCM2 oleh korporasi. Agar lebih lengkap memahami pengertian dari MCM2 bank mandiri dan apa saja manfaatnya simak ulasan dibawah ini.

Mengenal MCM2 Bank Mandiri

apa itu Mcm2 Bank Mandiri

Pasti anda belum tahu apa itu MCM2 Bank mandiri, ya karena sebagian besar nasabah bank mandiri tidak mengetahui tentang layanan ini.

Layanan MCM2 Bank Mandiri ini hanya ditujukan kepada semua nasabah pemilik rekening bisnis seperti perusahaan atau BUMN.

Seperti yang kami kutip dari laman resmi Bank Mandiri mcm2 “Merupakan aplikasi elektronik berbasis internet yang ditujukan kepada perusahaan segmen wholesale untuk melakukan aktivitas keuangannya. Dengan menggunakan jaringan koneksi yang aman, mcm 2.0 memberikan kemudahan bagi nasabah untuk pemantauan rekening bank dan melakukan berbagai jenis transaksi keuangan yang dapat diakses melalui https://mcm2.bankmandiri.co.id/. MCM 2.0 merupakan generasi kedua Cash Management Bank Mandiri setelah MCM.”

Memang terdengar kurang familiar dibandingkan dengan layanan mandiri online atau Livin yang lebih populer dan dikenal oleh semua nasabah PT Bank Mandiri (persero), Namun layanan MCM2 bank mandiri ini sangat penting bagi kalangan korporasi dalam mengatur semua aktifitas keuangan perusahaan.

Manfaat MCM2 Bank Mandiri

Para nasabah korporasi yang memiliki rekening bisnis bisa menggunakan MCM2 ini yang mempunyai banyak manfaat bagi mereka , diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menyajikan proses perbankan yang dilakukan secara realtime online dan akhirnya bisa menghemat waktu serta fleksibel.
  • Keamanan dalam transaksi sangatlah terjamin, ini disebabkan oleh Proses pembuatan dan otorisasi transaksi dilakukan secara berjenjang.
  • Sangat mudah dalam melakukan kontrol dan dokumentasi atau pengarsipan data finansial karena data disimpan secara elektronik.

Siapakah yang bisa menggunakan MCM2 Bank Mandiri?

Semua nasabah yang berbadan hukum seperti PT, CV, Yayasan, Koperasi, BUMN, BUMD, dan lain sebagainya bisa menggunakan aplikasi mcm2 bank mandiri ini.

Cara daftar layanan MCM 2.0

Ada 2 cara jika pihak Korporasi ingin mengunakan layanan MCM2 bank mandiri, yaitu:

  • Menghubungi tim sales Transaction Banking Wholesale Bank Mandiri.
  • Menghubungi cabang atau tim Transaction Banking Region pada masing-masing wilayah di Bank Mandiri.

Apa saja fitur MCM2 Bank Mandiri?

mcm2 bank mandiri

 

Dikutip dari laman resmi bank mandiri terdapat 11 macam fitur atau layanan yang ada di MCM 2.0 Bank Mandiri ini, Pihak korporasi pasti akan sangat terbantu dengan lengkapnya fitur sehingga bisa mengontrol semua aktifitas keuangan perusahaan dengan aman, mudah dan fleksibel. Yuk kita simak apa saja fitur-fiturnya dibawah ini:

Dashboard

Setelah login menu ada di halaman home screen dan menu yang sering digunakan dapat diatur sesuai keinginan pengguna seperti tampilan status transaksi kalender dll. Tampilan panel kontrol dapat dikustomisasi sesuai keinginan masing-masing pengguna dengan mengklik panel kustomisasi di sisi kanan dasbor monitor.

Account Information

Pelanggan dapat menggunakan menu ini untuk mengecek saldo rekening memantau pergerakan rekening dan mencetak laporan bank dalam format MT940.

Advice Printing

Menu ini memudahkan Anda mencetak pesan pemasaran tertulis dan mengirimkan rekomendasi ke pihak ketiga (counterparty).

Transfer

Menu yang dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan:

  • Transfer uang ke rekening Bank Mandiri lainnya.
  • Transfer ke rekening bank lain baik domestic maupun luar negeri dengan terdapat beberapa pilihan metode yaitu: BI FAST, Online, LLG/SKN, RTGS dan International Transfer.

Payroll

Ini merupakan menu yang dapat digunakan nasabah untuk melakukan transaksi payroll baik ke rekening bank Mandiri (in-house) maupun rekening bank lain (other bank).

Pembayaran Tagihan (Bill Payment)

Menu ini memungkinkan pelanggan untuk membayar tagihan dengan memasukkan nomor pelanggan atau nomor lain yang ditentukan dalam tagihan.

Pembayaran Pajak

Nasabah korporasi dapat menggunakan menu untuk membayar pajak secara individual atau massal dengan menggunakan file upload. Setelah pembayaran pelanggan bisa mendapatkan file Bukti Penerimaan Negara (BPN) dan Surat Setoran Pajak (SSP).

Receivable

Menu yang dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan penerimaan pembayaran tagihan dari nasabah. Melalui sub-menu Auto Debit, nasabah dapat melakukan pendebitan dana secara otomatis dari rekening pemilik tagihan berdasarkan persetujuan yang telah ada sebelumnya dari pemilik rekening.

Liquidity

Menu yang digunakan oleh nasabah untuk mengelola likuiditas dana perusahaan yang dapat dilakukan melalui fitur:

  • Cash Pooling
    • Fitur untuk mempermudah pengguna untuk menarik dana dari sub-rekening ke rekening sumber.
  • Cash Distribution
    • Fitur untuk mempermudah nasabah dalam mendistribusikan dana ke sub-rekening dari rekening sumber.
  • Range Balance
    • Fitur untuk mempermudah nasabah dalam melakukan pendebitan atau pengkreditan ke akun tertentu sesuai minimum dan jumlah maksimal yang ditetapkan.

Transaction Status

Fitur untuk melihat status transaksi yang telah dibuat, nasabah dapat melakukan pengecekkan apakah transaksi tersebut sudah berhasil tereksekusi atau m

Token

melakukan persetujuan transaksi melalui MCM 2.0, nasabah menggunakan token yang merupakan alat otorisasi yang sah dalam menjalankan transaksi di MCM 2.0. Nasabah dapat memilih untuk menggunakan token fisik atau  token melalui mobile phone.

Biaya Penggunaan MCM2

Tidak ada biaya administrasi yang dibebankan kepada Pelanggan untuk menggunakan Layanan MCM 2.0. Pelanggan akan dikenakan biaya hanya untuk transaksi tertentu seperti dibawah ini:

  • Online: biaya transfer Rp 6,500.-/transaksi
  • LLG/ SKN: biaya transfer Rp 2,900.-/transaksi
  • RTGS: biaya transfer Rp 25,000.-/transaksi
  • TT: Provisi (1/8% dari nominal trx, min $5 – max $50), Cable Fee ($5), Correspondent Fee ($25)

Akhir kata

Itu dia informasi mengenai pengertian , manfaat, fitur dan biaya dari MCM2 Bank mandiri atau Mandiri cash management 2.0. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda calon nasabah bank mandiri.