Usaha Rumahan yang cocok untuk Pemula

usaha rumahan yang cocok untuk pemula – Bingung mau memulai bisnis atau usaha rumahan kayak gimana?mari coba untuk menyimak Usaha rumahan yang cocok untuk pemula disini.

usaha rumahan yang cocok untuk pemula
images: istockphoto.com

Semua orang pasti brcita-cita untuk memiliki banyak uang dan menuai kesuksesan di masa muda, nah membuka bisnis adalah salah satu jalan yang bagus demi mencapai kesuksesan.

Jaman sekarang semua hal menjadi mahal terutama untuk kebutuhan sehari-hari, bagi anda yang sudah mempunyai pekerjaan tetap tentu bukan menjadi masalah besar tapi bagaimana dengan yang tidak mempunyai pekerjaan alias pengangguran sebagai contoh para ibu rumah tangga.

Membuka usaha rumahan yang cocok bagi pemula terutama ibu rumah tangga dalam rangka ingin mencari penghasilan tambahan adalah cita-cita yang sangat diinginkan sebagain besar dari mereka.

Mungkin untuk membuka usaha dibutuhkan modal yang besar namun dalam usaha rumahan yang cocok untuk pemula tidaklah membutuhkan biaya besar, banyak sekali usaha rumahan yang cuma butuh modal kecil praktis dan dilakukan oleh banyak orang.

Pertama kali yang dibutuhkan adalah tekad yang kuat untuk memulai suatu usaha atau bisnis, fokus, ketelatenan dan kesungguhan dalam menjalankannya sehingga akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Dalam artikel kali ini penulis akan merangkum beberapa rekomendasi Usaha rumahan yang cocok untuk pemula yang bisa anda jalankan dirumah tanpa perlu modal yang besar.

8 Ide Usaha rumahan yang cocok untuk pemula

1. Jual Minuman Kekinian

usaha rumahan yang cocok untuk pemula
images: pinterest

Banyak sekali minuman kekinian yang bisa anda jual dari rumah, hanya butuh modal meja atau gerobak kecil di depan rumah dana beberapa alat untuk membuat minuman seperti blender, gelas plastik, sedotan dll anda bisa menjual minuman kekinian seperti Boba, kopi susu, milk tea, dll hanya dari depan rumah dan yang paling penting tidak butuh modal yang besar.

Cara membuat boba pun tidak sulit, dibutuhkan bahan bubuk yang bisa anda beli dari suplier.  contoh minuman kekinia adalah juss buah, Thai tea, Alpukat kocok, buble tea, boba,cheese tea, dll. Anda bisa juga memakai strategi marketing misalnya jual minuman kekinian harga 3000.

2. Jual Pulsa, Token Listrik, Top up Game dan Paket Data

usaha rumahan yang cocok untuk pemula
images: pinterest.com

Usaha rumahan yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah menjual jasa isi top up pulsa telepon , isi pulsa data, pembayaran token listrik, pembayaran pdam, top up Game ,dan lain sebagainya. Usaha konter pulsa ini tidak membutuhkan modal yang besar anda hanya butuh samrtphone untuk melakukan transaksi.

Saat ini hampir semua orang memakai internet terutama anak-anak dan remaja yang biasa maen game, tentu anda sangat memudahkan bagi mereka untuk mengisi top up paket data internet. Carilah distributor pulsa yang murah agar anda mendapatkan margin untung yang lumayan.

Jangan lupa untuk memasang banner berisi harga dari pulsa dan paket data dari berbagai macam provider dan beri harga yang bisa bersaing supaya usaha anda bisa berjalan lancar dan laris manis. Jasa ini bisa memudahkan para tetangga untuk mengisi pulsa, paket data, token listrik atau membayar tagihan pdam tanpa perlu jauh-jauh.

3. Jual gorengan

usaha rumahan yang cocok untuk pemula
images: pinterest

Kuliner bisa menjadi alternatif selanjutnya, misalnya menjual gorengan seperti bakwan goreng, ote-ote, pisang goreng, tahu isi , risoles, lumpia,dll. Usaha ini tidak perlu modal besar cukup siapkan meja dan peralatan penggorengan seperti kompor, wajan dan sutil maka anda sudah siap untuk menjual berbagai macam gorengan.

Gorengan menjadi salah satu menu cemilan paling favorit bagi masyarakat indonesi terutama saat momen puasa ramadhan gorengan menjadi cemilan yang paling banyak diburu untuk menemani santap buka puasa. Jangan lupa untuk menambahkan es sirup atau es air kelapa sebagai pelengkap jualan gorengan anda.

Jika anda bisa berkreasai dengan gorengan kekinian juga sedang banyak digandrungi oleh anak muda seperti churros, pisabg goreng pasir, cireng gimbal mozarella, brulee bomb,risol mayo, susu goreng, kroket kentang, tahu walik, piscok, bola-bola singkong krispy, tahu krispy, pisang goreng keju krispy, mozarella stick, cimol keju,dan lain sebagainya anda bisa bekerjasama dengan layanan Gojek dan GoFood untuk memasarkan menu gorengan anda lebih luas.

4. Jual Masakan Rumahan

usaha rumahan yang cocok untuk pemula
images: pinterest

Saat ini banyak sekali bermunculan kos-kosan atau rumah kontrakan terutama di kota-kota besar. Nah ini peluang bagi anda yang punya passion di bidang kuliner untuk mulai menjual berbagai macam masakan rumahan. Anda hanya perlu ruangan kecil di depan rumah, stand untuk menaruh makanan, alat penggorengan , alat makan.

Buatlah menu masakan rumahan seperti sayur sop, sayur lodeh, sayur bayam, kare ayam, jengkol goreng, petai goreng, tahu tempe goreng, ikan goreng dan menu rumahan lainnya. Usahakan untuk membuat menu masakan rumahan yang cukup lengkap agar depot anda ramai.

beruntung bagi anda yang berada di kawasan industri atau kawasan kampus , pasti banyak para pekerja atau mahasiswa yang membutuhkan makanan dengan menu masakan rumahan.

5. Jasa Laundry Kiloan

usaha rumahan yang cocok untuk pemula
images: pinterest

Jika anda memiliki modal agak lebih setidaknya untuk membeli dua buah mesin cuci cobalah untuk membuka jasa laundry kiloan. Saat ini banyak sekali orang yang tidak mau repot untuk mencuci pakaian sendiri, maka mereka akan mencari jasa laundry untuk mencuci pakaian terutama bagi anak kos.

Beberapa contoh jasa laundry adalah laundry kiloan, laundry jas, laundry harian, jasa laundry dan setrika, jasa cuci sepatu dan lain-lain. Pilihlah salah satu yang cocok yang sesuai dengan kemampuan anda. dan berilah harga jasa laundry anda yang agak murah dibanding lainnya agar ramai dari pelanggan namun tidak mengurangi kualitas jasa anda.

6. Jasa Seterika Pakaian

Jika anda tidak punya modal cobalah untuk melirik jasa setrika baju dan pakaian. Cuma dibutuhkan strika dan pengharum baju anda bisa menjalankan Usaha rumahan yang cocok untuk pemula ini. Banyak sekali orang yang tidak sempat untuk menyetrika baju dikarenakan sibuk bekerja atau mengurus anak-anak yang masih kecil.

Peluang ini bisa anda manfaatkan dengan baik berilah jasa setrika dengan kualitas bagus dan harga yang terjangkau. Disamping itu tetangga anda akan senang jika ada jasa setrika baju dan pakaian.

7. Jasa Pengetikan dan Print dokumen

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

 

Jika anda mempunyai perangkat komputer dan printer serta memiliki kemampuan menjalankan microsoft office ( word, excel, power point) bisa coba untuk membuka jasa pengetikan dan cetak dokumen. Apalagi saat ini sebagian besar siswa SD, SMP, SMA membutuhkan tugas lewat komputer. Anda bisa membantu mereka untuk mengetik tugas dan mencetak nya di printer. Usaha ini pasti banyak dibutuhkan terlebih sekarang merupakan jaman yang serba digital. Tetangga rumah kalian akan sangat terbantu jika membutuhkan jasa pengetikan dan jasa cetak dokumen sehingga tidak pergi jauh keluar.

8. Menjadi Reseller dan Dropship

Saat ini tingkat konsumsi belanja masayarakat indonesia semakin meningkat pesat , hal itu dibuktikan dengan ramainya transaksi penjualan online di berbagai marketplace terkenal di indonesia seperti shopee, tokopedia, jd.id,bukalapak, masrketplace facebook dan lain sebagainya.

Jika anda memiliki modal lebih cobalah untuk menjadi reseller barang-barang fashion yang berkualitas bagus dan ramai pembelinya. Caranya dengan membeli barang tersebut di supplier atau distributor dengan harga yang lebih murah dari harga pasar, kemudain mulailah untuk memasarkan produk tersebut secara offline dan online dengan harga sesuai pasar.

Namun jika anda tidak cukup mempunyai banyak modal cobalah untuk mejadi dropshipper. tidak perlu repot menyiapkan tempat untuk produk yang anda jual.  Carilah supllier barang-barang yang rame pembelinya dan jual di marketplace online. Anda akan mendapatkan untung dari margin antara harga suplier dan harga di toko online anda.

Akhir kata

Diatas merupakan ulasan mengenai 8 Usaha rumahan yang cocok untuk pemula yang tidak membutuhkan modal besar dan bisa kalian jalankan dari rumah sendiri. Yang terpenting dalam menjalankan suatu bisnis adalah Bisnis Harus dengan Niat dan Tujuan yang Baik Menurut Hikmat, berbisnis tidak boleh diiringi dengan tujuan-tujuan yang buruk, Menentukan Skala Usaha. Seorang calon pebisnis harus bisa menentukan skala usahanya, Mempersiapkan SDM, dan Jangan Terlalu Banyak Berteori. Semoga bermanfaat