Jelaskan dengan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi

Kali ini penulis akan membahas dengan singkat dan jelas pertanyaan yang sering orang ajukan yaitu Jelaskan dengan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi, mari kita simak ulasannya dibawah ini:

Jelaskan dengan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi

barang bebas dan barang ekonomi

  1. Barang bebas adalah barang yang jumlahnya banyak sehingga untuk memperolehnya tidak  perlu pengorbanan. Misalnya sinar matahari, udara dan air.
  2. Barang ekonomis adalah semua barang yang keberadaanya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan baik materiil maupun fisik. Misalnya buku, sepatu, perhiasan.

    Berikut adalah penjelasan serta contoh dari masing-masing jenis alat pemuas kebutuhan yang ada pada soal:

  • Barang bebas: jenis alat pemuas kebutuhan yang tersedia dalam jumlah yang sangat banyak hingga tidak terbatas sehingga tidak memerlukan pengorbanan apapun untuk mendapatkan barang tersebut. Contoh dari barang bebas adalah sinar matahari.
  • Barang ekonomi: jenis alat pemuas kebutuhan yang tersedia dalam jumlah terbatas sehingga memerlukan pengorbanan tertentu untuk bisa mendapatkan barang tersebut. Contohnya adalah mobil.

Pembahasan

Alat pemuas kebutuhan adalah segala hal yang digunakan oleh manusia untuk bisa memenuhi kebutuhan dan juga keinginan hidupnya. Ada berbagai jenis alat pemuas kebutuhan yang tersedia di sekitar kita dan sifat dasar dari alat pemuas kebutuhan adalah terbatas. Barang bebas dan barang ekonomi adalah jenis alat pemuas kebutuhan yang dibedakan berdasarkan cara kepemilikannya. Barang bebas pada dasarnya adalah alat pemuas kebutuhan yang bisa didapatkan secara gratis, sedangkan barang ekonomi adalah jenis alat pemuas kebutuhan yang baru bisa kita dapatkan setelah kita bayar.

Jelaskan  mobil dapat dikatakan sebagai konsumsi produktif juga bisa dikategorikan konsumsi akhir!

Hal ini tergantung motif ekonominya, apabila mobil digunakan sebagai membantu kegiatan produksi maupun distribusi, maka mobil dikatakan sebagai konsumsi produktif. Apabila mobil digunakan hanya untuk jalan-jalan, rekreasi, maupun penggunaan umum lainnya, maka mobil dikatakan sebagai konsumsi akhir.

Jelaskan manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi!

Manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi yaitu guna menghadapi tantangan hidup ekonomi yang berat di masa depan serta guna membantu menciptakan alternatif tindakan ekonomi.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang pertanyaan Jelaskan dengan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi semoga bermanfaat bagi anda semua.