Apakah pengertian dari segregasi dan berikan contohnya

Halo teman semuanya dari sabang sampai merauke, kali ini penulis akan membahas pertanyaan Apakah pengertian dari segregasi dan berikan contohnya, yang merupakan bagian dari Kelas : 2 SMA Materi : Pengertian Segregasi dan Contohnya Kata kunci : Pengertian Segregasi dan Contohnya . Mari bersama-sama kita simak ulasannya dibawah ini

Apakah pengertian dari segregasi dan berikan contohnya

segregasi

Apakah pengertian dari segregasi dan berikan contohnya, segregasi adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk memisahkan suatu kelompok, suku bangsa, ras atau satu etnik secara paksa hingga menggunakan segala cara bahkan menggunakan kekerasan. Segregasi merupakan bentuk dari diskriminasi di lingkungan sosial.

Contoh dari segregasi

  • Adanya tindakan politik anti kulit hitam di Afrika Selatan, gerakan ini dikenal dengan politik Apartheid. Apartheid ini meimbulkan banyak konflik di Afrika Selatan, banyak orang kulit hitam yang terusir dan terkena dampaknya.
  • Segregasi di Amerika Serikat, tidak hanya di benua Afrika, di negara maju seperti Amerika juga pernah terjadi tindakan segregasi dimana kulit hitam masih menjadi korbannya. Tindakan-tindakan seperti pemisahan fasilitas umum antara kulit putih dengan kulit hitam, hingga puncaknya muncul adanya gerakan pembantaian kulit hitam.

Melihat dari contoh diatas, sungguh mengerikan dan ironis apabila di jaman sekarang masih terdapat perlakuan-perlakuan rasisme hingga terjadi segregasi. Segregasi sendiri tidak hanya dilakukan berdasarkan warna kulit saja, perbedaan agama hingga suku bangsa juga kerap kali dijadikan landasan untuk melakukan segregasi. Untuk membaca materi lainnya mengenai segregasi, tokoh penentang segregasi dan perlakuan rasisme dapat dibaca pada link berikut

Jenis Segregasi

  1. Segregasi rasial
  2. Sosial
  3. Urban
  4. Pekerjaan
  5. Pemisahan gender
  6. Tugas
  7. Segregasi pertanian

Hukum Segregasi Mendel

Mendel mengusulkan Hukum Segregasi setelah mengamati bahwa tanaman kacang dengan dua sifat yang berbeda menghasilkan keturunan yang semuanya mengekspresikan sifat dominan, tetapi generasi berikutnya mengungkapkan sifat dominan dan resesif dalam rasio 3: 1.

Hukum segregasi: seorang individu diploid memiliki sepasang alel untuk sifat tertentu dan setiap orang tua melewati salah satu dari ini secara acak ke keturunannya.

Demikian tadi penjelasan secara singkat dan jelas mengenai pertanyaan Apakah pengertian dari segregasi dan berikan contohnya, semoga informasi yang penulis sajikan bisa bermanfaat bagi kalian semua.