Perbedaan antara Hard copy dan Soft copy

Halo teman semuanya dari sabang sampai merauke, kali ini penulis akan membahas pertanyaan Perbedaan antara Hard copy dan Soft copy, yang merupakan bagian dari Mapel: TI SMP Bab: Hard copy dan Soft copy. Mari bersama-sama kita simak ulasannya dibawah ini

Perbedaan antara Hard copy dan Soft copy

hard-copy-dan-soft-copy

Istilah hard copy dan soft copy memiliki perbedaan, yaitu pada bentuk akhir hasil yang akan dicetak. Pada hard copy, hasil yang dicetak berupa print out di atas kertas.

Sedangkan pada soft copy, hasil yang dicetak berupa file yang disimpan di dalam media penyimpanan lainnya, seperti flashdisk, CD, atau bahkan file yang dikirimkan melalui email.

Apa Itu Hard Copy?

Hard Copy juga disebut cetakan adalah salinan kertas dari informasi komputer. Ini bisa berupa file gambar foto teks atau jenis file lain yang dapat dicetak. Ini disebut hard copy karena ada sebagai objek fisik.

Hard copy masih dianggap penting di dunia digital saat ini karena berbagai alasan. Dalam beberapa kasus idenya adalah hard copy dapat berfungsi sebagai cadangan untuk dokumen digital yang mungkin hilang atau rusak.

Dalam kasus lain hard copy lebih mudah dilacak dan lebih mudah diangkut atau didistribusikan. Ada juga kasus di mana hard copy digunakan sebagai diagram skematik atau model yang ditandai dengan pena atau pensil.

Apa Itu Soft Copy?

Soft copy merupakan sebuah dokumen yang disimpan di komputer. Ini adalah versi elektronik dari dokumen yang dapat dibuka dan diedit menggunakan program perangkat lunak seperti program database program pengolah kata atau perangkat lunak presentasi berdasarkan jenis file.

Salinan lunak dapat dikirim melalui email ke: menjadikannya alternatif yang lebih efisien dan hemat biaya dibandingkan salinan kertas untuk komunikasi melalui pos atau melalui koneksi jaringan. Salinan lunak sering dianggap kurang rentan daripada salinan keras dokumen.

Dalam beberapa hal mereka jauh lebih tahan lama sedangkan hard copy dapat rusak bengkok kotor terbakar hilang atau sobek soft copy dapat disimpan pada perangkat yang tepat dan tetap anti rusak.

Pembahasan

Kata copy berarti salinan. Jadi, arti hard copy adalah salinan yang dapat dilihat dengan jelas atau dapat dipegang. Sedangkan soft copy adalah salinan yang hanya dilihat melalui media lainnya, seperti layar monitor.

Hard copy dapat juga berarti salinan yang berupa cetakan. Contoh pada kalimat berikut. “Berkas yang dikumpulkan berupa 2 hard copy dan soft copy yang dikirimkan melalui email.”

Dari kalimat tersebut, berkas yang dikumpulkan adalah 2 salinan yang dicetak dan file yang dikirimkan melalui email. Kata copy juga memiliki makna yang sama pada kata foto copyFoto copy berarti menyalin sama persis isinya dengan berkas aslinya.

Demikian tadi penjelasan secara singkat dan jelas mengenai pertanyaan Perbedaan antara Hard copy dan Soft copy, semoga informasi yang penulis sajikan bisa bermanfaat bagi kalian semua.