Pengertian Gas CFC

Halo teman semuanya dari sabang sampai merauke, kali ini penulis akan membahas pertanyaan Pengertian Gas CFC, yang merupakan bagian dari mapel biologi SMP. Mari bersama-sama kita simak ulasannya dibawah ini

Apa itu Gas CFC

Chlorofluorocarbons, kependekan dari chlorofluorocarbons (CFC), adalah senyawa organik yang digunakan terutama sebagai propelan dalam industri pesawat terbang, sebagai pendingin dalam industri pendingin, dan sebagai pelarut. CFC adalah senyawa organik yang sebagian besar mengandung atom karbon, fluor, dan klorin. Untuk alasan ini disingkat CFC.

CFC, biasa disebut sebagai CFC, adalah cairan tidak mudah terbakar yang pernah digunakan secara luas sebagai zat pendingin, propelan aerosol, dan bahan pembersih. Meskipun CFC sebagian besar telah dihapus sejak para ilmuwan mengaitkannya dengan penipisan lapisan ozon, lemari es lama dan peralatan lain yang menggunakan CFC mungkin masih berfungsi.

Kegunaan CFC

Ada 5 kegunaan dari CFC yang bisa penulis rangkum dari berbagai sumber , mari simak dibawah ini

1. Bahan Aktif Pemadam Kebakaran

CFC juga digunakan sebagai alat pemadam kebakaran. Karena sifatnya dapat meludah apa saja dan karena skala suhunya yang rendah dapat memadamkan api pada suhu tinggi.

2. Alat Pendingin Udara (AC)

CFC digunakan sebagai bahan aktif dalam pendingin udara. Dalam istilah AC kita mengenal freon sebagai AC. Atau Anda pernah menggunakan DuPont Freon salah satu merek Freon terpopuler di dunia.

3. Kulkas

Hal yang sama berlaku untuk AC. Zat CFC juga tertanam secara permanen dalam instalasi lemari es.

4. Bahan Dorong

CFC digunakan dalam alat penyemprot udara penyegar udara pendorong kaleng semprotan rambut dan bahkan parfum. Karena sifat senyawa CFC ini tekanannya memungkinkan untuk digunakan sebagai pengabut atau penguat parfum.

5. Bahan Pelarut

Chlorofluorocarbon (CFC) digunakan sebagai pelarut untuk pembuatan perangkat elektronik. Pelarut ini diformulasikan untuk keperluan pembersihan dan pengeringan minyak.

Demikian tadi penjelasan secara singkat dan jelas mengenai pertanyaan Pengertian Gas CFC, semoga informasi yang penulis sajikan bisa bermanfaat bagi kalian semua.