Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

contoh surat lamaran kerja contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

Download Disini

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang dibuat oleh seorang pelamar kerja untuk mengajukan permohonan pekerjaan pada suatu perusahaan. Surat lamaran kerja merupakan salah satu elemen penting dalam proses melamar pekerjaan, karena merupakan cara pertama bagi pelamar untuk menarik perhatian perusahaan.

Membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian perusahaan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Namun, dengan mengikuti beberapa tips dan panduan, pembuatan surat lamaran kerja bisa menjadi lebih mudah dan efektif. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja:

  1. Format surat lamaran kerja Pada umumnya, format surat lamaran kerja terdiri atas header yang berisi nama dan alamat pelamar, kemudian diikuti dengan tanggal pembuatan surat dan alamat perusahaan yang dituju. Setelah itu, tulis salam pembuka, tubuh surat, dan salam penutup. Pastikan untuk mencantumkan alamat email, nomor telepon, dan informasi kontak lainnya pada header surat lamaran kerja.
  2. Salam pembuka Salam pembuka pada surat lamaran kerja harus formal dan profesional. Sebaiknya gunakan kata “Kepada Yth.” atau “To Whom It May Concern” sebagai salam pembuka, jika tidak mengetahui siapa yang harus dituju. Jika mengetahui nama penerima surat, sebaiknya gunakan “Kepada Bapak/Ibu [Nama Penerima]”.
  3. Tubuh surat Tubuh surat lamaran kerja harus menjelaskan tentang diri pelamar, pengalaman kerja, dan keahlian yang dimiliki. Jangan terlalu panjang lebar, namun pastikan informasi yang disampaikan relevan dengan pekerjaan yang dilamar.
  4. Salam penutup Salam penutup pada surat lamaran kerja sebaiknya menggunakan kalimat yang sopan dan mengucapkan terima kasih. Pastikan untuk mencantumkan tanda tangan dan nama lengkap pada salam penutup.
  5. Periksa kembali surat lamaran kerja Pastikan untuk memeriksa kembali surat lamaran kerja sebelum mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan, tata bahasa, atau format yang salah. Surat lamaran kerja yang rapi dan terstruktur akan memberikan kesan baik pada perusahaan yang menerimanya.

Pada umumnya, perusahaan akan menilai surat lamaran kerja sebelum melihat CV dan portfolio pelamar. Surat lamaran kerja yang baik akan membuat perusahaan tertarik untuk melanjutkan proses rekrutmen. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan menggambarkan diri Anda secara jelas dan persuasif.

Dalam mengajukan lamaran kerja anda juga bisa menulis surta lamaran dengan tulisan tangan, pastikan juga untuk mengirimkan surat lamaran kerja yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Jangan lupa untuk menyesuaikan format dan isi surat lamaran kerja dengan persyaratan pekerjaan yang dicantumkan pada iklan