Resep Kue Kering Lebaran 2023

Resep Kue Kering Lebaran 2023

resep kue kering lebaran 2023 – Halo sobat Telaga! Hari Raya Idul Fitri adalah momen spesial yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Tidak hanya momen untuk bersilaturahmi, tetapi juga momen untuk berbagi kebahagiaan dengan orang terdekat. Salah satu tradisi yang tidak boleh terlewat adalah membuat kue kering khas Lebaran. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas resep kue kering Lebaran 2023 yang bisa kamu coba di rumah. Simak ulasannya berikut ini.

Kue Nastar Keju

Nastar keju adalah salah satu kue kering yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, mentega, keju parut, gula halus, kuning telur, dan selai nanas. Pertama-tama, campurkan mentega, keju, dan gula halus dalam satu wadah. Kemudian, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata. Tambahkan kuning telur dan aduk kembali hingga adonan kalis dan tidak lengket. Ambil satu sendok teh adonan, pipihkan dan beri selai nanas di tengahnya. Bentuk bulat dan letakkan di atas loyang yang sudah dioles mentega. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 150 derajat Celsius selama 20-25 menit.

Kastengel

Kastengel adalah kue kering berbahan dasar keju yang juga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, keju parut, mentega, telur, dan maizena. Pertama-tama, campurkan keju parut dan mentega dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata. Kemudian, masukkan tepung terigu, telur, dan maizena sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan bisa dipulung. Ambil satu sendok teh adonan, bentuk sesuai selera dan letakkan di atas loyang yang sudah dioles mentega. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 180 derajat Celsius selama 20-25 menit.

Putri Salju

Putri Salju adalah kue kering berbentuk bulat dengan taburan gula halus di atasnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, tepung maizena, gula halus, dan mentega. Pertama-tama, campurkan mentega dan gula halus dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata. Kemudian, masukkan tepung terigu dan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan bisa dipulung. Ambil satu sendok teh adonan, bentuk bulat dan letakkan di atas loyang yang sudah dioles mentega. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 150 derajat Celsius selama 20-25 menit

Kue Kering Nastar

Kue kering nastar adalah kue kering yang sangat populer di Indonesia, terutama pada saat Lebaran. Kue ini terdiri dari kulit kue yang lembut dan isian selai nanas yang manis dan asam. Untuk membuat kulit kue, campurkan terigu, gula halus, mentega, dan kuning telur dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan letakkan di atas loyang yang sudah dioles mentega. Selanjutnya, ambil selai nanas secukupnya dan letakkan di atas bulatan kue, lalu tutup dengan adonan kue lagi. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 150 derajat Celsius selama sekitar 20-25 menit atau hingga matang.

Kue Kering Lidah Kucing

Kue kering lidah kucing adalah kue kering yang memiliki tekstur renyah dan tipis, serta bentuknya menyerupai lidah kucing. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini antara lain telur, gula halus, tepung terigu, dan mentega. Pertama-tama, campurkan telur dan gula halus dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata. Kemudian, tambahkan tepung terigu dan mentega, aduk lagi hingga adonan tercampur rata dan halus. Tuang adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diisi dengan spuit lidah kucing, lalu semprotkan adonan di atas loyang yang sudah dioles mentega. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 180 derajat Celsius selama sekitar 10-15 menit atau hingga matang.

Kue Kering Sagon

Kue kering sagon adalah kue kering yang terbuat dari tepung ketan dan kelapa parut yang dicampur dengan gula. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan manis. Untuk membuat kue sagon, campurkan tepung ketan, kelapa parut, dan gula dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, tambahkan sedikit air dan aduk lagi hingga adonan bisa dipulung. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan letakkan di atas loyang yang sudah dioles mentega. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 150 derajat Celsius selama sekitar 20-25 menit atau hingga matang.

Kue Kering Kaastengels

Kue kering kaastengels adalah kue kering yang terbuat dari campuran tepung terigu, tepung maizena, dan keju parut. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, tepung maizena, keju parut, gula halus, dan mentega dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata. Kemudian, bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan letakkan di atas loyang yang sudah dioles mentega. Panggang dalam oven yang selama 15-20 menit atau hingga matang dan berwarna kekuningan. Setelah dingin, kue kering kaastengels siap disajikan. Kue ini cocok untuk dinikmati bersama teh atau kopi pada saat lebaran.

Kue kering kaastengels bisa menjadi pilihan alternatif selain kue putri salju dan nastar sebagai hidangan kue kering saat lebaran. Rasanya yang gurih dan renyah pasti akan disukai oleh keluarga dan kerabat yang berkunjung di rumah kita. Kita bisa mengemas kue ini dalam toples atau kotak kado yang cantik untuk dibagikan sebagai oleh-oleh lebaran.

Selain menggunakan keju parut, kita juga bisa menambahkan bahan lain seperti wijen, atau rempah seperti kayu manis dan vanila untuk memberikan variasi rasa pada kue kering kaastengels. Selain itu, kita juga bisa menambahkan potongan kacang almond atau kacang mede untuk memberikan sensasi crunchy pada kue ini.

Kue kering kaastengels tidak hanya cocok untuk hidangan lebaran, tetapi juga bisa dinikmati pada acara-acara lain seperti ulang tahun, pernikahan, atau acara kantor. Kue ini juga cocok dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke rumah saudara atau teman.

Untuk membuat kue kering kaastengels yang enak dan renyah, kita perlu memperhatikan takaran bahan yang digunakan dan waktu pemanggangan. Jangan terlalu banyak memasukkan mentega agar kue tidak terlalu lembut dan mudah hancur. Selain itu, jangan terlalu lama memanggang kue agar tidak gosong dan tidak terlalu keras.

Dengan resep kue kering kaastengels yang mudah dan praktis, kita bisa membuat hidangan kue kering yang lezat dan istimewa saat lebaran. Selain itu, membuat kue kering juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba dan selamat merayakan lebaran dengan keluarga tercinta!

Selamat Menikmati Kue Kering Lebaran 2023!