Resep untuk Buka Puasa dan Sahur 2023

Resep untuk Buka Puasa dan Sahur 2023

Resep untuk Buka Puasa dan Sahur 2023 – Halo sobat Telaga! Ramadan 2023 akan segera tiba, dan pastinya kamu sudah merencanakan menu makanan untuk buka puasa dan sahur, bukan? Nah, jika kamu masih bingung memilih menu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi menu buka puasa dan sahur yang bisa kamu coba di rumah.

1. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah hidangan yang sangat cocok untuk sahur. Rasanya yang gurih dan pedas akan membuatmu kenyang dan siap menghadapi aktivitas di pagi hari. Untuk membuat nasi goreng, kamu bisa menumis bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga harum. Lalu, masukkan nasi putih yang sudah direbus bersama kecap manis, saus tiram, dan garam. Tambahkan juga telur, daging ayam atau udang, dan sayuran seperti wortel dan kacang polong. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

2. Ayam Goreng Kremes

Ayam goreng kremes adalah hidangan yang nikmat untuk menu buka puasa. Untuk membuatnya, kamu bisa mengolah ayam dengan bumbu seperti kecap manis, garam, merica, dan bawang putih. Setelah itu, goreng ayam hingga matang dan kecokelatan. Untuk kremes, kamu bisa menaburi tepung terigu dan tepung beras yang sudah dicampur dengan bumbu seperti garam, merica, dan bawang putih. Goreng hingga kecokelatan dan taburi di atas ayam goreng.

3. Sup Buntut

Sup buntut adalah hidangan yang cocok untuk menu buka puasa. Sup ini memiliki rasa yang gurih dan lezat, terutama jika dimakan dengan nasi hangat. Untuk membuat sup buntut, kamu bisa merebus buntut sapi dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan daun salam. Tambahkan air secukupnya dan biarkan hingga buntut empuk. Setelah itu, tambahkan sayuran seperti wortel, kentang, dan tomat. Aduk rata dan masak hingga sayuran matang. Sup buntut siap disajikan.

4. Sate Ayam Madura

Sate ayam Madura adalah hidangan yang cocok untuk menu buka puasa. Sate ini memiliki cita rasa yang khas, terutama karena bumbu kacangnya yang gurih dan pedas. Untuk membuat sate ayam Madura, kamu bisa mengolah daging ayam dengan bumbu seperti kecap manis, bawang putih, merica, dan garam. Tusuk ayam dengan tusuk sate dan panggang di atas arang atau kompor. Sementara itu, untuk bumbu kacangnya, kamu bisa menumbuk kacang tanah yang sudah digoreng bersama bawang putih, cabai, dan gula merah. Tambahkan air asam Jawa dan sedikit garam, aduk hingga bumbu tercampur rata.

Selain itu, hidangan yang juga cocok untuk menu buka puasa adalah sup kambing. Sup ini sangat populer di Indonesia dan biasanya dihidangkan saat bulan puasa. Sup kambing memiliki rasa yang kaya, terutama karena bahan-bahannya seperti daging kambing, tulang, dan rempah-rempah yang dijadikan kaldu. Kamu bisa menambahkan bahan seperti kentang, wortel, dan tomat untuk memberikan rasa dan gizi yang lebih.

Bagi yang lebih suka menu berat saat sahur, ada beberapa pilihan hidangan yang bisa kamu coba, salah satunya adalah bubur ayam. Bubur ayam adalah menu yang sangat populer di Indonesia, terutama sebagai menu sahur. Hidangan ini terbuat dari nasi yang dimasak dengan kaldu ayam, dan disajikan dengan potongan daging ayam, suwiran ayam, bawang goreng, dan irisan daun seledri. Kamu bisa menambahkan sambal dan kecap manis untuk memberikan rasa yang lebih.

Bagi penggemar makanan ringan, ada beberapa pilihan hidangan yang cocok untuk menu berbuka puasa, salah satunya adalah es buah. Es buah adalah hidangan yang sangat segar dan cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Kamu bisa mencampurkan buah-buahan seperti semangka, melon, nanas, dan kelapa muda dengan es serut dan sirup gula merah.

Tak ketinggalan juga hidangan yang cocok untuk menu sahur yaitu roti bakar dengan telur dadar. Roti bakar dengan telur dadar sangat mudah dibuat dan cocok untuk kamu yang terburu-buru saat sahur. Kamu bisa membuatnya dengan memanggang roti tawar yang sudah dioles mentega, lalu menambahkan telur dadar di atasnya. Kamu juga bisa menambahkan irisan tomat, keju, atau sosis sebagai variasi.

Menu lain yang juga cocok untuk menu sahur adalah bubur sumsum. Bubur sumsum adalah menu tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan yang dimasak dengan santan dan gula merah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan potongan pisang. Bubur sumsum memiliki rasa yang manis dan kental sehingga membuatnya cocok sebagai menu sahur yang mengenyangkan.

Bagi penggemar makanan manis, ada beberapa hidangan pencuci mulut yang cocok untuk menu berbuka puasa, salah satunya adalah kolak. Kolak adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari pisang atau ubi yang dimasak dengan santan dan gula merah. Hidangan ini sangat cocok disajikan sebagai pencuci mulut setelah berbuka puasa, terutama saat cuaca panas.

Terakhir, hidangan yang cocok untuk menu sahur atau buka puasa adalah minuman segar seperti es kelapa muda. Es kelapa muda adalah minuman yang sangat populer di Indonesia, terutama saat musim panas. Kamu bisa menambahkan sirup gula merah, cincau, atau buah nata de coco ke dalam es kelapa muda untuk memberikan rasa yang lebih segar dan lezat. Selain itu, es kelapa muda juga mengandung elektrolit alami yang bisa membantu mengembalikan energi dan menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa. Jangan lupa untuk memilih kelapa muda yang segar dan bersih untuk hasil yang lebih maksimal.