Beasiswa-untuk-Maba-2023

Beasiswa untuk Maba 2023

beasiswa untuk maba 2023 –  Halo teman-teman, apakah kamu sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Kalau iya, pasti kamu sudah tahu bahwa biaya kuliah bisa menjadi salah satu kendala yang dihadapi. Tapi jangan khawatir, karena ada banyak sekali pilihan beasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh bantuan biaya kuliah.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang daftar beasiswa untuk mahasiswa baru tahun 2023. Tentunya, memperoleh beasiswa bisa membantu kita untuk lebih fokus pada belajar dan mengembangkan diri tanpa perlu khawatir dengan masalah biaya. Kita akan membahas beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari beasiswa Bidikmisi hingga beasiswa dari perusahaan swasta.

Jadi, jika kamu sedang mencari informasi tentang beasiswa untuk mahasiswa baru tahun 2023, kamu berada di tempat yang tepat! Kami akan memberikan informasi yang lengkap dan terpercaya tentang beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu peroleh. Yuk, simak informasinya lebih lanjut!

Daftar Beasiswa untuk Maba 2023 (D3,D4 ,S1)

  1. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Beasiswa ini disediakan oleh LPDP untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 dalam dan luar negeri. Beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan dan memiliki persyaratan yang ketat dalam hal akademik dan non-akademik.
  2. Beasiswa Bidikmisi Beasiswa Bidikmisi disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mahasiswa baru yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang baik. Beasiswa ini hanya tersedia bagi mahasiswa yang akan memasuki program S1.
  3. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) Beasiswa PPA disediakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mahasiswa baru dengan kriteria prestasi akademik yang baik. Beasiswa ini juga terbuka untuk semua jurusan.
  4. Beasiswa Afirmasi Beasiswa Afirmasi disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mahasiswa baru yang berasal dari daerah tertentu atau kelompok tertentu yang kurang terwakili dalam dunia pendidikan. Beasiswa ini juga hanya tersedia bagi mahasiswa yang akan memasuki program S1.
  5. Beasiswa Bank Indonesia Beasiswa Bank Indonesia disediakan oleh Bank Indonesia untuk mahasiswa baru dengan prestasi akademik yang tinggi dan berkomitmen untuk mengembangkan diri di bidang ekonomi, keuangan, dan perbankan. Beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan dan tingkat pendidikan.

1. Beasiswa BI (Bank Indonesia)

Beasiswa Bank Indonesia adalah program bantuan dana pendidikan yang ditujukan untuk membantu mahasiswa yang sedang menempuh studi di jenjang D3, D4, dan S1 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta membantu mahasiswa yang membutuhkan dana tambahan untuk membiayai kebutuhan studi.

Pendaftaran Online Beasiswa Bank Indonesia

Untuk memudahkan calon penerima beasiswa, pendaftaran online Beasiswa Bank Indonesia dibuka mulai tanggal 8 hingga 17 Februari 2023. Calon penerima beasiswa dapat mendaftar secara online melalui situs resmi Beasiswa Bank Indonesia.

Info selengkapnya : https://kemahasiswaan.usk.ac.id

2. Beasiswa Karya Salemba Empat

Karya Salemba Empat menawarkan beasiswa bagi mahasiswa Strata 1 (S1) untuk mengikuti Program Beasiswa Reguler Karya Salemba Empat Tahun Akademik 2023/2024. Beasiswa ini berupa tunjangan pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa yang sudah menempuh pendidikan minimal di semester kedua.

Timeline Pendaftaran Beasiswa Karya Salemba Empat adalah sebagai berikut:

  • KSERoadshow dan sosialisasi beasiswa : 09 Januari – 28 Februari 2023
  • Registrasi online : 01 Maret – 01 Mei 2023
  • Pengumuman seleksi online : 20 Juni 2023
  • Interview dan seleksi online : 08 Juli – 09 Juli 2023, 15 Juli – 16 juli 2023
  • Pengumuman penerima beasiswa : 25 Juli 2023

Untuk mendaftar, mahasiswa dapat mengikuti KSERoadshow dan sosialisasi beasiswa pada tanggal 9 Januari hingga 28 Februari 2023. Setelah itu, mahasiswa dapat mendaftar secara online mulai tanggal 1 Maret hingga 1 Mei 2023. Pengumuman seleksi online akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2023.

Mahasiswa yang lolos seleksi online akan diundang untuk mengikuti interview dan seleksi online pada tanggal 8 Juli – 9 Juli 2023 dan 15 Juli – 16 Juli 2023. Pengumuman penerima beasiswa akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2023.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Karya Salemba Empat. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Karya Salemba Empat.

Info selengkapnya : ig @kse_usk, www.kse.or.id

3. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2023

Dikutip detik Jatim, Beasiswa Sobat Bumi 2023 membuka kuota 450-500 siswa. Kuota ini cukup bertambah dari tahun-tahun sebelumnya.

Mitra Perguruan Tinggi Beasiswa Sobat Bumi 2023
Beasiswa Sobat Bumi S1 Reguler
1. USU Medan
2. Unsri Palembang
3. Unsyiah Aceh
4. Unhas Makassar
5. Unpatti Ambon
6. Itera Lampung
7. Unud Denpasar
8. UGM Yogyakarta
9. ITB Bandung
10. UI Depok
11. Undip Semarang
12. UB Malang
13. Unair Surabaya
14. Uper Jakarta
15. IPB Bogor
16. Untirta Serang
17. UNS Surakarta
18. ITS Surabaya
19. Unsika Karawang
20. Uncen Jayapura
21. Unipa Manokwari

Beasiswa Sobat Bumi Afirmasi
1. STAI Tuanku Tambusai
2. STAI Susha Siak
3. STT Migas Balikpapan
4. Unmul Samarinda
5. UIR Pekanbaru
6. UPP Rokan
7. ITK Balikpapan
8. UBT Tarakan
9. Unri Pekanbaru
10. USB Tuban
11. Unirow Tuban
12. Unwir Indramayu

Beasiswa Sobat Bumi Vokasi
1. PNK Kupang
2. Polinef Fakfak
3. PKP Sorong
4. PNC Cilacap
5. IPTB Balongan

Syarat Mendaftar Beasiswa Sobat Bumi 2023

Bila kampus kalian termasuk dalam daftar mitra perguruan tinggi Beasiswa Sobat Bumi 2023, yuk cek syarat pendaftarannya:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Mahasiswa aktif minimal semester 2 dan maksimal semester 6 dengan IPK terakhir lebih dari 3.00.

3. Mahasiswa mitra terdaftar perguruan tinggi Beasiswa Sobat Bumi 2023.

4. Tidak menerima beasiswa dari pihak lain per periode Januari 2023-Desember 2024.

5. Berkelakuan baik, tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan narkoba ataupun tindakan kriminal.

6. Menguasai bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL ITP skor minimal 500 akan menjadi nilai tambah.

7. Membuat karya tulis dengan tema: “Aksi untuk Hijaukan dan Lestarikan Bumi” minimal 3 halaman, menggunakan kertas A4 dengan spasi 1.5.

 

referensi :

  • detik.com
  • detakusk.com