Usaha rumahan yang lagi trend 2023

Usaha rumahan yang lagi trend 2023

usaha rumahan yang lagi trend 2023 – Mempunyai bisnis rumahan adalah impian bagi banyak orang. Selain dapat menghasilkan uang tambahan, bisnis rumahan juga memberikan fleksibilitas waktu dan tempat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, tidak semua bisnis rumahan dapat bertahan lama dan tidak lekang oleh waktu. Berikut adalah 10 contoh bisnis rumahan yang sedang trend dan viral pada tahun 2023:

Usaha rumahan yang lagi trend 2023

1. Katering sehat

Bisnis katering sehat adalah salah satu bisnis rumahan yang sedang tren dan diminati pada tahun 2023. Katering sehat adalah bisnis yang menyediakan makanan sehat dan bergizi untuk konsumen yang ingin menjaga kesehatan dan pola makan yang baik. Makanan yang disediakan oleh bisnis katering sehat biasanya menggunakan bahan-bahan organik dan segar yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Salah satu keuntungan bisnis katering sehat adalah banyaknya permintaan dari konsumen yang ingin menjaga kesehatan dan menghindari makanan yang tidak sehat. Selain itu, bisnis katering sehat juga dapat menjangkau pasar yang luas, mulai dari pekerja kantoran hingga keluarga yang sibuk.

Agar bisnis katering sehat sukses, penting untuk memperhatikan kualitas makanan dan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Memiliki variasi menu yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan konsumen juga sangat penting untuk memperoleh pelanggan tetap.

Dalam mempromosikan bisnis katering sehat, media sosial dapat menjadi sarana yang efektif. Dengan membuat konten menarik tentang makanan sehat dan nutrisi, dapat menarik perhatian calon konsumen dan memperluas jangkauan pasar bisnis katering sehat.

2. Jasa dekorasi ruangan

Jasa dekorasi ruangan adalah bisnis rumahan yang sedang trend di tahun 2023. Bisnis ini menyediakan jasa untuk mendekorasi ruangan, baik untuk acara pribadi maupun acara bisnis. Jasa dekorasi ruangan ini sangat diminati karena banyaknya permintaan untuk membuat acara menjadi lebih menarik dan berkesan.

Salah satu keuntungan bisnis jasa dekorasi ruangan adalah dapat menjangkau pasar yang luas. Bisnis ini dapat menawarkan jasa dekorasi untuk acara pernikahan, ulang tahun, acara perusahaan, dan lain sebagainya. Selain itu, bisnis jasa dekorasi ruangan juga dapat bekerja sama dengan penyedia jasa event organizer untuk meningkatkan peluang bisnis.

3. Jasa laundry kiloan

Jasa laundry kiloan adalah bisnis rumahan yang sedang trend di tahun 2023. Bisnis ini menyediakan jasa pencucian pakaian dengan sistem kiloan, di mana klien dapat mencuci pakaian dalam jumlah tertentu dan membayar berdasarkan berat pakaian yang dicuci.

Bisnis jasa laundry kiloan sangat diminati karena banyaknya orang yang sibuk dengan aktivitas sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Selain itu, bisnis ini juga sangat membantu bagi mereka yang tidak memiliki mesin cuci atau lokasi yang cukup untuk mencuci pakaian.

Untuk memulai bisnis jasa laundry kiloan, seorang pengusaha perlu memperhatikan kualitas layanan yang diberikan. Penting untuk menggunakan mesin cuci dan bahan deterjen yang berkualitas untuk memberikan hasil cucian yang bersih dan harum. Selain itu, pengusaha juga perlu memperhatikan waktu pengambilan dan pengantaran pakaian agar klien merasa puas dengan layanan yang diberikan.

Salah satu keuntungan bisnis jasa laundry kiloan adalah dapat menjangkau pasar yang luas. Bisnis ini dapat menawarkan jasa pencucian untuk berbagai jenis pakaian, mulai dari pakaian biasa hingga pakaian formal seperti jas dan gaun. Bisnis ini juga dapat menawarkan jasa delivery agar lebih memudahkan klien dalam menggunakan layanan.

4. Jasa cleaning service

Bisnis jasa cleaning service sangat diminati karena banyaknya orang yang sibuk dengan aktivitas sehingga tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah atau kantor mereka sendiri. Selain itu, bisnis ini juga sangat membantu bagi mereka yang memiliki keluarga atau anak kecil yang memerlukan perhatian ekstra sehingga tidak dapat membersihkan rumah mereka sendiri.

Untuk memulai bisnis jasa cleaning service, seorang pengusaha perlu memperhatikan kualitas layanan yang diberikan. Penting untuk menggunakan bahan pembersih yang berkualitas dan aman untuk lingkungan agar tidak merusak barang-barang yang terdapat di dalam rumah atau kantor. Selain itu, pengusaha juga perlu memperhatikan waktu pembersihan agar klien merasa puas dengan layanan yang diberikan.

Salah satu keuntungan bisnis jasa cleaning service adalah dapat menjangkau pasar yang luas. Bisnis ini dapat menawarkan jasa pembersihan untuk berbagai jenis ruangan, mulai dari kamar mandi hingga ruang tamu dan ruang kerja. Bisnis ini juga dapat menawarkan jasa cleaning service untuk apartemen atau rumah-rumah yang terletak di kawasan elit.

5. Bisnis handmade seperti handmade soap atau handmade jewelry

Bisnis handmade seperti handmade soap atau handmade jewelry adalah bisnis rumahan yang sedang trend di tahun 2023. Bisnis ini menawarkan produk-produk yang dibuat secara handmade dan unik, sehingga memiliki nilai tambah dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan produk-produk massal yang ada di pasaran.

Salah satu jenis bisnis handmade yang sedang trend adalah handmade soap atau sabun handmade. Bisnis ini menawarkan sabun yang dibuat dengan bahan-bahan alami dan proses pembuatan yang handmade, sehingga produk yang dihasilkan memiliki kualitas dan aroma yang berbeda dengan sabun-sabun komersial. Selain itu, bisnis handmade soap juga dapat menawarkan sabun dengan kemasan yang menarik dan dapat menjadi hadiah atau souvenir yang unik.

Sedangkan bisnis handmade jewelry menawarkan produk-produk perhiasan yang dibuat dengan tangan. Produk-produk yang ditawarkan dapat berupa cincin, gelang, kalung, anting-anting, dan sebagainya. Produk-produk ini biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas seperti perak atau emas, dan juga dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti batu-batuan atau kayu untuk memberikan sentuhan yang unik pada produk.

Untuk memulai bisnis handmade, seorang pengusaha perlu memiliki keterampilan dan keahlian dalam membuat produk handmade yang ditawarkan. Selain itu, pengusaha juga perlu mempertimbangkan bahan-bahan yang akan digunakan dan proses produksi yang akan dilakukan agar menghasilkan produk yang berkualitas. Pengusaha juga perlu mempertimbangkan target pasar yang akan dituju dan strategi pemasaran yang akan digunakan untuk mempromosikan produknya.

Salah satu keuntungan bisnis handmade adalah produk-produk yang ditawarkan memiliki nilai tambah dan keunikan tersendiri. Produk-produk handmade juga dapat menjadi hadiah atau souvenir yang unik dan istimewa. Selain itu, bisnis handmade dapat menjangkau pasar yang luas melalui media sosial dan platform online.

Dalam mempromosikan bisnis handmade, pengusaha dapat memanfaatkan media sosial dan memperluas jaringan dengan menjalin kerja sama dengan toko-toko atau galeri-galeri yang memasarkan produk handmade. Pengusaha juga dapat menghadirkan produknya di berbagai acara pasar malam atau bazaar untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

6. Jasa pembuatan souvenir pernikahan

Jasa pembuatan souvenir pernikahan adalah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan, terutama di era sekarang yang banyak sekali pasangan yang ingin mengadakan pernikahan dengan tema yang unik dan personal. Dalam bisnis ini, Anda bisa menawarkan berbagai macam pilihan souvenir, mulai dari gelas, mug, piring, hingga tas dan kantong. Souvenir yang Anda tawarkan dapat disesuaikan dengan tema pernikahan yang dipilih oleh klien.

Untuk memulai bisnis ini, Anda membutuhkan kemampuan untuk membuat souvenir yang kreatif dan unik, serta menguasai teknik cetak atau sablon pada berbagai jenis benda. Anda juga harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan klien dengan baik, agar dapat memahami kebutuhan dan keinginan mereka.

Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal yang relatif kecil, dengan membeli bahan baku dan peralatan yang diperlukan. Selain itu, Anda juga dapat memasarkan jasa Anda melalui media sosial, website, atau dengan memberikan brosur pada acara-acara pernikahan atau pameran pernikahan.

Dalam mengembangkan bisnis ini, Anda dapat meningkatkan kualitas souvenir yang Anda tawarkan dan menambah variasi produk yang dapat dipilih oleh klien. Anda juga dapat menawarkan paket lengkap yang mencakup jasa dekorasi atau jasa fotografi pada acara

7. Jasa fotografi produk

Jasa fotografi produk di rumah adalah bisnis yang sedang naik daun pada era digital saat ini. Dalam bisnis ini, Anda akan membantu para pemilik usaha online untuk mengambil foto produk mereka dengan kualitas yang baik dan menarik agar bisa dipasarkan dengan lebih baik.

Dalam memulai bisnis ini, Anda akan membutuhkan peralatan fotografi seperti kamera, tripod, dan studio mini. Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan untuk mengambil foto dengan teknik yang baik dan mengedit foto agar tampil lebih menarik.

Anda dapat menawarkan jasa fotografi produk pada pemilik usaha online yang menjual produk di marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lainnya. Anda juga bisa menjual jasa fotografi produk di rumah secara langsung kepada para pelaku usaha kecil di daerah sekitar.

Untuk mengembangkan bisnis ini, Anda dapat meningkatkan kualitas foto yang Anda ambil dengan mempelajari teknik fotografi yang lebih baik dan memperbaiki peralatan fotografi Anda. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan paket jasa yang lebih lengkap, seperti jasa editing foto dan pembuatan video produk.

Dalam memasarkan jasa fotografi produk di rumah, Anda dapat menggunakan media sosial dan website sebagai alat promosi. Anda juga dapat menawarkan diskon atau paket harga yang menarik untuk menarik perhatian pelanggan potensial. Dengan terus meningkatkan kualitas dan pelayanan yang Anda berikan, bisnis ini dapat terus berkembang dan menjadi salah satu jasa yang dibutuhkan di masa depan.

8. Jasa pembuatan video animasi

Dalam memulai bisnis ini, Anda akan membutuhkan peralatan seperti software pembuat video animasi, komputer atau laptop yang cukup mumpuni, dan perangkat lunak editing video. Selain itu, Anda juga harus memiliki keterampilan dalam membuat video animasi yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan klien.

Anda dapat menawarkan jasa pembuatan video animasi pada perusahaan atau pelaku usaha yang membutuhkan video animasi untuk promosi produk, tutorial, atau video iklan. Anda juga bisa menjual jasa pembuatan video animasi secara langsung kepada pelanggan yang membutuhkan di daerah sekitar.

Untuk mengembangkan bisnis ini, Anda dapat meningkatkan kualitas video yang Anda buat dengan mempelajari teknik pembuatan video animasi yang lebih baik dan memperbaiki peralatan yang digunakan. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan paket jasa yang lebih lengkap, seperti jasa voice over dan sound effect.

9. Bisnis kuliner unik seperti milk tea, boba, atau kue cubit

Bisnis kuliner unik seperti milk tea, boba, atau kue cubit tengah menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini. Dalam bisnis ini, konsep minuman atau makanan yang unik dan berbeda dari yang sudah ada menjadi daya tarik utama yang membuat pelanggan tertarik untuk mencobanya.

Milk tea atau teh susu merupakan minuman yang berasal dari Taiwan. Saat ini, milk tea telah menjadi salah satu minuman yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bisnis milk tea bisa dimulai dengan modal kecil di rumah dan bisa dijual secara online melalui media sosial atau marketplace. Untuk memulai bisnis milk tea, diperlukan pengetahuan tentang cara membuat boba dan teh yang enak serta variasi rasa yang bisa menarik minat pelanggan.

Boba, atau bubble tea, adalah minuman teh yang juga berasal dari Taiwan. Minuman ini biasanya diisi dengan boba atau bola tapioka, yang memberikan sensasi kenyal saat dikunyah. Bisnis boba juga bisa dijalankan di rumah dengan modal kecil, dan seperti milk tea, bisa dijual secara online. Untuk membuat boba yang enak, diperlukan bahan-bahan berkualitas dan teknik pembuatan yang baik.

Kue cubit juga tengah menjadi trend di kalangan masyarakat Indonesia. Kue ini bentuknya kecil, bulat, dan bisa diisi dengan berbagai macam topping seperti cokelat, keju, atau kacang. Bisnis kue cubit bisa dijalankan di rumah dengan modal kecil dan bisa dijual secara online. Dalam bisnis ini, variasi rasa dan topping yang unik bisa menjadi daya tarik utama bagi pelanggan.

10. Penjualan produk-produk organic

Penjualan produk-produk organic di rumah dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan pada tahun 2023. Hal ini karena semakin banyak masyarakat yang peduli dengan kesehatan dan lingkungan sehingga cenderung mencari produk yang organic atau alami.

Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat mencari supplier produk organic seperti bahan makanan, kosmetik, atau produk kebersihan rumah yang memiliki sertifikasi organic. Kemudian, Anda dapat memasarkan produk tersebut melalui media sosial atau website yang Anda buat.

Anda juga dapat menawarkan program langganan bulanan untuk pelanggan yang ingin membeli produk secara rutin. Selain itu, Anda dapat mengadakan promo atau diskon untuk menarik minat pelanggan.

Penting untuk menjaga kualitas dan keaslian produk organic yang Anda jual agar pelanggan merasa puas dan terus membeli dari Anda. Dengan konsistensi dan kepercayaan pelanggan yang terbangun, bisnis ini dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Kesimpulan

Dari artikel yang telah dibahas di atas, dapat disimpulkan bahwa bisnis rumahan memiliki banyak peluang yang menjanjikan di tahun 2023. Mulai dari bisnis kue online, katering sehat, jasa dekorasi ruangan, jasa laundry kiloan, hingga bisnis kuliner unik seperti milk tea, boba, atau kue cubit.

Tak hanya itu, bisnis handmade seperti handmade soap atau handmade jewelry, jasa pembuatan souvenir pernikahan, jasa fotografi produk di rumah, dan jasa pembuatan video animasi di rumah juga termasuk dalam kategori bisnis rumahan yang sedang tren dan viral.

Tidak ketinggalan, penjualan produk-produk organic di rumah juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2023 karena semakin banyak masyarakat yang peduli dengan kesehatan dan lingkungan.

Namun, penting untuk selalu menjaga kualitas dan keaslian produk atau jasa yang ditawarkan, serta melakukan promosi dan inovasi agar bisnis tetap menarik minat pelanggan dan berkembang dengan baik. Dengan tekad, konsistensi, dan kreativitas, bisnis rumahan dapat menjadi sumber penghasilan yang cukup besar dan berkelanjutan di masa depan.