Budidaya Ikan Tawes: Memperoleh Keuntungan Besar, Tawes Tidak Sulit Diternakkan

Telagainfo Mania, Selamat Datang di Dunia Budidaya Ikan Tawes

Ikan tawes merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang kian diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang enak, budidaya ikan tawes juga terbilang lebih mudah dan murah dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Ikan tawes memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, mulai dari pertumbuhan yang cepat hingga kualitas dagingnya yang lezat. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk memulai bisnis budidaya ikan tawes ini.

Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Tawes

Sebelum memulai budidaya ikan tawes, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis ikan yang satu ini.

1. Kelebihan Budidaya Ikan Tawes

🔵 Pertumbuhan yang Cepat: Ikan tawes memiliki pertumbuhan yang relatif cepat. Dalam waktu 6-8 bulan biasanya ikan tawes sudah bisa dipanen.

🔵 Kualitas Daging yang Lezat: Ikan tawes juga terkenal dengan kualitas dagingnya yang lezat dan rasanya yang enak. Hal ini tentu saja menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi para peternak.

🔵 Harga Jual yang Tinggi: Harga jual ikan tawes memang bisa dibilang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

🔵 Tahan Terhadap Penyakit: Ikan tawes juga terbilang tahan terhadap berbagai jenis penyakit ikan.

🔵 Cocok untuk Kolam Sederhana: Ikan tawes juga bisa diternakkan di kolam sederhana sehingga biayanya pun cukup terjangkau.

🔵 Makanan yang Mudah Ditemukan: Jenis ikan tawes mudah mencari makanan karena ikan tawes bisa memakan serangga serta berbagai jenis plankton.

2. Kekurangan Budidaya Ikan Tawes

🔴 Permintaan yang Tidak Pasti: Meskipun harga jual ikan tawes cukup tinggi, namun permintaan dari konsumen masih belum stabil sehingga terkadang cukup sulit untuk menjual ikan tawes.

🔴 Kendala pada Proses Pembenihan: Proses pembenihan ikan tawes memang terbilang cukup sulit dan membutuhkan ketekunan serta inovasi dari para peternak.

🔴 Masalah Kualitas Air: Kualitas air yang kurang baik bisa menjadi kendala dalam proses budidaya ikan tawes.

🔴 Biaya yang Tidak Murah: Meskipun lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, namun tetap ada biaya yang cukup besar yang harus dikeluarkan dalam proses budidaya ikan tawes.

🔴 Perhatian yang Cukup Tinggi: Masa pertumbuhan ikan tawes membutuhkan perhatian cukup tinggi dari para peternak, sehingga tidak bisa mengandalkan proses yang sepenuhnya otomatis.

🔴 Pilar Penyakit Menyebabkan Kematian Massal: Walaupun umumnya tahan terhadap penyakit, ikan tawes bisa terserang penyakit seperti layaknya ikan manapun dan bisa menyebabkan kematian massal.

Budidaya Ikan Tawes yang Baik dan Benar

Budidaya ikan tawes yang baik dan benar tentu saja akan mempengaruhi kualitas dari ikan yang dihasilkan. Berikut ini adalah beberapa tahapan budidaya ikan tawes yang baik dan benar:

1. Pemilihan Bibit Ikan yang Berkualitas

Pemilihan bibit ikan tawes yang berkualitas tentu saja harus menjadi prioritas utama dalam memulai budidaya ikan tawes. Bibit ikan tawes yang dihasilkan dari proses pembenihan yang baik serta bibit yang sudah terbebas dari penyakit akan berpengaruh pada kualitas ikan yang dihasilkan.

2. Persiapan Kolam atau Tambak yang Baik

Persiapan kolam atau tambak juga tidak kalah penting untuk menjamin keberhasilan budidaya ikan tawes. Pastikan kolam atau tambak sudah bersih dan bebas dari limbah atau sampah. Kualitas air juga harus diperhatikan, air yang sehat dan bersih tentu saja akan mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas ikan tawes.

3. Memberikan Pakan yang Cukup

Pemberian pakan yang cukup dan teratur juga penting dalam proses budidaya ikan tawes. Hindari memberikan pakan secara berlebihan karena hal ini bisa menyebabkan kualitas air kolam/tambak menjadi buruk.

4. Membersihkan Kolam atau Tambak secara Teratur

Membersihkan kolam atau tambak secara teratur tentu saja diperlukan untuk menjaga kualitas air serta kesehatan dan kenyamanan ikan tawes.

5. Memerhatikan Kesehatan Ikan Tawes

Memerhatikan kesehatan ikan tawes juga penting dalam proses budidaya ini. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan deteksi penyakit secara dini serta memberikan perawatan yang tepat ketika ikan tawes sakit.

6. Pemangkasan Pohon Sekitar Kolam atau Tambak

Pemangkasan pohon-pohon atau tumbuhan sekitar kolam atau tambak juga penting untuk mencegah agar sampah dari daun atau ranting tidak tercecer di kolam atau tambak.

7. Pemasaran Hasil Ternak yang Baik

Untuk menjamin kesuksesan dalam budidaya ikan tawes, pastikan Anda memiliki jaringan pemasaran yang baik untuk menjual ikan tawes yang dihasilkan.

Tabel Budidaya Ikan Tawes

NO
Uraian
Penjelasan
1
Pemilihan Bibit Ikan
Perlu dilakukan terbaik supaya ikan tawes yang dipanen berkualitas
2
Pengaturan Suhu
Pengaturan suhu perlu dilakukan agar ikan tawes tumbuh dan berkembang baik
3
Pemberian Pakan
Memberikan pakan yang cukup namun tidak berlebihan agar tidak tercemar
4
Membersihkan Kolam/Tambak
Harus dilakukan secara rutin agar kolam/tambak selalu bersih dan nyaman bagi ikan
5
Perawatan Kejadian Khusus
Jaga kesehatan ikan untuk meminimalisir kematian massal
6
Pemasaran Ikan Tawes
Mempunyai koneksi yang luas untuk memasarkan ikan adalah perlu agar tidak menimbulkan kerugerahan
7
Pemangkasan Pohon dan Tumbuhan
Mempersihakan lalat dan kuman yang berasal dari daun dan pohon dengan menyapu atau memangkasnya

13 FAQ tentang Budidaya Ikan Tawes

1. Apa Keuntungan Budidaya Ikan Tawes?

Budidaya ikan tawes memberikan keuntungan berupa pertumbuhan yang cepat, kualitas daging yang lezat, dan harga jual yang tinggi.

2. Apa Yang Dibutuhkan untuk Memulai Budidaya Ikan Tawes?

Anda membutuhkan bibit ikan tawes yang berkualitas, kolam atau tambak yang bersih serta sesuai dengan kaidah setting, pakan yang cukup dan teratur untuk pemberian, kesehatan ikan yang terjaga, dan koneksi pemasaran yang baik.

3. Apa Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Ikan Tawes?

Untuk menjaga kesehatan ikan tawes, perlu dilakukan deteksi penyakit secara dini serta memberikan perawatan yang tepat ketika ikan tawes sakit. Perhatikan kualitas air serta hindari memberikan pakan secara berlebihan.

4. Bisa Kah Budidaya Ikan Tawes Dalam Bak Plastik?

Budidaya ikan tawes bisa dilakukan dalam bak plastik, namun sebaiknya menggunakan kolam atau tambak yang lebih besar karena mempengaruhi pertumbuhan ikan tawes.

5. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Budidaya Ikan Tawes?

Selama kualitas bibit ikan baik, waktunya berkisar 6-8 bulan.

6. Apa Saja aspek Kualitas Air Penting dalam Budidaya Ikan Tawes?

Suhu, pH, bahan organik, amonia, Nitrit serta Oksigen adalah aspek kualitas air penting dalam budidaya ikan tawes.

7. Cara Terbaik Untuk Mengatasi Serangan Hama dan Penyakit pada Ikan Tawes?

Cara terbaik adalah melakukan deteksi penyakit serta memberikan penanganan yang tepat ketika baik serangan hama maupun penyakit terjadi. Memperhatikan kebersihan kolam/tambak juga penting.

8. Berapa Banyak Bibit Ikan Tawes yang Sebaiknya Dipelihara dalam Satu Kolam / Tambak?

Biasanya untuk kolam ukuran 3 x 4 meter, sebaiknya dipelihara sekitar 1.100-1.200 ekor ikan tawes.

9. Apakah Tidak Membuat Bau yang Tak Sedap dalam Pembudidayaan Ikan Tawes?

Tidak, karena ikan tawes memakan serangga serta berbagai jenis plankton sehingga tidak berbau

10. Berapa Banyak Pakan yang Sebaiknya Diberikan Kepada Ikan Tawes?

Berikan makanan secukupnya, karena apabila diberikan terlalu banyak makanan bisa membuat ikan kolam menjadi kotor.

11. Bagaimana Caranya Membersihkan Kolam/Tambak?

Membersihkan kolam/tambak bisa dilakukan dengan cara menyapu bagian dalam kolam/tambak. Pengambilan sampah atau kotoran ikan pada dasar kolam/tambak juga perlu dilakukan secara teratur.

12. Apakah Terlalu Sinar Matahari akan Mempengaruhi Kondisi Air di Bengkel?

Terlalu banyak sinar matahari bisa mempengaruhi kondisi air dan suhu pada kolam/tambak sehingga pengaturan sinar matahari harus diatur sedemikian rupa.

13. Apa Saja Peralatan yang Dibutuhkan untuk Memulai Budidaya Ikan Tawes?

Peralatan yang diperlukan antara lain seperti bak kolam/tambak, filter, pompa air, aerator, timbangan, dan mesin penyemprot (pemasok pakan).

Kesimpulan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis ikan tawes serta cara-cara budidaya yang baik dan benar, Anda bisa memulai bisnis budidaya ikan tawes ini. Tidak hanya memberikan keuntungan yang besar, budidaya ikan tawes juga terbilang lebih mudah dan murah dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Jadi, jika Anda masih bingung memilih jenis ikan apa yang akan dijadikan sumber penghasilan tambahan, cobalah memilih budidaya ikan tawes. Sukses untuk budidaya ikan tawes Anda!

Penutup

Demikianlah rangkuman tentang budidaya ikan tawes yang bisa Anda jadikan sebagai panduan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis budidaya ikan tawes. Kami harap Anda berhasil dalam mengembangkan bisnis budidaya ikan tawes Anda!