Nama Lain Ikan Pisang Pisang

Menyingkap Berbagai Nama Lain dari Ikan Pisang Pisang

Teman telagainfo, apakah Anda pernah mendengar istilah “ikan pisang pisang”? Ikan ini cukup sering ditemukan di pasar maupun restoran, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ikan ini memiliki berbagai nama lain? Ya, ikan pisang pisang memiliki beberapa nama lain yang sering digunakan di berbagai daerah di Indonesia. Berikut adalah beberapa di antaranya:

No
Nama Lain
Asal Daerah
1
Ikan Jepang
Manado
2
Ikan Capit
Jogja
3
Ikan Sepat
Makassar
4
Ikan Selar
Jakarta
5
Ikan Otek
Kalimantan

Selain itu, di beberapa daerah di Indonesia, ikan pisang pisang juga dikenal dengan sebutan lain seperti “ikan kuning” ataupun “ikan soklat”. Menarik, bukan?

1. Kelebihan dari Ikan Pisang Pisang

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berbagai nama lain dari ikan pisang pisang, kita perlu mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan dari ikan ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dari ikan pisang pisang:

a. Kaya akan Gizi

Ikan pisang pisang dikenal sebagai salah satu jenis ikan laut yang kaya akan nutrisi dan gizi. Ikan ini mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, lemak sehat, vitamin dan mineral.

b. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa omega-3 yang terdapat pada ikan pisang pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah.

c. Dapat Menjaga Kesehatan Otak

Selain itu, ikan pisang pisang juga kaya akan senyawa asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitif.

d. Lebih Sedikit Logam Berat

Jenis ikan lain sering kali mengandung banyak logam berat seperti merkuri, namun ikan pisang pisang termasuk jenis ikan yang logam beratnya relatif lebih sedikit.

e. Harga Terjangkau

Ikan pisang pisang umumnya memiliki harga yang terjangkau sehingga mudah diakses oleh masyarakat.

f. Mudah Ditemukan

Ikan pisang pisang juga relatif mudah ditemukan di pasar sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

g. Cocok untuk Dibuat Berbagai Masakan

Ikan pisang pisang memiliki rasa yang enak dan tidak amis sehingga cocok untuk diolah menjadi berbagai masakan.

2. Kekurangan dari Ikan Pisang Pisang

Selain memiliki kelebihan, ikan pisang pisang juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum dikonsumsi. Berikut adalah beberapa kekurangan dari ikan pisang pisang:

a. Risiko Terkontaminasi Zat Berbahaya

Meskipun logam beratnya relatif lebih sedikit, ikan pisang pisang tetap memiliki risiko terkontaminasi zat berbahaya seperti zat polutan dan pestisida dari air laut tempat ikan hidup.

b. Tidak Cocok untuk Semua Orang

Ikan pisang pisang dapat memicu alergi pada beberapa orang sehingga tidak cocok untuk semua orang.

c. Potensi Terkena Parasit

Ikan pisang pisang juga memiliki potensi untuk terkontaminasi parasit dan bakteri seperti cacing pita dan bakteri Vibrio.

d. Kadar Merkuri yang Tidak Dapat Diabaikan

Walaupun kadar merkurinya relatif rendah, namun ikan pisang pisang tetap memiliki kadar merkuri yang perlu diperhatikan, terutama bagi wanita hamil dan anak-anak.

e. Kandungan Lemak yang Tinggi

Tidak disarankan untuk mengonsumsi ikan pisang pisang secara berlebihan karena tingginya kandungan lemak dan kalori di dalamnya.

f. Harga yang Relatif Mahal

Di beberapa daerah, harga ikan pisang pisang bisa mencapai harga yang relatif mahal, sehingga tidak semua kalangan mampu membelinya.

3. FAQ Mengenai Nama Lain Ikan Pisang Pisang

a. Apa saja nama lain Ikan Pisang Pisang?

Beberapa nama lain dari ikan pisang pisang antara lain: ikan jepang, ikan capit, ikan sepat, ikan selar, dan ikan otek.

b. Dari mana asal nama ikan jepang untuk ikan pisang pisang?

Nama ikan jepang untuk ikan pisang pisang berasal dari daerah Manado yang disebut juga dengan Manado Japanese fish. Seiring berjalannya waktu, nama ikan jepang semakin populer di daerah-daerah lain dan menjadi salah satu nama lain dari ikan pisang pisang.

c. Mengapa ikan pisang pisang disebut sebagai ikan Capit?

Di daerah Jogja, ikan pisang pisang sering disebut sebagai ikan Capit karena bentuk tubuhnya yang mirip dengan kepala Capit atau kepiting. Selain itu, ikan pisang pisang yang diolah menjadi sate juga mirip dengan sate Capit, sehingga juga sering disebut sebagai sate ikan Capit.

d. Apakah ikan pisang pisang sama dengan ikan tenggiri?

Tidak, ikan pisang pisang tidak sama dengan ikan tenggiri. Ikan tenggiri memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dan ramping dengan duri di bagian sirip, sedangkan ikan pisang pisang memiliki tubuh yang lebih besar dan bulat dengan warna kuning keperakan.

e. Apa sebutan ikan pisang pisang di luar Indonesia?

Ikan pisang pisang tidak memiliki sebutan khusus di luar Indonesia karena termasuk jenis ikan lokal Indonesia yang hanya ditemukan di perairan Indonesia.

f. Apa cara terbaik untuk mengolah ikan pisang pisang?

Ikan pisang pisang dapat diolah dengan berbagai cara seperti dijadikan sate, dibakar, digoreng, atau dicampurkan ke dalam sup. Namun, cara terbaik untuk mengolah ikan pisang pisang adalah dengan cara memasaknya dengan air asam atau dengan bumbu rempah-rempah untuk menghasilkan rasa yang lebih enak dan lezat.

g. Seperti apa bentuk ikan pisang pisang?

Ikan pisang pisang memiliki bentuk tubuh yang bulat dengan ukuran bervariasi mulai dari kecil hingga besar, dengan warna kuning keperakan yang khas.

4. Kesimpulan

Setelah membahas tentang berbagai nama lain dari ikan pisang pisang, kelebihan dan kekurangan dari ikan ini, serta beberapa FAQ seputar ikan pisang pisang, dapat disimpulkan bahwa ikan pisang pisang adalah salah satu jenis ikan laut yang kaya akan nutrisi dan gizi, dengan rasa yang enak dan tidak amis. Namun, ikan pisang pisang juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum dikonsumsi. Meskipun memiliki berbagai nama lain yang unik dan menarik, namun ikan pisang pisang sama-sama lezat dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk dijadikan menu makanan sehari-hari.

5. Tindakan Lanjutan

Teman telagainfo, setelah membaca artikel ini, sudah saatnya kita mulai memperhatikan makanan yang kita konsumsi, termasuk di dalamnya ikan pisang pisang. Cobalah untuk membeli ikan pisang pisang dari sumber yang tepercaya, pastikan ikan tersebut segar dan berkualitas. Jangan lupa juga untuk mengonsumsinya dengan cukup dan tidak berlebihan agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk lebih memperhatikan pilihan makanan sehari-hari.

6. Disclaimer

Informasi yang terdapat dalam artikel ini bukanlah nasihat medis. Sebelum mengonsumsi ikan pisang pisang atau jenis ikan laut lainnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu, terutama bagi orang yang memiliki riwayat alergi atau masalah kesehatan tertentu. Penulis dan penerbit tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau kerusakan yang diakibatkan oleh informasi yang terdapat dalam artikel ini.