Nama Lain Ikan Trakulu: Penjelasan, Kelebihan, Kekurangan, dan FAQ

Halo Teman Telagainfo, Inilah Nama Lain Ikan Trakulu

Sebagai seorang pecinta kuliner atau penghobi memasak, pasti kamu sering mendengar ikan trakulu, Mengapa ikan ini populer bagi kalangan pecinta masakan? Hal ini disebabkan oleh teksturnya yang lembut dan rasanya yang nikmat. Namun, tahukah kamu bahwa ikan trakulu masih memiliki nama lain? Nah, kali ini kita akan membahas detail tentang nama lain dari ikan trakulu dan apa kelebihan dan kekurangannya.

Pengenalan Tentang Ikan Trakulu dan Spesiesnya

Sebelum kita membahas tentang nama lain dari ikan trakulu, ada baiknya kita mengetahui pengetahuan dasar tentang ikan ini serta spesiesnya. Sebenarnya, ikan trakulu merupakan salah satu jenis ikan laut yang ditemukan di perairan Arafura Selatan, Australia Utara, dan Indonesia.

Ikan trakulu juga dikenal sebagai jenis ikan pelagis (hidup di permukaan laut) yang berukuran sedang dengan panjang sekitar 40-50 cm. Ikan ini memiliki ciri khas seperti tubuhnya yang memanjang, sisik yang kecil dan tebal, serta sirip pinggulnya yang besar.

Ada beberapa spesies dari ikan trakulu yang sering kita temukan, seperti spesies Auxis thazard atau dikenal juga dengan nama ikan tongkol, spesies Auxis rochei atau ikan mata besar, dan spesies Auxis thazardoides atau ikan tuna tongkol.

7 Kelebihan dan Kekurangan Nama Lain Ikan Trakulu

Sebelum kita membahas tentang nama lain dari ikan trakulu, mari kita bahas dulu kelebihan dan kekurangan dari ikan trakulu secara umum.

Kelebihan Ikan Trakulu

1. Nutrisi yang Tinggi: Ikan trakulu merupakan sumber protein yang baik serta mengandung lemak sehat omega-3. Selain itu kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor juga cukup tinggi di dalam ikan ini.

2. Cocok untuk Berbagai Resep: Ikan trakulu memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu berlemak, sehingga cocok untuk berbagai resep masakan dan dapat diolah dengan berbagai metode, baik digoreng, dipanggang, atau direbus.

3. Harga yang Terjangkau: Harga ikan trakulu relatif terjangkau dibandingkan dengan ikan laut lainnya, sehingga cocok bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah.

4. Sehat untuk Jantung: Kandungan lemak sehat omega-3 dalam ikan trakulu sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular.

5. Baik untuk Pertumbuhan Anak-Anak: Kandungan vitamin D dalam ikan trakulu baik untuk pertumbuhan tulang anak-anak.

6. Tidak Berbau Tengik: Ikan trakulu memiliki aroma yang sedikit khas namun tidak tengik seperti ikan laut lainnya, sehingga membuatnya lebih mudah dimasak.

7. Dapat Dibeli Sepanjang Tahun: Ikan trakulu bisa ditemukan sepanjang tahun di pasar atau supermarket, sehingga lebih mudah didapatkan.

Kekurangan Ikan Trakulu

1. Potensi Pencemaran: Sebagai ikan laut yang hidup di perairan, ikan trakulu memiliki potensi terkontaminasi dengan logam berat ataupun zat kimia dari polusi laut.

2. Risiko Alergi: Seperti jenis ikan laut lainnya, ikan trakulu dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang, terutama yang memiliki riwayat alergi makanan laut.

3. Tidak Baik untuk Penderita Kolesterol Tinggi: Meskipun kandungan lemak sehat omega-3 di dalam ikan trakulu tinggi, namun bagi penderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari konsumsi ikan ini karena kandungan lemaknya yang tetap tinggi.

4. Sulit Ditemukan di Beberapa Daerah: Di sebagian daerah di Indonesia, ikan trakulu sulit didapatkan sehingga harganya cukup mahal atau bahkan tidak tersedia di pasaran.

5. Mudah Rusak: Karena memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu kuat, ikan trakulu mudah rusak apabila tidak disimpan dengan baik atau jika telah melewati batas usia simpannya.

Nama Lain Ikan Trakulu di Berbagai Daerah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikan trakulu memiliki nama lain yang berbeda-beda di berbagai daerah. Nah, berikut adalah beberapa nama lain ikan trakulu di Indonesia dan negara lainnya:

Daerah
Nama Lain Ikan Trakulu
Aceh
Breuh Bali
Jawa
Jambal Roti
Kalimantan
Aek Hitam
NTT
Nana
Filipina
Bullet Tuna
Malaysia
Kawa Kawa

13 FAQ tentang Nama Lain Ikan Trakulu

1. Apa itu ikan trakulu?

Ikan trakulu merupakan salah satu jenis ikan laut yang ditemukan di perairan Arafura Selatan, Australia Utara, dan Indonesia.

2. Apa yang membuat ikan trakulu menjadi populer?

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang nikmat membuat ikan trakulu menjadi populer bagi kalangan pecinta masakan.

3. Apa spesies-spesies dari ikan trakulu?

Ada beberapa spesies dari ikan trakulu yang sering kita temukan, seperti spesies Auxis thazard atau dikenal juga dengan nama ikan tongkol, spesies Auxis rochei atau ikan mata besar, dan spesies Auxis thazardoides atau ikan tuna tongkol.

4. Apa saja kelebihan ikan trakulu?

Kelebihan ikan trakulu adalah nutrisi yang tinggi, cocok untuk berbagai resep, harga yang terjangkau, sehat untuk jantung, baik untuk pertumbuhan anak-anak, tidak berbau tengik, dan dapat dibeli sepanjang tahun.

5. Apa saja kekurangan ikan trakulu?

Kekurangan ikan trakulu adalah potensi pencemaran, risiko alergi, tidak baik untuk penderita kolesterol tinggi, sulit ditemukan di beberapa daerah, dan mudah rusak.

6. Apakah ikan trakulu sulit dibudidayakan?

Ikan trakulu termasuk ikan yang sulit dibudidayakan karena membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh dan berkembang biak.

7. Bagaimana cara memasak ikan trakulu yang enak?

Ikan trakulu bisa dimasak dengan berbagai cara seperti digoreng, dipanggang, atau direbus. Resep yang paling populer adalah ikan trakulu bakar dengan bumbu sambal atau bumbu kacang.

8. Apa saja manfaat dari omega-3 yang terdapat pada ikan trakulu?

Kandungan lemak sehat omega-3 dalam ikan trakulu sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular.

9. Apakah ikan trakulu memiliki rasa yang khas?

Ikan trakulu memiliki aroma yang sedikit khas namun tidak tengik seperti ikan laut lainnya.

10. Bagaimana cara memilih ikan trakulu yang segar?

Pilih ikan trakulu yang memiliki mata jernih, sisik yang masih menempel, dan daging yang kenyal.

11. Apakah ikan trakulu cocok untuk bayi atau anak kecil?

Ikan trakulu cocok untuk bayi atau anak kecil karena kandungan vitamin D nya baik untuk pertumbuhan tulang.

12. Ada berapa banyak spesies ikan trakulu di dunia?

Saat ini, ada sekitar 16 spesies ikan trakulu yang terdapat di dunia.

13. Apa keistimewaan dari ikan trakulu dibandingkan dengan jenis ikan laut lainnya?

Keistimewaan dari ikan trakulu adalah teksturnya yang lembut dan tidak tengik serta rasanya yang nikmat.

Kesimpulan

Setelah kita membahas tentang nama lain dari ikan trakulu, kelebihan dan kekurangannya, serta informasi lainnya tentang ikan trakulu, kita bisa simpulkan bahwa ikan trakulu merupakan ikan laut yang populer di kalangan pecinta masakan. Meskipun memiliki beberapa kekurangan seperti potensi pencemaran dan risiko alergi, namun kelebihannya yang banyak seperti nutrisi yang tinggi serta cocok untuk berbagai resep masakan membuatnya tetap menjadi pilihan yang baik dalam memenuhi kebutuhan gizi dan selera masakan.

Untuk kamu yang ingin mencoba memasak ikan trakulu, pastikan memilih ikan yang segar dan terjamin kebersihannya. Selamat mencoba!

Disclaimer

Artikel di atas hanya dibuat untuk keperluan informasi dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran dari ahli gizi atau dokter. Kami tidak bertanggung jawab atas efek samping atau kerugian akibat penggunaan informasi yang terkandung di dalam artikel ini.