Nama Lain Ikan Tenggiri: Mengenal Berbagai Nama untuk Ikan yang Sering Diolah Menjadi Hidangan Lezat

Halo Teman Telagainfo, Kenali Berbagai Nama Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri, ikan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner di Indonesia. Ikan ini cukup populer karena memiliki daging yang banyak, lezat dan mudah diolah. Meski begitu, tahukah Teman Telagainfo, bahwa ikan tenggiri juga memiliki banyak nama lain yang terkadang kurang dikenal? Berikut ini, kami akan mengungkap berbagai nama lain ikan tenggiri serta kelebihan dan kekurangan ketika mengonsumsinya.

Jenis dan Nama Lain Ikan Tenggiri

Terkadang, kita mengenal sesuatu dengan berbagai nama yang berbeda. Begitu juga dengan ikan tenggiri, meski di Indonesia kita mengenalnya dengan nama ikan tenggiri, namun di beberapa daerah ikan ini ditenal dengan berbagai nama. Berikut adalah beberapa contoh nama lain ikan tenggiri di Indonesia pada umumnya:

No.
Nama Lain
Nama Lokal
1
Cakalang
Gorontalo
2
Bakulu
Timor
3
Kuwade
Ambon
4
Bawal Bintang
Palembang
5
Makarel
Jawa Barat

Perhatikan bahwa meski ikan tenggiri memiliki nama yang berbeda-beda, namun dengan ciri yang hampir sama. Ikan tenggiri biasanya memiliki ukuran tubuh yang besar, warnanya lebih kebiru-biruan dengan garis-garis hitam kecil di tubuhnya. Dagingnya yang mudah diolah serta tinggi kandungan gizinya membuat ikan ini cukup populer digunakan sebagai menu masakan serta makanan untuk anak-anak. Namun, seperti semua makanan, ada sisi baik dan buruknya.

Kelebihan dan Kekurangan Mengonsumsi Ikan Tenggiri

Meski banyak orang menyukai ikan tenggiri, tetap saja ada beberapa kelebihan dan kekurangan ketika mengonsumsinnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang ikan tenggiri:

Kelebihan Mengonsumsi Ikan Tenggiri

1. ? Tinggi Kandungan Nutrisi

Berdasarkan data dari BPOM, ikan tenggiri memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi seperti omega-3, protein, vitamin D, B12, zat besi dan asam folat. Kandungan nutrisi tersebut baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang serta membantu mencegah berbagai penyakit seperti jantung, stroke dan kanker.

2. ?️ Makanan Bergizi untuk Anak-Anak

Ikan tenggiri sangat direkomendasikan sebagai asupan makanan bagi anak-anak karena hampir tidak mengandung lemak jenuh dan kandungan kalorinya lebih rendah dibanding tuna dan ikan salmon. Selain itu, ika tenggiri juga kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang, otak dan jantung dan masih banyak lagi manfaat kesehatan dari mengonsumsi ikan tenggiri yang sangat baik untuk anak-anak.

3. ? Baik untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Kandungan vitamin D yang tinggi pada ikan sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi kita. Hal ini dikarenakan vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam pertumbuhan gigi dan tulang. Vitamin D, juga berpengaruh untuk mempertahankan kesehatan gigi dan gusi dari berbagai penyakit yang dapat menyerang gigi.

Kekurangan Mengonsumsi Ikan Tenggiri

1. ? >Kandungan Merkuri yang Tinggi

Sebagaimana ikan jenis lainnya, ikan tenggiri juga memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. Merkuri merupakan logam berbahaya yang bisa mengganggu sistem saraf, kantung empedu dan kesehatan gigi dan rongga mulut. Oleh karena itu, konsumsi ikan tenggiri harus tetap dalam batas yang aman.

2. ?|Dosis Konsumsi yang Tepat

Agar kandungan nutrisi dan merkuri pada ikan tenggiri tidak menjadi masalah kesehatan, maka dosis konsumsinya harus diperhatikan. Menurut BPOM, dosis konsumsi Ikan tenggiri tidak boleh secara berlebihan, yaitu sebanyak 170 gram per minggu untuk orang dewasa dan kurang dari itu untuk anak-anak.

3. ⚖️|Harga yang relatif mahal

Harga ikan tenggiri relatif lebih mahal dari jenis ikan yang lainnya, hal ini dikarenakan terdapat beberapa proses dalam pengolahannya, serta mengingat kualitas dan manfaat kesehatannya juga yang tidak boleh diabaikan.

Tabel Nama Lain Ikan Tenggiri dan Informasi Lengkapnya

Bagi yang ingin lebih mengenal tentang ikan tenggiri, berikut ini adalah tabel yang berisi informasi lengkap mengenai nama lain ikan tenggiri beserta dengan informasi menarik mengenai ikan tenggiri lainnya:

No.
Nama Lain
Nama Lokal
Ciri-ciri
Kandungan Nutrisi
Kandungan Merkuri
1
Ikan Tenggiri
Indonesia
Daging lezat dan mudah diolah
Omega-3, protein, vitamin D, B12, zat besi dan asam folat
Merkuri tinggi
2
Makarel
Jawa Barat
Bentuk tubuhnya hampir sama dengan ikan tenggiri
Protein, omega-3, vitamin, mineral
Merkuri tinggi
3
Cakalang
Gorontalo
Tidak gerah, daging cukup empuk
Protein, omega-3, vitamin, mineral
Merkuri sedang
4
Bawal Bintang
Palembang
Berwarna hitam kebiru-biruan, ukuran tubuh besar
Protein, omega-3, vitamin, mineral, asam amino, karbohidrat dan serat
Merkuri rendah
5
Bakulu
Timor
Bentuk tubuh hampir sama dengan ikan tenggiri, daging empuk dan berbumbu sedap
Protein, Omega-3, vitamin, kalsium, magnesium, fosfor dan zink
Merkuri sedang

Pertanyaan Umum Tentang Ikan Tenggiri yang Perlu Diketahui

Berikut ini adalah pertanyaan umum dan jawaban seputar ikan tenggiri yang perlu diketahui:

FAQ 1: Apakah ikan tenggiri baik dikonsumsi oleh wanita hamil?

Ikan tenggiri bisa dikonsumsi oleh wanita hamil, tetapi dalam dosis yang tepat. Kandungan merkuri pada ikan tenggiri kurang lebih sama seperti ikan lain. Karenanya, wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi ikan tenggiri dalam dosis yang tepat. Dalam sehari sebaiknya tidak melebihi 25 gram atau sekitar 1 potong kecil.

FAQ 2: Apakah masyarakat umumnya suka mengonsumsi ikan tenggiri?

Seperti kita ketahui, ikan tenggiri cukup populer di Indonesia sebagai menu hidangan utama di rumah makan, terlebih lagi masakan olahan ikan tenggiri selalu menjadi favorit konsumen.

FAQ 3: Bagaimana cara menyimpan ikan tenggiri agar tahan lama?

Ikan tenggiri dapat disimpan dalam kulkas pada suhu 1-3 derajat celcius selama 3-5 hari setelah dibeli. Untuk lebih lama, ikan tenggiri dapat dibekukan pada suhu -18 derajat celcius selama 6-8 bulan.

FAQ 4: Apa yang perlu diperhatikan saat membeli ikan tenggiri?

Beli ikan tenggiri yang dijual di tempat terpercaya atau toko ikan yang sudah terkenal.

FAQ 5: Bagaimana menyajikan ikan tenggiri agar tidak amis?

Bersihkan ikan tenggiri terlebih dahulu dan rendam dalam air jeruk nipis selama beberapa menit. Kemudian cuci bersih dan siap untuk diolah sesuai dengan resep masakan Anda.

FAQ 6: Apakah ikan tenggiri boleh diolah menjadi makanan kaleng?

Ikan tenggiri dapat diolah menjadi makanan kaleng, tetapi pastikan memilih kaleng yang masih segel dan tidak rusak. Kaleng yang terbuka atau bocor dapat menyebabkan kontaminasi dan membuat makanan tidak sehat.

FAQ 7: Apakah ikan tenggiri cocok diolah menjadi sushi?

Ikan tenggiri biasanya digunakan untuk sashimi atau tataki, tetapi juga bisa diolah menjadi sushi. Pastikan ikan tenggiri segar dan diolah dengan baik agar terhindar dari bahaya bakteri.

FAQ 8: Bisakah ikan tenggiri digunakan sebagai terapi pestisida pada sawah?

Tidak, ikan tenggiri merupakan ikan yang sangat bergizi bagi kesehatan manusia dan bukan untuk digunakan sebagai terapi pestisida tanaman padi dalam sawah.

FAQ 9: Apakah ikan tenggiri cocok menjadi makanan diet?

Ikan tenggiri bisa menjadi salah satu pilihan olahan ikan untuk diet karena rendah dalam kalori, lemak dan karbohidrat, serta mengandung banyak gizi.

FAQ 10: Apakah aroma ikan tenggiri bisa membuat nafas menjadi tidak sedap?

Ikan tenggiri memiliki aroma yang cukup kuat, namun tidak akan membuat nafas Anda menjadi tidak sedap. Namun jika Anda merasa tidak nyaman dengan aromanya, rendam ikan tenggiri dengan air jeruk nipis selama beberapa menit sebelum olah dan sajikan sesuai keinginan.

FAQ 11: Apakah bisa memasak ikan tenggiri dengan cara dipanggang?

Meski ikan tenggiri biasanya diolah dengan cara digoreng atau diapakan, namun ikan tenggiri juga bisa dipanggang untuk mendapatkan cita rasa yang khas. Ikan tenggiri yang sudah dibersihkan dan dipotong sesuai selera dibumbui dengan rempah dan sereh lalu dipanggang dalam oven atau BBQ.

FAQ 12: Bisakah ikan tenggiri diolah menjadi hidangan rendang?

Tentu saja, ikan tenggiri juga cocok dijadikan dalam olahan rendang atau dengan bahan rempah-rempah lainnya untuk mendapatkan cita rasa yang khas.

FAQ 13: Apa saja manfaat mengonsumsi ikan tenggiri bagi kesehatan?

Manfaat mengonsumsi ikan tenggiri adalah kandungan nutrisinya yang cukup lengkap serta mengandung asam omega-3 yang baik bagi kesehatan otak, jantung, tulang dan persendian.

Kesimpulan dan Action Plan

Berdasarkan informasi yang telah disajikan di atas, dapat disimpulkan bahwa ikan tenggiri dikenal dengan berbagai nama lain di Indonesia dan memiliki sisi baik dan buruk ketika dikonsumsi. Namun, manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya meliputi asam omega-3, protein, vitamin D, B12, zat besi dan asam folat, serta kandungan kalsium yang baik untuk tulang dan gigi. Meski begitu, pemilihan dosis konsumsi yang tepat tetap harus diperhatikan untuk menghindari efek samping dari kandungan merkuri yang tinggi pada ikan tenggiri, Hal ini juga sangat penting sebagai upaya untuk merawat dan menjaga kesehatan tubuh kita.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih dan membeli ikan tenggiri yang dijual di tempat terpercaya atau toko ikan yang sudah terkenal untuk mengonsumsinya agar tidak salah dalam memilih, serta, pesan ini sangat penting untuk masyarakat selalu memperhatikan dan memilih makanan yang bergizi dan terbebas dari kontaminasi atau bahan berbahaya yang tidak diinginkan.

Ayo mulai menambahkan ikan tenggiri dalam menu makanan sehari-hari kita. Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan dosis yang tepat dalam mengonsumsi ikan