Nama Latin Ikan Layang: Fakta dan Manfaat yang Wajib Diketahui

Teman Telagainfo, Halo! Mari Kita Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Nama Latin Ikan Layang

Ikan Layang atau yang juga dikenal dengan nama Flying Fish merupakan ikan yang hidup di perairan tropis dan subtropis. Ikan ini memiliki keunikan dalam cara melarikan diri dari pemangsa dengan melompat dari permukaan air dan terbang di udara. Selain itu, ikan ini juga memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai Nama Latin Ikan Layang serta kelebihan dan kekurangan konsumsi ikan ini. Simak informasinya dengan seksama untuk menambah wawasanmu!

Pendahuluan

Bagi pecinta kuliner laut, ikan Layang mungkin sudah tidak asing lagi. Ikan ini biasa diolah menjadi aneka hidangan di restoran-restoran seperti ikan asin, bakar, atau sebagai bahan baku kepiting untuk dijadikan santapan istimewa.

Tapi tahukah kamu apa nama latin dari ikan Layang? Nama ilmiah ikan Layang adalah Exocoetidae. Ikan ini termasuk dalam famili ikan jenis belanak, dan ditemukan di laut tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Nama Ilmiah Exocoetidae
Ambon Ikan Sangkkara
Batak Ikan Sigel
Inggris Flying Fish
Jawa Ikan Layang
Malaysia Ikan Terbang
Tiongkok Fei yu

Teman Telagainfo, di bawah ini akan kita mulai membahas lebih dalam mengenai Nama Latin Ikan Layang. Yuk, simak dengan seksama!

1. Kenali Nutrisi dari Ikan Layang

Emoji: ?

Ikan Layang merupakan sumber protein dan mineral yang baik untuk tubuh. Satu porsi ikan Layang seberat 100 gram telah terbukti mengandung nutrisi penting seperti asam amino, lemak tak jenuh, omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan jantung, kalsium, vitamin B-12, dan zat besi. Khasiat nutrisi ikan Layang menjadikan hidangan ikan Layang sebagai alternatif yang sehat untuk asupan protein tubuh manusia.

1.1 Asam Amino

Ikan Layang kaya akan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah jenis asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia sendiri, dan harus didapatkan dari makanan. Beberapa asam amino esensial yang terkandung dalam ikan Layang adalah arginin, lisin, metionin, dan valin. Asam amino ini sangat penting untuk pembangunan sel dan protein tubuh manusia.

1.2 Lemak Tak Jenuh dan Omega-3

Lemak sehat tak jenuh dan omega-3 adalah jenis lemak yang terdapat dalam ikan Layang. Lemak tak jenuh membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, mengatur tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Sedangkan omega-3 membantu meningkatkan fungsi otak dan kesehatan pembuluh darah.

1.3 Vitamin B-12

Ikan Layang mengandung vitamin B-12 yang penting untuk produksi sel darah merah, fungsi sistem saraf pusat, dan dan penting untuk kesehatan jantung.

1.4 Kalsium dan Zat Besi

Ikan Layang juga mengandung kalsium dan zat besi yang penting untuk perkembangan tulang dan dan fungsi darah manusia secara optimal.

2. Kelebihan Konsumsi Ikan Layang

Emoji: ?

Ikan Layang memiliki beberapa kelebihan bagi tubuh manusia. Berikut di antaranya:

2.1 Menjaga Kesehatan Jantung

Lemak sehat yang terkandung dalam ikan Layang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Omega-3 pada ikan Layang juga terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan Layang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

2.2 Meningkatkan Kesehatan Otak

Omega-3 pada ikan Layang terbukti mempangaruhi berbagai fungsi otak. Beberapa riset menunjukkan bahwa omega-3 dapat membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan menjaga kesehatan otak secara keseluruhan.

2.3 Meningkatkan Metabolisme dan Kemampuan Tubuh

Ikan Layang kaya akan protein yang sanggup membantu meningkatkan metabolisme dan kemampuan tubuh secara keseluruhan. Khasiat protein pada ikan Layang juga membantu mempercepat pemulihan otot.

2.4 Menyediakan Asupan Nutrisi Seimbang

Ikan Layang merupakan salah satu jenis makanan laut yang memiliki nutrisi yang seimbang. Vitamin dan mineral pada ikan Layang sanggup memenuhi kebutuhan tubuh manusia.

2.5 Mudah Dapat di Pasaran

Ikan Layang dapat ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern. Harga ikan ini juga terjangkau oleh berbagai kalangan sehingga siapa saja bisa menikmatinya.

2.6 Beragamnya Pilihan Olahan

Terdapat berbagai pilihan olahan ikan Layang yang bisa kita temukan di pasar. Mulai dari ikan Layang bakar, ikan asin, hingga kepiting saus asam manis dengan daging ikan Layang yang sampai sekarang masih menjadi salah satu favorit konsumen.

2.7 Ramah Lingkungan

Ikan Layang merupakan salah satu ikan yang ramah lingkungan. Penggunaan alat tangkap yang lebih selektif dan tidak merusak lingkungan, seperti menjadi alat pancing memperbolehkan adanya penangkapan ikan ini secara berkelanjutan.

3. Kekurangan Konsumsi Ikan Layang

Emoji: ?

Ikan Layang memiliki beberapa kekurangan. Berikut di antaranya:

3.1 Risiko Tertulari Ciguatera

Ciguatera adalah penyakit yang terkait dengan keracunan makanan. Penyakit ini disebabkan oleh memakan ikan yang terkontaminasi dengan segolongan toksin yang dihasilkan oleh mikroorganisme. Beberapa jenis ikan laut, termasuk ikan Layang, dapat menjadi masalah jika dikonsumsi tanpa pengolahan yang tepat. Untuk itu, penting untuk memastikan ikan Layang diolah dan disajikan dengan cara yang aman.

3.2 Pencemaran Lingkungan

Ikan Layang termasuk dalam daftar ikan kelas 1 yang rentan terhadap kontaminasi merkuri. Ikan Layang disarankan tidak dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan keracunan merkuri.

3.3 Kurangnya Sumber Protein

Meskipun mengandung nutrisi penting, ikan Layang tidak dapat menjadi satu-satunya sumber protein dalam pola makan sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh, sebaiknya mengonsumsi berbagai jenis makanan non-hewani yang kaya akan protein, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, dan daging ayam atau sapi.

3.4 Kuota Penangkapan Tertentu

Ikan Layang memiliki batasan kuota penangkapan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Perikanan sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 45 tahun 2009 tentang Perikanan. Sebagai konsumen, penting untuk memahami kuota penangkapan dan mencari tahu apakah ikan Layang yang akan dibeli telah mematuhi aturan dari pihak berwenang.

3.5 Permasalahan Isu Kemanusiaan

Pertumbuhan penangkapan ikan Layang meningkat seiring dengan peningkatan permintaan ikan di pasaran. Namun, seringkali terdapat isu kemanusiaan dalam aktivitas penangkapan tersebut. Hal ini bisa termasuk buruh ikan yang bekerja dalam kondisi yang tidak layak dan terkait dengan berbagai isu penangkapan ikan ilegal atau tidak berkelanjutan. Sebagai konsumen, kita bisa mendukung produksi ikan yang lebih berkelanjutan melalui memilih tanda tangguh ISO 14001.

4. FAQ Mengenai Nama Latin Ikan Layang

4.1 Apa Nama Lain dari Ikan Layang?

Ikan Layang memiliki nama lain seperti ikan terbang, ikan teriap, ikan Laut, ikan layang-layang, ikan Seluang, dan ikan bepaluh merah.

4.2 Bagaimana Cara Memasak Ikan Layang?

Ikan Layang dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dibakar, digoreng, direbus, hingga dijadikan sup. Jenis olahan ikan Layang sesuai selera dan masakan yang diinginkan. Namun penting untuk memastikan ikan Layang diolah dengan cara yang benar dan aman untuk kesehatan.

4.3 Apakah Ikan Layang Masuk ke dalam Jenis Ikan Laut?

Ya, ikan Layang masuk kedalam jenis ikan laut tropis dan subtropis.

4.4 Bagaimana Kandungan Protein pada Ikan Layang?

Ikan Layang mengandung protein sekitar 23 gram per 100 gram dagingnya.

4.5 Bagaimana Cara Mengetahui Kualitas Ikan Layang?

Kualitas ikan Layang dapat dilihat dari warna, bau, serta teksturnya. Ikan Layang segar akan berwarna coklat kehijauan serta memiliki bau laut yang segar.

4.6 Apakah Ikan Layang Rentan terhadap Penyakit?

Ya, seperti halnya jenis ikan laut lainnya, ikan Layang dapat memuat bahaya dan penularan penyakit seperti Ciguatera. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan ikan Layang dikonsumsi dengan cara yang benar dan aman untuk kesehatan.

4.7 Apa yang Harus Dilakukan Jika Mendapat Ikan Layang yang Tidak Segar?

Jika mendapat ikan Layang yang tidak segar, segera masak dan sajikan dengan cara rebus atau panggang untuk menghindari risiko keracunan makanan akibat kontaminasi bakteri atau parasit pada ikan Layang.

4.8 Bagaimana Cara Memotong Ikan Layang dengan Benar?

Teknik memotong ikan Layang mirip dengan teknik potong ikan pada umumnya. Kita bisa memulai dengan memotong kepala ikan Layang terlebih dahulu sebelum memotong daging dalam ikan tersebut menggunakan pisau yang tajam. Dengan memotong dengan skill yang baik dan benar, hidangan dari ikan Layang akan lebih sedap dan pas di segala jenis resep olahan.

4.9 Apa yang Dimaksud dengan Ikan Layang Terbang?

Ikan Layang terbang merupakan jenis ikan yang melompat dari permukaan air untuk terbang di udara. Ikan Layang dapat melompat hingga lebih dari sepuluh meter ke udara dan terbang ketika mereka dilacak oleh pemangsa di bawah air.

4.10 Apakah Ada Resep Masakan Khas yang Menggunakan Ikan Layang?

Terdapat banyak resep masakan khas yang menggunakan ikan Layang, seperti ikan asin goreng, ikan bakar, hingga sop ikan Layang. Semua jenis resep tersebut dapat diadaptasi sesuai dengan selera dan masakan yang diinginkan.

4.11 Dapatkah Ikan Layang Dikonsumsi Saat Berpuasa?

Ikan Layang dapat dikonsumsi saat berpuasa karena merupakan jenis makanan laut halal yang sepenuhnya boleh dikonsumsi oleh umat muslim.

4.12 Dapatkah Ikan Layang Dikonsumsi oleh Orang yang Mengalami Gagal Ginjal?

Orang yang mengalami gagal ginjal disarankan untuk membatasi konsumsi protein, termasuk protein dari ikan Layang. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ikan Layang dan makanan lain.

4.13 Bagaimana Cara Memilih Ikan Layang yang Berkualitas dan Sehat?

Untuk memilih ikan Layang yang berkualitas dan sehat, perhatikan segi warna, kekencangan, serta tekstur daging ikan. Selain itu, perhatikan juga aroma ikan Layang dan pastikan ikan Layang rakitan segar atau sudah dimasukkan ke dalam es.

5. Kesimpulan

Emoji: ?

Setelah membaca artikel ini, kita bisa mengetahui lebih banyak tentang Nama Latin Ikan Layang. Ikan Layang