Nama Latin Ikan Kakap Merah: Penjelasan Lengkap

Kenalan dengan Ikan Kakap Merah

Halo teman Telagainfo, pada artikel ini kami akan membahas tentang ikan kakap merah dan segala yang perlu kamu tahu tentangnya. Ikan kakap merah adalah salah satu ikan paling populer di Indonesia, terutama dalam budidaya perikanan. Selain itu, ikan ini juga digemari banyak orang sebagai hidangan di seafood restaurant. Namun, sebelum kita bahas lebih detil tentang ikan kakap merah, sebaiknya kita kenalan dulu dengan spesies ini dan asal-usul namanya.

Mengenal ikan kakap merah

Bagi para penggemar seafood, ikan kakap merah tentu bukanlah nama asing. Ikan yang dikenal dengan tekstur dagingnya yang lembut ini memiliki kulit yang cerah dengan warna merah keunguan. Ikan kakap merah juga memiliki bibir yang tebal dan matanya yang besar. Ukuran tubuh ikan kakap merah dapat mencapai panjang 100 cm dengan berat hingga 14 kg.

Asal-usul nama latin ikan kakap merah

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang ikan kakap merah, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu asal-usul namanya. Nama latin ikan kakap merah adalah Lutjanus argentimaculatus. Lutjanus berasal dari bahasa Latin dan artinya adalah Chrysophrys, yakni nama genus ikan pada masa itu. Sedangkan argentimaculatus berasal dari bahasa Latin juga yang artinya adalah “bercoret-silver”. Nama latin ini diambil dari ciri-ciri khas ikan kakap merah yang memiliki corak hitam atau merah tua dengan bintik-bintik keperakan di bagian perut dan sisiknya.

Kelebihan dan Kekurangan Nama Latin Ikan Kakap Merah

Kelebihan

1. Identitas yang Jelas: Nama latin ikan kakap merah membantu para ilmuwan dan pecinta ikan untuk mengidentifikasi spesies ikan tersebut secara tepat dan akurat.

2. Mempermudah Komunikasi: Dengan nama latinnya yang unik, ikan kakap merah bisa lebih mudah dikenali dan dibedakan dari spesies ikan lainnya.

3. Menghindari Keambiguan: Dalam panggilan sehari-hari, ikan kakap merah kadang diidentikkan dengan ikan kakap putih atau ikan kakap hitam. Nama latin dapat membedakan spesies ikan tersebut sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam komunikasi.

4. Berperan dalam Konservasi: Nama latin berguna dalam upaya pelestarian satwa liar. Nama latin memungkinkan para ilmuwan untuk mengidentifikasi spesies ikan kakap merah yang terancam punah, sehingga dapat dilakukan upaya konservasi yang tepat.

5. Mempermudah Pemasaran: Nama latin ikan kakap merah juga membantu dalam pemasaran produk perikanan, terutama ekspor. Nama latin dapat menjawab tuntutan pasar bagi konsumen yang menuntut produk perikanan asli Indonesia tanpa dicampur spesies ikan lain yang kurang komersial.

6. Memperkaya Budaya: Nama latin ikan kakap merah juga menambah wawasan tentang keanekaragaman hayati Indonesia dalam konteks budaya dan seni, terutama bagi mereka yang tertarik dalam hal seni lukis atau seni kulinari.

7. Melindungi Konsumen: Nama latin juga membantu melindungi konsumen dari penipuan (mislabeling) mekatik spesies asli dengan spesies ikan lain yang kurang mahal dan kurang berkualitas.

Kekurangan

1. Sulit Dihafalkan: Nama latin ikan kakap merah terdiri dari dua kata yang kadang sulit dihafalkan dan diucapkan oleh orang awam.

2. Kemungkinan Kesalahan Penulisan: Nama latin ikan kakap merah, seperti halnya dalam penamaan spesies lainnya, dapat mudah diubah atau ditambahkan kata agar terkesan unik.

3. Tidak Konvesional: Meskipun bisa memperkuat identitas suatu spesies, nama latin kadang dianggap tidak konvesional dalam penggunaan sehari-hari untuk spesies ikan

4. Terkesan Asing: Nama latin yang kadang terkesan asing bagi kebanyakan orang, membuatnya sulit dikenali.

5. Terbatas: Nama latin hanyalah digunakan untuk klasifikasi spesies ikan, sehingga tidak sepopuler nama-nama lokal seperti “kakap merah”

6. Kurang kreatif: Pemilihan nama latin untuk spesies ikan kurang bisa berkreasi seperti dalam pemberian nama-nama dalam bahasa lokal yang menarik.

7. Kurang Populer: Nama latin jarang digunakan oleh masyarakat awam dalam cara mereka menyebutkan ikan di pasar dan sebatas pengetahuan bagi kalangan terbatas.

Tabel Informasi Lengkap Tentang Ikan Kakap Merah

Nama Lain Kakap Merah, Red Snapper (Inggris)
Nama Latin Lutjanus argentimaculatus
Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Perciformes
Family Lutjanidae
Genus Lutjanus
Spesies Lutjanus argentimaculatus
Penyebaran Widely distributed in tropical and subtropical waters of Indian and Pacific Oceans
Habitat Coastal reefs, deep offshore reefs, estuaries, and mangrove swamps
Ukuran dan Berat Panjang maksimum 100 cm dan berat maksimum 14 kg
Makanan Ikan kecil, udang, krustasea, dan moluska
Manfaat Sumber protein, omega-3, dan mineral
Status Konservasi Least Concern (risiko minimum)

Frequently Asked Questions (FAQ) tentang Ikan Kakap Merah

Apa saja nama lain dari ikan kakap merah?

Nama lain ikan kakap merah antara lain adalah Red Snapper, ikan merah, Kakap Merah Besar, Kakap Laut, dan Kakap-Merang.

Dimana habitat asli ikan kakap merah?

Habitat asli ikan kakap merah terdapat di laut tropis dan subtropis di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Berapa umur rata-rata ikan kakap merah?

Umur rata-rata ikan kakap merah sekitar 3-4 tahun.

Berapa lama ikan kakap merah hidup?

Ikan kakap merah umumnya hidup hingga usia sekitar 10 tahun.

Apa saja manfaat mengonsumsi ikan kakap merah bagi kesehatan?

Ikan kakap merah kaya akan nutrisi seperti protein, omega-3, dan mineral. Konsumsi ikan ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Di mana ikan kakap merah dapat ditemukan di pasar tradisional?

Ikan kakap merah dapat ditemukan di pasar tradisional seafood atau pasar modern yang menyediakan produk-produk perikanan.

Bagaimana cara memasak ikan kakap merah agar rasanya enak?

Ikan kakap merah bisa diolah dengan berbagai cara, termasuk digoreng, dibakar, atau diapukan. Untuk menjaga cita rasanya yang lezat, sebaiknya jangan memasak ikan kakap merah terlalu lama atau dengan menggunakan bumbu yang terlalu kuat, agar rasa alami ikan masih tetap terasa.

Berapa harga ikan kakap merah di pasaran?

Harga ikan kakap merah dapat bervariasi tergantung pada musim, ukuran, dan tempat yang dijual, tetapi harga rata-rata per kilogramnya sekitar Rp 60.000 hingga Rp 100.000.

Apakah ikan kakap merah cocok untuk dikonsumsi oleh anak kecil?

Ya, ikan kakap merah dapat dikonsumsi oleh seluruh kelompok usia, termasuk anak-anak. Namun, harus diingat bahwa ikan segar harus dicuci bersih dan diolah dengan benar sebelum dikonsumsi agar tidak menimbulkan risiko kesehatan seperti keracunan atau infeksi parasit.

Apa saja jenis resep yang bisa diaplikasikan pada ikan kakap merah?

Ikan kakap merah bisa diolah berbagai macam resep, seperti ikan kukus, ikan asam manis, ikan bakar, dan sebagainya.

Apakah ikan kakap merah yang berasal dari budidaya memiliki kualitas yang sama dengan ikan yang hidup di alam liar?

Ikan kakap merah dari budidaya cenderung memiliki tekstur daging yang lebih lembut, namun kurang memiliki kandungan nutrisi seperti ikan yang hidup di alam liar.

Kenapa ikan kakap merah sering dijuluki sebagai “raja laut”?

Ikan kakap merah sering dijuluki sebagai “raja laut” karena ukuran tubuhnya yang besar serta kualitas daging yang lezat dan bergizi.

Bagaimana cara membedakan ikan kakap merah dengan spesies ikan lain?

Ikan kakap merah dapat dikenali dari bentuk tubuhnya yang bulat dan gemuk, kulit berwarna merah keunguan, bibir yang tebal, serta bintik-bintik keperakan di bagian perut dan sisiknya.

Apakah ikan kakap merah termasuk spesies yang terancam punah?

Tidak, ikan kakap merah termasuk spesies yang tidak terancam punah.

Bagaimana upaya konversasi spesies ikan kakap merah di Indonesia?

Upaya konservasi spesies ikan kakap merah di Indonesia dilakukan melalui perlindungan sumber daya alam laut dan keberlanjutan pengelolaan perikanan. Salah satu bentuk upaya konservasi adalah dengan melarang penangkapan ikan kakap merah yang masih kecil dan memberlakukan kuota penangkapan.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kini kamu sudah mengetahui tentang ikan kakap merah dan asal-usul nama latinnya. Selain itu, kamu juga tahu tentang kelebihan dan kekurangan nama latin ikan kakap merah, serta informasi lengkap tentang spesies ikan ini. Bagi kamu yang ingin mencoba mengonsumsi ikan kakap merah, kamu juga sudah tahu cara memasaknya dan manfaatnya bagi kesehatan. Terakhir, jangan lupa untuk selalu mendukung upaya konservasi spesies ikan kakap merah untuk menjaga kelestarian hayati laut kita.

Kata Penutup atau Disclaimer

Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai saran medis atau pengganti konsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya sebagai referensi dan tidak boleh digunakan sebagai dasar diagnosa atau pengobatan medis. Kami tidak bertanggung jawab atas tindakan atau keputusan yang dilakukan berdasarkan informasi dalam artikel ini. Semua informasi dalam artikel ini adalah benar pada saat artikel ini dibuat, namun dapat berubah sesuai dengan perkembangan penelitian dan perkembangan lainnya.