Segudang Keistimewaan Nama Latin Ikan Cakalang

Daya Tarik Nama Latin Ikan Cakalang

Halo teman Telagainfo, kita pasti telah mengenal ikan cakalang bukan? Meskipun begitu, siapa diantara kita yang mengetahui nama latin ikan ini? Nama latin ikan cakalang telah menjadi perbincangan hangat kalangan penikmat kuliner terutama di wilayah Indonesia. Ikan ini memang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang penasaran untuk mengupas lebih dalam lagi mengenai nama latin ikan cakalang.

Kelebihan Nama Latin Ikan Cakalang

Bicara mengenai nama latin ikan cakalang, kita tidak dapat memungkiri bahwa terdapat sejumlah kelebihan dan keistimewaan yang melekat pada nama latin spesies ikan ini. Salah satu kelebihan yang paling mencolok adalah nama latin ikan cakalang memiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga banyak menjadi komoditas andalan bidang perikanan di Indonesia. Selain itu, ikan ini juga memiliki cita rasa yang enak sehingga menjadi favorit untuk dijadikan bahan masakan. Ada juga kelebihan berupa kandungan gizi yang cukup tinggi pada ikan ini, yang menjadi nilai plus untuk kesehatan tubuh kita.

Kekurangan Nama Latin Ikan Cakalang

Namun, tidak sepenuhnya selalu manis dalam hidup ikan cakalang. Ada beberapa kekurangan yang juga menjadi perhatian bagi pengembangan spesies ikan ini. Salah satu diantaranya adalah sulitnya ikan ini didapatkan sehingga terkadang menyebabkan fluktuasi harga di pasaran. Selain itu, untuk mendapatkan nafkah yang layak dari hasil tangkapan ikan cakalang membutuhkan teknologi yang canggih sehingga biaya yang dikeluarkan cukup tinggi pula.

Penjelasan Tentang Nama Latin Ikan Cakalang

Untuk lebih memahami nama latin ikan cakalang, pertama-tama kita harus mengenal spesies ikan tersebut dengan lebih dekat terlebih dahulu. Bahasa latin dari ikan cakalang adalah “Katsuwonus Pelamis”. Ikan ini termasuk dalam golongan ikan pelagis dan memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu besar, dan bersisik halus. Ciri khas dari ikan cakalang adalah corak warnanya yang memilki gradasi yang indah dimulai dari hijau kebiruan pada bagian atas tubuh hingga keperakan pada bagian perutnya.

Keunikan Habitat Ikan Cakalang

Ikan cakalang hidup di laut terbuka, di perairan dengan kedalaman yang bervariasi mulai dari 20 meter hingga 200 meter. Selain itu, ikan ini juga dikenal sebagai spesies migran yang bergerak dari satu wilayah perairan ke wilayah perairan lain mengikuti arus laut. Ikan cakalang juga memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi sehingga memudahkan para nelayan menangkap ikan tersebut dengan mudah. Terlebih lagi, ikan ini bisa dipancing menggunakan teknik tertentu seperti teknik trolling ataupun jigging.

Kegunaan Nama Latin Ikan Cakalang di Berbagai Budaya

Nama latin ikan cakalang memang sangat terkenal di Indonesia, tetapi siapa sangka bahwa ikan cakalang juga terkenal di negara lain? Di Jepang, ikan cakalang yang dipanggang dikagumi oleh banyak orang setempat. Selain itu, ikan cakalang juga menjadi salah satu bahan baku pembuatan minyak ikan di Tiongkok dan merupakan salah satu ikan betina langka yang dijadikan bahan baku sup jamu tradisional di Malaysia.

Pengetahuan Nutrisi Nama Latin Ikan Cakalang

Ikan cakalang sangat terkenal mengandung nutrisi yang cukup banyak. Seperti halnya ikan pada umumnya, ikan cakalang juga mengandung protein atau amino acid yang sangat baik untuk tubuh. Tak hanya protein, ikan cakalang juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung kita. Nutrisi lainnya yang terdapat pada ikan cakalang diantaranya Mineral Zat Besi (Fe) dan kalsium (Ca) yang bagus untuk kesehatan tulang kita.

Resep Masakan Ikan Cakalang

Bahan
Langkah
daging ikan cakalang
bersihkan sampai benar-benar bersih, buang semua bagian yang tidak diinginkan. Kemping.
bumbu dapur
tumis bumbu dapur, yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas dan cabe merah.
air kelapa
Tambahkan air kelapa, diamkan selama 10 menit
daun asam dan jeruk nipis
Tambahkan daum asam dan jeruk nipis, tunggu hingga matang.
Minyak goreng
Goreng ikan sampai matang, tiriskan.

Frequently Asked Question

1. Bagaimana cara membedakan ikan cakalang jantan dan betina?

Berdasarkan pengetahuan yang kami dapatkan, ikan cakalang jantan memiliki bentuk kepala yang lebih lancip dan ukuran tubuh yang lebih besar, berbeda dengan ikan cakalang betina yang memiliki bentuk kepala yang lebih bulat dan tubuh yang lebih kecil.

2. Apa itu ikan cakalang fufu?

Ikan cakalang fufu merupakan salah satu jenis olahan ikan cakalang yang berasal dari Sulawesi Selatan. Proses pembuatannya dilakukan dengan menggunakan parutan kelapa dan bumbu-bumbu dapur yang dilumurkan ke dalam tubuh ikan sebelum dibakar.

3. Apa saja jenis tumis yang dapat dibuat dari ikan cakalang?

Ada berbagai macam jenis tumis yang dapat dibuat dari ikan cakalang, diantaranya tumis ikan cakalang bumbu kuning, tumis tomat ikan cakalang, tumis ikan cakalang sambal mangga, dan tumis ikan cakalang bumbu rujak.

4. Bagaimana cara memilih ikan cakalang yang segar di pasaran?

Cara yang paling mudah adalah dengan memperhatikan aroma yang dihasilkan oleh ikan cakalang tersebut. Ikan yang segar akan menghasilkan aroma yang khas dan tidak terlalu menyengat. Selain itu, perhatikan juga bentuk tubuh ikan yang tidak cacat atau tidak patah.

5. Berapa nilai gizi yang terkandung dalam ikan cakalang?

Ikan cakalang mengandung sekitar 163 kalori, 20 g protein, 9 g lemak, dan 51 mg kolesterol per porsi.

6. Apa saja jenis olahan ikan cakalang yang populer di Indonesia?

Banyak jenis olahan ikan cakalang yang dikenal di Indonesia, diantaranya ikan cakalang goreng tepung, ikan cakalang bakar, ikan cakalang asam Pedas, dan ikan cakalang fufu.

7. Apa yang membuat ikan cakalang menjadi terkenal di Indonesia?

Ikan cakalang menjadi terkenal di Indonesia karena ketersediaannya yang banyak di wilayah perairan Indonesia dan cita rasanya yang enak.

8. Bagaimana cara menyimpan ikan cakalang agar awet tahan lama?

Ikan cakalang yang telah dingin dapat disimpan di dalam lemari pendingin atau freezer hingga beberapa hari.

9. Apa saja bahan yang dapat digunakan sebagai pengganti garam pada resep masakan ikan cakalang?

Terdapat beberapa jenis bahan yang dapat digunakan sebagai pengganti garam pada resep masakan ikan cakalang seperti kecap manis, jamur kancing, dan tomat.

10. Bagaimana cara memasak ikan cakalang yang paling enak?

Cara memasak ikan cakalang yang paling enak adalah dengan diolah dengan bumbu-bumbu dapur secara rinci dan dipanggang dalam waktu yang cukup lama. Hal ini akan membuat ikan tersebut memiliki cita rasa yang lebih gurih dan enak.

11. Apa yang membedakan ikan tuna dengan ikan cakalang?

Meskipun sejenis ikan laut, ikan tuna memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan biasanya dikonsumsi dalam bentuk steak atau olahan panggang lainnya. Sedangkan ikan cakalang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan biasanya diolah menjadi bahan tumis seperti ikan balado atau pepes ikan.

12. Bagaimana cara membuat ikan cakalang menjadi empuk?

Untuk membuat ikan cakalang menjadi empuk, ikan tersebut perlu diproses duluan dengan cara dipanggang atau digoreng hingga kecokelatan dan tingkat kekeringannya terjaga. Baru kemudian ikan tersebut bisa dicampurkan dengan bumbu-bumbu dapur lainnya.

13. Apa saja jenis olahan yang dapat dibuat dari tulang ikan cakalang?

Dari tulang ikan cakalang dapat diolah menjadi beberapa jenis olahan seperti sup tulang ikan cakalang atau ampas ikan cakalang yang sangat cocok dijadikan sebagai tambahan bahan dalam pembuatan nasi uduk.

Kesimpulan

Demikianlah sekilas ulasan mengenai nama latin ikan cakalang dan segudang keistimewaan yang melekat pada ikan tersebut. Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan, ikan cakalang tetap menjadi salah satu anugerah dari laut yang tidak boleh dilupakan. Mari nikmati ikan cakalang dalam berbagai olahan yang enak dan sehat.

Disclaimer

Artikel ini disajikan untuk tujuan informasi semata dan dapat diakses oleh masyarakat secara bebas. Pengguna dilarang untuk menyalahgunakan informasi yang disajikan dalam artikel ini tanpa izin pemilik website.