kapan gaji 13 cair tahun 2020

# Kapan Gaji 13 Cair Tahun 2020?

## Pengantar
Gaji 13 atau juga dikenal sebagai Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan hak yang didapatkan oleh setiap pekerja. THR adalah uang yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan menjelang hari raya agar mereka dapat merayakannya dengan keluarga dan orang terdekat. Pada tahun ini, banyak pertanyaan tentang kapan gaji 13 cair tahun 2020. Artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut dan memberikan informasi seputar gaji 13.

## Apa Itu Gaji 13?
Gaji 13 atau THR adalah tunjangan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bentuk apresiasi dalam rangka merayakan Hari Raya. THR biasanya dibayarkan menjelang hari raya keagamaan seperti Idul Fitri, Natal, dan Imlek. Besarannya sendiri tergantung dari perusahaan dan kesepakatan yang telah dibuat, namun telah diatur dalam Undang-undang No. 13 Tahun 2003.

## Bagaimana Cara Perhitungan Gaji 13?
Gaji 13 dihitung berdasarkan jumlah gaji bulanan yang diterima oleh karyawan. Rata-rata besaran gaji 13 adalah satu bulan penuh gaji atau dapat juga sejumlah persentase tertentu dari gaji bulanan. Cara perhitungan gaji 13 haruslah diatur oleh perusahaan dan telah dibicarakan dengan karyawan yang bersangkutan.

## Apakah Semua Karyawan Berhak Menerima THR?
Setiap karyawan yang telah bekerja minimal satu bulan pada perusahaan tersebut berhak menerima THR. Baik karyawan tetap maupun karyawan kontrak, dengan syarat kontrak tersebut masih berlaku pada saat gaji 13 dibayarkan. Namun, karyawan yang baru bekerja kurang dari satu bulan belum berhak menerima THR.

## Kapan Gaji 13 Cair Tahun 2020?
Pada tahun ini, banyak pertanyaan mengenai kapan gaji 13 cair tahun 2020. Perlu diketahui bahwa pemberian THR adalah hak karyawan yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Namun, belum ada kepastian mengenai tanggal pasti pembayaran gaji 13 tahun 2020.

## Faktor Penentu Pembayaran Gaji 13
Tidak semua perusahaan memiliki kebijakan yang sama dalam pembayaran gaji 13. Ada beberapa faktor yang dapat menentukan kapan gaji 13 cair tahun 2020 antara lain:
### 1. Kebijakan Perusahaan
Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai pembayaran gaji 13. Ada yang memberikan gaji 13 bersama dengan gaji bulanan pada akhir bulan atau sebelum hari raya, ada juga yang memberikan gaji 13 secara terpisah pada saat menjelang hari raya.
### 2. Hari Raya
Hari raya juga menjadi faktor penentu dalam pembayaran gaji 13. Jika hari raya jatuh pada bulan Mei atau Juni, maka kecenderungan pembayaran gaji 13 akan dilakukan menjelang bulan tersebut. Namun, jika hari raya jatuh di bulan Juli atau Agustus, maka pembayaran gaji 13 akan dilakukan menjelang bulan tersebut.
### 3. Keadaan Keuangan Perusahaan
Jika perusahaan mengalami masalah keuangan, maka pembayaran gaji 13 bisa saja ditunda. Hal ini umumnya terjadi pada perusahaan kecil atau startup yang masih dalam tahap pengembangan. Namun, jika perusahaan besar mengalami masalah keuangan, mungkin akan terjadi pemotongan atau penundaan pembayaran gaji 13.

## Bagaimana Cara Mengecek Gaji 13?
Setelah tiba waktunya pembayaran gaji 13, karyawan harus mengecek apakah gaji 13 tersebut telah dibayarkan ke rekening mereka atau belum. Cara mengeceknya dapat dilakukan dengan tiga cara berikut:
### 1. Melalui Kepala Bagian Keuangan
Karyawan dapat menanyakannya langsung kepada kepala bagian keuangan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan untuk mengetahui kapan gaji 13 akan dibayarkan.
### 2. Melalui Aplikasi atau Website Resmi Perusahaan
Perusahaan yang telah bersertifikat ISO umumnya memiliki layanan informasi gaji yang dapat diakses melalui aplikasi atau website resmi perusahaan. Karyawan dapat mengecek pembayaran gaji 13 melalui layanan tersebut.
### 3. Menanyakan Ke Pihak Bank
Jika sudah dipastikan bahwa gaji 13 telah dibayarkan oleh perusahaan ke rekening karyawan, namun belum juga diterima oleh karyawan, maka karyawan dapat menanyakan ke pihak bank terkait masalah tersebut.

## Apa Yang Harus Dilakukan Jika Gaji 13 Tidak Dibayarkan?
Jika perusahaan tidak membayarkan gaji 13, maka karyawan dapat melakukan beberapa langkah berikut:
### 1. Minta Keterangan Kepada Pihak Perusahaan
Karyawan dapat meminta keterangan atau penjelasan kepada pihak perusahaan terkait alasan tidak dibayarnya gaji 13.
### 2. Laporkan Ke Pihak Otoritas Terkait
Jika perusahaan tetap tidak membayarkan gaji 13, karyawan dapat melaporkan hal tersebut ke pihak otoritas terkait seperti Dinas Tenaga Kerja atau bisa juga melalui Pengadilan Hubungan Industrial.
### 3. Minta Bantuan Ordinasi
Jika karyawan memiliki akses ke organisasi serikat karyawan, maka ia dapat meminta bantuan kepada ordinasi tersebut.

## Kesimpulan
Gaji 13 atau THR merupakan hak karyawan yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Pada tahun ini, banyak pertanyaan tentang kapan gaji 13 cair tahun 2020. Beberapa faktor penentu dalam pembayaran gaji 13 antara lain: kebijakan perusahaan, hari raya, dan keadaan keuangan perusahaan. Jika gaji 13 tidak dibayarkan, karyawan dapat melakukan beberapa langkah seperti meminta keterangan ke pihak perusahaan, melaporkan ke pihak otoritas terkait, atau meminta bantuan ordinasi. Sekali lagi, pastikan gaji 13 Anda telah dibayarkan sebelum hari raya tiba.