gaji kepala desa

# Gaji Kepala Desa: Pengertian, Besaran, dan Cara Perhitungannya

## Pengertian Gaji Kepala Desa
Setiap desa yang ada di Indonesia pasti memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda, begitu juga dengan kebutuhan masyarakatnya. Oleh karena itu, setiap kepala desa ditugaskan untuk memimpin desanya dengan sepenuh hati dan memikirkan kesejahteraan masyarakatnya. Gaji kepala desa dapat diartikan sebagai jumlah uang yang diterima oleh kepala desa sebagai pemasukan tetap setiap bulannya, sebagai imbalan atas tugas dan tanggungjawab kepala desa dalam menjalankan tugas pemerintahan desa.

### Besaran Gaji Kepala Desa
Sebelum membahas besaran gaji kepala desa, penting untuk diketahui bahwa ada dua kategori desa di Indonesia, yaitu desa swadaya dan desa swakarya. Desa swadaya adalah desa yang mampu mengelola sumber daya alamnya sendiri secara mandiri, sedangkan desa swakarya adalah desa yang masih memerlukan bantuan dari pemerintah dalam hal pengelolaan sumber daya alamnya.

Untuk desa swadaya, gaji kepala desa ditentukan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 tentang Gaji dan Tunjangan Kepala Desa. Sementara itu, untuk desa swakarya, gaji kepala desa ditentukan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2005 tentang Dana Desa.

Untuk desa swadaya, besaran gaji kepala desa ditetapkan berdasarkan kategori desa dan wilayah. Gaji kepala desa terendah pada kategori desa dan wilayah terendah yaitu Rp 1.500.000,- dan gaji kepala desa tertinggi pada kategori desa dan wilayah tertinggi yaitu Rp 3.500.000,-

### Cara Perhitungan Gaji Kepala Desa
Perhitungan gaji kepala desa berbeda-beda tergantung pada kondisi setiap desa. Berikut adalah perhitungan gaji kepala desa yang bersumber dari Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 tentang Gaji dan Tunjangan Kepala Desa:

1. Gaji Pokok Kepala Desa
Gaji pokok dihitung berdasarkan besaran nominal angka dasar (NAD) dan factor regional.

2. Tunjangan Sertifikasi
Tunjangan sertifikasi diberikan kepada kepala desa yang telah memiliki sertifikat yang sesuai dengan pekerjaannya.

3. Tunjangan Keluarga
Tunjangan keluarga diberikan kepada kepala desa yang berkeluarga dan memiliki tanggungan.

4. Tunjangan Kinerja
Tunjangan kinerja diberikan kepada kepala desa yang sudah bekerja dengan baik selama satu tahun.

## Kelebihan dan Kekurangan Gaji Kepala Desa
Tidak bisa dipungkiri bahwa gaji kepala desa memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan gaji kepala desa:

### Kelebihan Gaji Kepala Desa
1. Mampu meningkatkan kinerja kepala desa. Dengan diberikannya gaji yang cukup besar, kepala desa akan lebih bersemangat dalam menjalankan tugasnya.

2. Meningkatkan motivasi pelayanan masyarakat. Kepala desa yang mendapatkan gaji besar akan melayani masyarakat dengan lebih baik dan bertanggungjawab dalam mengatasi permasalahan yang ada.

### Kekurangan Gaji Kepala Desa
1. Berpotensi menimbulkan korupsi. Besar gaji kepala desa yang besar dapat membuat kepala desa tergoda untuk menerima suap atau melakukan tindakan korupsi lainnya.

2. Menimbulkan ketidakpuasan masyarakat. Banyak masyarakat yang menilai bahwa gaji kepala desa yang besar tidak sebanding dengan kinerja yang diberikan.

## Faktor yang Mempengaruhi Besaran Gaji Kepala Desa
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran gaji kepala desa, yaitu:

### 1. Kondisi Finansial Desa
Kondisi finansial desa menjadi faktor utama dalam menentukan besaran gaji kepala desa. Desa yang mampu mengelola sumber daya alam dan keuangannya dengan baik biasanya memberi gaji kepala desa lebih besar.

### 2. Lingkungan Kerja
Lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif akan membuat kepala desa lebih bersemangat dalam menjalankan tugasnya.

### 3. Kepemimpinan
Kepemimpinan yang baik dan mendukung selalu memperhatikan kesejahteraan masyarakat dan kepala desa, sehingga dapat menentukan besaran gaji kepala desa yang seimbang.

### 4. Skala Prioritas
Skala prioritas pemerintah dalam menyediakan anggaran untuk keperluan negara termasuk gaji kepala desa.

## Kesimpulan
Gaji kepala desa merupakan hal yang penting dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai kepala desa. Besaran gaji kepala desa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kondisi finansial desa, lingkungan kerja, kepemimpinan, dan skala prioritas. Meskipun ada kelebihan dan kekurangan gaji kepala desa, namun tugas dan tanggungjawab kepala desa tetap harus diutamakan dalam menjalankan tugasnya. Gaji kepala desa yang cukup besar dapat meningkatkan kinerja kepala desa dan motivasi pelayanan masyarakat. Namun, pemberian gaji yang besar juga dapat menimbulkan korupsi dan menimbulkan ketidakpuasan masyarakat.

## Pertanyaan-Pertanyaan Umum

1. Apa itu gaji kepala desa?
Gaji kepala desa adalah jumlah uang yang diterima oleh kepala desa sebagai pemasukan tetap setiap bulannya, sebagai imbalan atas tugas dan tanggungjawab kepala desa dalam menjalankan tugas pemerintahan desa.

2. Bagaimana cara perhitungan gaji kepala desa?
Perhitungan gaji kepala desa berbeda-beda tergantung pada kondisi setiap desa. Perhitungan gaji kepala desa dilakukan dengan memperhitungkan gaji pokok, tunjangan sertifikasi, tunjangan keluarga, dan tunjangan kinerja.

3. Apa kelebihan gaji kepala desa?
Kelebihan dari gaji kepala desa adalah dapat meningkatkan kinerja kepala desa dan membuat kepala desa lebih bersemangat dalam melayani masyarakat.

4. Apa kekurangan dari gaji kepala desa?
Kekurangan dari gaji kepala desa adalah berpotensi menimbulkan korupsi dan menimbulkan ketidakpuasan masyarakat.

5. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi besaran gaji kepala desa?
Faktor-faktor yang mempengaruhi besaran gaji kepala desa adalah kondisi finansial desa, lingkungan kerja, kepemimpinan, dan skala prioritas.

6. Mengapa kepala desa harus mendapatkan gaji yang besar?
Kepala desa harus mendapatkan gaji yang besar karena tugas dan tanggungjawab kepala desa sangat penting dalam menjalankan tugas pemerintahan desa dan memikirkan kesejahteraan masyarakatnya.