gaji guru honorer

# Apakah Gaji Guru Honorer Sesuai dengan Pekerjaannya?
Sebagai profesi yang sangat terhormat, guru adalah bagian tak terpisahkan dari seberapa baik bangsa kita berkembang. Namun, jika kita berbicara tentang penghasilan, gaji guru honorer jelas tidak sebanding dengan tanggung jawab dan tugas kelas.

## Apa Itu Guru Honorer?
### Siapa yang Dinilai sebagai Guru Honorer?
Guru honorer adalah orang-orang yang dapat ditemukan di seluruh negeri. Mereka adalah guru yang tidak bekerja di bawah pemerintah tetapi bertanggung jawab langsung pada sekolah atau universitas tempat mereka mengajar. Biasanya, guru honorer tidak memiliki status pegawai negeri sipil (PNS) dan tidak diberi perlindungan atau tunjangan yang diberikan oleh negara.

## Bagaimana Kondisi Guru Honorer di Indonesia?
### Berapa Banyak Guru Honorer di Indonesia?
Menurut data Kemendikbud, terdapat sekitar 1,4 juta guru honorer di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa lebih dari seperempat dari total guru di Indonesia masih bekerja sebagai guru honorer. Namun, karena tidak semua guru honorer terdaftar di Kemendikbud, jumlah sebenarnya bisa jauh lebih tinggi lagi.

### Apa yang Menyebabkan Guru Honorer Kesulitan Mendapatkan Gaji Sesuai?
Salah satu alasan mengapa gaji guru honorer berada di bawah standar adalah karena mereka dipekerjakan oleh sekolah dengan biaya yang sangat minim. Banyak sekolah yang tidak memiliki anggaran tersendiri untuk membayar gaji guru honorer, sehingga harus mengambil uang dari sumber-sumber lain. Ada banyak kasus di mana guru honorer tidak dibayar sama sekali atau diberi bayaran yang sangat rendah, bahkan di bawah upah minimum regional.

Tidak ada kepastian untuk mendapatkan gaji secara teratur atau adil karena banyak sekolah tidak memiliki mekanisme pembayaran yang jelas atau sistematis. Selain itu, guru honorer juga tidak dijamin hak serupa dengan guru pemerintah, seperti jaminan pensiun atau jaminan kesehatan.

## Perbedaan Gaji Guru Honorer dan Guru PNS
### Berapa Gaji Guru Honorer di Indonesia?
Secara umum, gaji guru honorer jauh lebih rendah dari yang diterima oleh guru PNS. Sebagai contoh, seorang guru honorer di Jakarta bisa mendapatkan gaji hanya sekitar Rp 1 juta-Rp 3,5 juta per bulan, sementara gaji guru PNS berkisar antara Rp 3,5 juta-Rp 7,2 juta per bulan.

### Apa yang Menyebabkan Begitu Besar Perbedaan Gaji Guru Honorer dan PNS?
Perbedaan gaji antara guru honorer dan PNS dikarenakan beberapa faktor. Pertama, guru PNS dipekerjakan oleh negara, sehingga mereka mendapatkan jaminan sosial dan tunjangan yang lebih baik. Kedua, guru honorer seringkali tidak memiliki perlindungan hukum dan tidak diakui oleh negara sebagai pegawai. Karena pemerintah tidak mempekerjakan mereka langsung, mereka berada di bawah kendali pihak lain (misalnya, universitas, yayasan, atau kepentingan pribadi). Akibatnya, mereka tidak dapat meminta gaji yang layak atau mengancam akan keluar dari pekerjaan, karena mereka tidak dapat mengajukan tuntutan atau menuntut kesejahteraan.

### Apakah Kualitas Pendidikan Guru Honorer Lebih Rendah?
Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa kualitas pendidikan guru honorer tidak selalu lebih rendah daripada guru PNS. Banyak guru honorer memiliki kualifikasi dan pengalaman yang lebih baik daripada banyak guru PNS. Namun, mereka seringkali tidak diberdayakan atau diakui sebagai bagian dari sistem pendidikan dan dibiarkan dalam lingkaran kemiskinan dan ketidakpastian.

## Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Gaji Guru Honorer?
### Apa yang Ditawarkan oleh Pemerintah untuk Mengatasi Masalah Gaji Guru Honorer?
Untuk mengatasi masalah gaji guru honorer, pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa langkah penting. Namun, kebanyakan dari upaya tersebut belum mencapai hasil yang positif. Beberapa program pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan penghasilan guru honorer antara lain:
– Pemerintah mengeluarkan regulasi baru untuk menetapkan batas waktunya untuk keberlanjutan pengangkatan guru honorer di sekolah pada tahun 2015. Namun, karena cukup banyak sekolah yang masih belum mengikuti aturan tersebut, maka pengangkatan guru honorer yang sudah habis masa kontraknya masih saja cukup terjadi.
– Pemerintah meluncurkan Program Guru Favorit pada tahun 2021 yang bertujuan untuk menaikkan gaji guru honorer secara signifikan. Namun, program ini baru tersedia pada wilayah tertentu dan belum dapat memberikan efek signifikan secara umum.
– Pemerintah juga meluncurkan program Kartu Indonesia Pintar pada tahun 2014 yang bertujuan untuk membantu pengeluaran pendidikan bagi keluarga miskin, namun selain program tersebut belum ada program lain yang membantu mengatasi masalah gaji guru honorer.

### Apa yang Dapat Dilakukan Oleh Sekolah?
Pada sisi lain, pihak sekolah juga memiliki andil dalam meningkatkan kondisi keuangan guru honorer. Mereka seharusnya bisa mengusulkan anggaran yang lebih besar untuk membayar gaji guru honorer. Mengingat sejumlah besar uang masuk ke sekolah melalui iuran, donasi, sponsor, dan penggalangan dana lainnya, maka seharusnya tidak sulit bagi sekolah untuk mengalokasikan lebih banyak uang untuk membayar guru honorer.

Selain itu, sekolah juga dapat merekrut guru honorer dengan gaji yang wajar. Hal ini bisa memperbaiki masa depan pendidikan Indonesia secara keseluruhan.

### Apa yang Dapat Dilakukan Oleh Guru Honorer?
Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh guru honorer sendiri adalah mencari tahu berapa rata-rata gaji guru di wilayah kerjanya. Ketika kita mengetahui atau mengenali bagaimana kisaran penghasilan seorang guru, kita tidak akan mudah dipermainkan oleh pemilik sekolah. Selanjutnya, guru honorer juga dapat memanfaatkan sekolah digital untuk meningkatkan kualifikasi dan kemampuan yang dimilikinya agar bisa mendapatkan masyarakat yang lebih baik di masa depan.

## Kesimpulan
Guru adalah salah satu jenis pekerjaan yang paling penting di dunia. Sebagai pengajar dan pembimbing, mereka bertanggung jawab atas kualitas hidup dan masa depan masyarakat. Namun, banyak guru honorer di Indonesia harus bekerja tanpa jaminan yang layak dan adil. Gaji guru honorer seringkali dibayar di bawah standar, dan mereka tidak selalu diakui sebagai bagian dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Untuk meningkatkan kondisi keuangan guru honorer, upaya dari pemerintah dan pihak sekolah sangat diperlukan sekaligus juga guru honorer sendiri harus belajar lebih banyak, sehingga mereka mampu merangkul peluang yang ada sehingga mampu mendapatkan penghasilan yang lebih layak.