Gaji Customer Service Bank BRI: Semua yang Perlu Kamu Ketahui!

Berikut Informasi Lengkap tentang Gaji Customer Service Bank BRI ?

Teman Telagainfo, pasti kamu pernah berpikir untuk menjadi customer service di bank, bukan? Selain memiliki jam kerja yang fleksibel, bidang ini juga menjanjikan gaji yang cukup menarik. Nah, kali ini kita akan membahas tentang gaji customer service di salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, yaitu Bank BRI.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, yuk kenalan dulu dengan Bank BRI! Bank BRI atau PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan bank BUMN yang bergerak dalam bidang perbankan dan keuangan. Bank BRI didirikan pada 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah dan hingga saat ini Bank BRI memiliki jaringan kantor cabang hingga ke desa-desa yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan jaringan yang luas, Bank BRI tentu membutuhkan banyak karyawan termasuk customer service. Lalu, bagaimana gaji customer service di Bank BRI? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Customer Service di Bank BRI ?

Sebelum kita bahas tentang gaji, ada baiknya kita mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan dari posisi customer service di Bank BRI.

Kelebihan

1️⃣ Menjanjikan Karir yang Cerah

Sebagai customer service di Bank BRI, kamu memiliki banyak peluang untuk mengembangkan karirmu di bank tersebut. Kamu bisa naik jabatan menjadi supervisor, manager, hingga direktur!

2️⃣ Gaji yang Menjanjikan

Sebagai customer service di Bank BRI, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji yang cukup menarik. Jangan lupa, gaji ini akan semakin meningkat seiring dengan naiknya jabatanmu di bank.

3️⃣ Jam Kerja Fleksibel

Customer service di Bank BRI memiliki jam kerja yang lebih fleksibel dibandingkan dengan pekerjaan di bidang keuangan lainnya. Tentu ini memberimu keleluasaan dalam mengatur jadwal harianmu, termasuk waktu liburan dan libur akhir pekan.

4️⃣ Menambah Pengalaman

Customer service di bank tentu akan mengajarkanmu banyak hal mengenai dunia perbankan. Selain itu, kamu juga akan banyak menemukan berbagai macam karakter nasabah dan belajar berinteraksi dengan mereka.

Kekurangan

1️⃣ Tugas yang Berat

Sebagai customer service, kamu akan bertanggung jawab untuk menangani masalah nasabah termasuk pengajuan kredit, pembukaan rekening, dan sebagainya. Tugas ini memerlukan ketelitian tinggi, sehingga kamu harus siap dengan risiko kesalahan, yang bisa saja menimbulkan masalah.

2️⃣ Tekanan Kerja Tinggi

Customer service di bank seringkali harus berhadapan dengan nasabah yang tidak puas dan marah. Sebagai customer service, kamu harus bisa mengontrol emosi dan berkomunikasi secara profesional.

3️⃣ Jam Kerja yang Panjang

Kadang-kadang, customer service di Bank BRI diharuskan bekerja hingga lembur karena adanya nasabah yang mengajukan permohonan dalam waktu yang sama, atau karena adanya kesalahan sistem.

4️⃣ Tes dan Seleksi yang Ketat

Sebelum kamu diangkat menjadi customer service di Bank BRI, kamu perlu melewati tes dan seleksi yang cukup ketat. Kamu akan dihadapkan pada tes tertulis, tes wawancara, tes kesehatan hingga tes psikologi.

Informasi Lengkap Gaji Customer Service Bank BRI ?

Nah, sekarang kita sudah sampai pada bahasan utama yaitu tentang gaji customer service di Bank BRI. Sebagai informasi tambahan, gaji customer service di bank umumnya dibagi menjadi gaji pokok, tunjangan umum dan tunjangan kinerja. Lalu, bagaimana spesifiknya gaji customer service di Bank BRI? Simak tabel di bawah ini:

Jabatan
Gaji Pokok
Tunjangan Umum
Tunjangan Kinerja
Total Gaji
Customer Service
Rp 3.500.000
Rp 500.000
Rp 500.000
Rp 4.500.000

Perlu diketahui bahwa gaji di atas bisa saja berbeda tergantung dengan tempat kerja, semester kerja, jabatan, dan juga lokasi kerja kamu. Namun cukup menggambarkan range gaji untuk jabatan customer service di Bank BRI.

FAQ seputar Gaji Customer Service Bank BRI ??‍♂️

1. Apa itu Bank BRI?

Bank BRI atau PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan bank BUMN yang bergerak dalam bidang perbankan dan keuangan.

2. Berapa gaji customer service di Bank BRI?

Sebagai informasi tambahan, gaji customer service di bank umumnya dibagi menjadi gaji pokok, tunjangan umum dan tunjangan kinerja. Gaji customer service di Bank BRI berkisar antara Rp. 4.500.000 – 5.500.000.

3. Apa saja kelebihan menjadi customer service di Bank BRI?

Kelebihan menjadi customer service di Bank BRI antara lain kesempatan untuk mengembangkan karir, gaji yang menarik, jam kerja yang fleksibel, dan kesempatan untuk menambah pengalaman dan belajar mengenai dunia perbankan.

4. Apa saja kekurangan menjadi customer service di Bank BRI?

Kekurangan menjadi customer service di Bank BRI antara lain tugas yang berat, tekanan kerja tinggi, jam kerja yang panjang, dan tes dan seleksi yang ketat sebelum diangkat menjadi customer service.

5. Apa itu tunjangan kinerja?

Tunjangan kinerja adalah tunjangan yang diberikan berdasarkan prestasi kerja atau pencapaian yang telah dicapai oleh karyawan dalam suatu periode tertentu.

6. Bagaimana cara saya melamar menjadi customer service di Bank BRI?

Kamu dapat mengakses situs karir Bank BRI di https://karir.bri.co.id untuk melihat lowongan pekerjaan dan melamar secara online.

7. Apa saja persyaratan untuk menjadi customer service di Bank BRI?

Terdapat beberapa persyaratan untuk menjadi customer service di Bank BRI, antara lain minimal lulusan SMA/SMK atau sederajat, memiliki nilai rata-rata minimal 7 pada saat lulus, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu bekerja dalam tim.

8. Apakah gaji customer service di Bank BRI bisa naik?

Ya, gaji customer service di Bank BRI bisa naik seiring dengan naiknya jabatanmu di bank.

9. Berapa lama proses seleksi untuk menjadi customer service di Bank BRI?

Proses seleksi untuk menjadi customer service di Bank BRI membutuhkan waktu 1-2 bulan tergantung dari banyaknya pelamar dan perusahaan yang bersangkutan.

10. Apa saja benefit yang didapatkan sebagai customer service di Bank BRI?

Beberapa benefit yang bisa didapatkan sebagai customer service di Bank BRI antara lain BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, THR atau Tunjangan Hari Raya, dan cuti tahunan.

11. Apakah ada ikatan kerja minimal untuk menjadi customer service di Bank BRI?

Ya, terdapat ikatan kerja minimal selama 2 tahun untuk menjadi customer service di Bank BRI.

12. Apakah Bank BRI membuka karir bagi lulusan sarjana?

Ya, Bank BRI membuka karir bagi lulusan sarjana. Ada berbagai program karir yang bisa diikuti oleh lulusan sarjana, antara lain program trainee, program management trainee, dan program analis kredit.

13. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti tes dan seleksi menjadi customer service di Bank BRI?

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti tes dan seleksi menjadi customer service di Bank BRI antara lain pengetahuan dasar mengenai dunia perbankan, keterampilan komunikasi yang baik, dan kemampuan rapat tangan dan melangkah mati.

Kesimpulan: Ambil Peluangmu Menjadi Customer Service di Bank BRI!

Nah, itulah informasi lengkap mengenai gaji customer service di Bank BRI dan hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum melamar untuk posisi tersebut. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, pengalaman dan keuntungan karir yang bisa kamu dapatkan sebagai customer service di Bank BRI cukup menarik. So, jangan ragu untuk mencoba!

Bagaimana menurut kamu, apakah kamu tertarik untuk menjadi customer service di Bank BRI? Berikan pendapatmu di kolom komentar!

Sumber:

  • https://www.bri.co.id/id/karir/career-opportunity
  • https://job-like.com/jobdata/1550139/
  • https://www.langsungkerja.co.id/jobs/detail/customer-service-jabodetabek-di-bri-aka-bank-rakyat-indonesia-2394.html

Disclaimer:

Artikel ini disusun berdasarkan informasi terbaru yang tersedia pada saat penulisan. Informasi gaji dan persyaratan kerja dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan perusahaan. Penulis tidak bertanggung jawab atas ketidakakuratan informasi di atas atau perubahan yang terjadi setelah artikel ini diterbitkan.