Gaji Satpam Bank: Keuntungan dan Kerugian yang Harus Diketahui

Mengenal Peran Satpam pada Bank

Teman Telagainfo, sebelum membahas gaji satpam bank, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu satpam di bank. Satpam pada bank memiliki peran untuk mengamankan keamanan kantor dan segala kegiatan yang terjadi di dalamnya. Tidak hanya itu, satpam juga bertugas untuk menjaga keselamatan para pegawai dan nasabah yang datang ke bank.

Pendahuluan

Pekerjaan sebagai satpam bank memiliki pro dan kontra yang perlu diketahui oleh para calon tenaga keamanan. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa menjadi satpam bank adalah pekerjaan yang menguntungkan, tetapi di sisi lain, ada juga yang merasa bahwa gaji satpam bank kurang memadai dibanding pekerjaan lain yang sejenis.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai keuntungan dan kerugian dari gaji satpam bank. Mari kita telaah dengan saksama sebelum Anda memutuskan apakah pekerjaan ini cocok untuk Anda atau tidak.

Keuntungan Gaji Satpam Bank

1. Pengalaman Kerja

Masuk ke dalam dunia perbankan sebagai satpam bisa menjadi awal yang baik bagi Anda yang ingin memulai karir di industri perbankan. Pekerjaan sebagai satpam dapat membantu Anda memahami sistem kerja di bank dan mengembangkan keterampilan yang dapat berguna dalam karir Anda ke depannya.

2. Jaminan Kesehatan

Bank, sebagai perusahaan besar, menawarkan paket jaminan kesehatan dan tunjangan lainnya yang lengkap untuk karyawan dan keluarga mereka. Ini bisa menjadi salah satu keuntungan bagi seorang satpam bank karena menjaga kesehatan merupakan hal penting yang harus dilakukan.

3. Jaminan Hari Libur

Biasanya, sebagai karyawan bank, termasuk satpam, Anda akan memiliki jadwal kerja yang jelas dan jaminan hari libur yang lebih banyak dibandingkan dengan sejumlah pekerjaan lainnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki waktu dengan keluarga dan melakukan aktivitas yang lain.

4. Bonus

Seiring dengan tugas dan tanggung jawab yang dilakukan, seorang satpam bank mungkin akan berkesempatan mendapatkan bonus sesuai dengan kinerjanya. Ini menjadi salah satu tambahan penghasilan yang bisa dimanfaatkan dengan tepat.

5. Tantangan

Menjaga keamanan di lingkungan kerja yang dinamis seperti bank merupakan tantangan yang bisa mengasah kecerdasan dan keterampilan. Sebagai seorang satpam bank, Anda akan dihadapkan pada banyak situasi yang memerlukan respon cepat dan tepat.

6. Kesempatan Peningkatan Karir

Bank sebagai perusahaan yang besar dan memiliki banyak divisi, memberi kesempatan bagi setiap karyawan untuk meningkatkan karirnya ke level yang lebih tinggi. Sebagai satpam, Anda dapat memperluas keterampilan dan pengalaman kerja Anda untuk pindah ke divisi yang lebih menjanjikan karir Anda di masa depan.

7. Stabilitas Kerja

Industri perbankan merupakan salah satu sektor yang dianggap stabil dan tahan terhadap krisis ekonomi. Dalam artian, menjadi karyawan bank menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin memiliki pekerjaan yang stabil dan aman.

Kerugian Gaji Satpam Bank

1. Upah yang Kurang Memadai

Teman Telagainfo, satu-satunya alasan para karyawan mungkin berpikir dua kali tentang menjadi satpam bank adalah gaji yang kurang memadai. Satpam bank sering kali dibayar lebih rendah dari karyawan lain dalam perusahaan.

2. Tugas yang Berat dan Mencekam

Sebagai satpam, Anda bertanggung jawab atas keamanan kantor dan semua orang yang berada di dalamnya. Tugas yang berat tersebut bisa membuat Anda merasa tertekan dan membebani pikiran Anda. Selain itu, Anda juga harus bersiap menghadapi ancaman keamanan yang mungkin terjadi.

3. Jam Kerja yang Tidak Menentu

Satpam bank mungkin akan bekerja dalam pola kerja yang tidak menentu, termasuk bekerja pada hari libur atau saat sistem perbankan down. Ada kemungkinan bahwa waktu Anda dan keluarga terganggu.

4. Sifat Pekerjaan yang Tidak Menarik

Jika Anda mencari pekerjaan yang menawarkan banyak variasi dan tantangan, pekerjaan sebagai satpam bank mungkin tidak menjadi pilihan yang tepat. Tugas-tugas satpam kurang variasi dan bisa menjadi monoton dalam jangka waktu yang lama.

5. Tugas yang Kurang Disukai

Sejumlah orang mungkin merasa bahwa tugas seorang satpam tidak menarik atau tidak sesuai dengan minat dan keinginan mereka. Hal ini bisa mempengaruhi semangat kerja dan prestasi.

6. Resiko Kecelakaan

Sebagai satpam, Anda harus siap menghadapi resiko kecelakaan dalam menjalankan tugas di bank. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti kesalahan dalam penerapan protokol keamanan, atau karena Anda melakukan tindakan yang tidak mengikuti prosedur kerja.

7. Tuntutan yang Tinggi

Bank memiliki standar ketat untuk keamanan, dan sebagai seorang satpam, Anda harus memenuhi semua persyaratan itu. Ini bisa menjadi tuntutan yang sangat tinggi yang membutuhkan respon cepat dan tanggung jawab tinggi.

Tabel Gaji Satpam Bank

Nama Bank
Gaji Pokok
Tunjangan
Total Gaji
Bank Mandiri
Rp 3.353.000,-
Rp 800.000,-
Rp 4.153.000,-
Bank BNI
Rp 3.200.000,-
Rp 700.000,-
Rp 3.900.000,-
Bank BRI
Rp 3.000.000,-
Rp 500.000,-
Rp 3.500.000,-

FAQ tentang Gaji Satpam Bank

1. Berapa gaji rata-rata satpam bank?

Rata-rata, gaji satpam bank berkisar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per bulan.

2. Apakah satpam di bank jam kerjanya fleksibel?

Jam kerja satpam di bank cukup bervariasi, tergantung pada bank dan lokasi kantor. Namun, biasanya jam kerja mencakup tiga bagian yaitu pagi, siang dan malam.

3. Apa saja tanggung jawab satpam bank selain menjaga keamanan?

Beberapa tanggung jawab lain adalah membantu pengunjung dan membimbing para tamu, mengawasi keamanan area parkir, serta melakukan pengecekan terhadap karyawan dan tamu yang datang ke kantor.

4. Apakah satpam bank memiliki kesempatan untuk meningkatkan karir?

Ya, sebagai karyawan bank, satpam juga memiliki kesempatan untuk meningkatkan karirnya ke divisi yang lebih menjanjikan.

5. Apakah satpam bank mendapat tunjangan kesehatan?

Ya, satpam bank juga mendapat paket jaminan kesehatan dan tunjangan lainnya seperti karyawan bank lainnya.

6. Apakah pekerjaan sebagai satpam bank stabil?

Ya, pekerjaan sebagai satpam bank dianggap lebih stabil dan tahan terhadap krisis ekonomi.

7. Apakah kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi satpam bank?

Sebagian besar bank memiliki persyaratan minimal yaitu tamatan SMA/SMK. Namun, ada juga beberapa bank yang mengharuskan karyawan mereka memiliki kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi.

8. Apakah seorang satpam bank harus senantiasa berdandan rapi?

Ya, sebagai representasi keamanan bank, seorang satpam harus bersikap profesional dan menunjukkan etos kerja yang baik dengan cara terlihat rapi dan bersih.

9. Apakah pekerjaan sebagai satpam bank cocok untuk wanita?

Ya, bank mempekerjakan banyak wanita untuk posisi satpam. Seorang satpam perempuan memiliki keunggulan karena bisa lebih lembut dan penuh perhatian dalam menjalankan tugas.

10. Bagaimana cara mendaftar menjadi satpam bank?

Untuk mendaftar, Anda bisa melamar langsung di kantor bank yang bersangkutan atau melalui situs web mereka untuk posisi yang tersedia.

11. Bagaimana peluang karir bagi seorang satpam bank?

Peluang karir bagi seorang satpam bank tergantung pada kemampuannya untuk mengembangkan keterampilan dan pengalaman kerjanya di perusahaan. Banyak satpam yang kemudian pindah ke posisi yang lebih menjanjikan di perusahaan.

12. Apakah perusahaan lain menawarkan gaji yang lebih tinggi bagi satpam?

Ya, beberapa perusahaan mungkin menawarkan gaji yang lebih tinggi bagi satpam. Namun, seperti dikutip oleh para satpam, bank adalah tempat kerja yang lebih stabil, karena lebih tahan terhadap krisis ekonomi.

13. Apa saja keterampilan yang harus dimiliki seorang satpam bank?

Beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang satpam bank adalah pengetahuan dasar tentang perbankan, kemampuan dalam komunikasi dan keterampilan masyarakat, kemampuan dalam menghadapi situasi darurat dan juga kemampuan menulis laporan.

Kesimpulan

Teman Telagainfo, setelah mempertimbangkan keuntungan dan kerugian menjadi satpam bank, bisa disimpulkan bahwa gaji satpam bank cukup menarik karena terdapat sejumlah keuntungan yang didapat seperti jaminan kesehatan, bonus, dan kesempatan untuk meningkatkan karir. Namun, di sisi lain, gaji satpam bank menjadi kerugian karena kurang memadai. Selain itu, tugas yang diemban juga bisa berat dan menegangkan.

Oleh karena itu, terlepas dari pro dan kontra, menjadi satpam bank adalah pekerjaan yang dapat menawarkan banyak peluang dan keuntungan bagi mereka yang siap untuk menghadapi tantangan dan mempersiapkan diri untuk masa depan.

Action Call

Jika kamu tertarik untuk mengenal dunia perbankan lebih dalam, dan ingin mencoba bekerja dalam industri ini sebagai satpam, langsung saja lamar posisi yang tersedia di bank terdekat. Persiapkan dirimu dan siapkan semangatmu untuk menjadi bagian dari industri perbankan yang maju dan berkembang.

Kata Penutup

Penulis artikel ini tidak menjamin keakuratan dan kebenaran isi tulisan. Semua opini dan pandangan dalam artikel ini hanya bersifat pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang mencari informasi mengenai gaji satpam bank. Terima kasih telah membaca artikel ini.