Resep Kue Lapis Tepung Ketan Rose Brand

Selamat datang, gengs!

Hai, gengs! Kali ini kita akan berbagi resep lezat untuk kue lapis tepung ketan rose brand. Siapa yang tidak suka dengan kue yang manis, lembut, dan aroma harum mawar? Kue lapis tepung ketan rose brand adalah pilihan yang sempurna untuk menemani secangkir teh atau kopi di sore hari. Yuk, kita mulai membuatnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue lapis tepung ketan rose brand, kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

  1. 500 gram tepung ketan
  2. 200 gram gula pasir
  3. 800 ml santan
  4. 1 sendok teh air mawar
  5. Pewarna merah secukupnya
  6. Daun pandan secukupnya untuk hiasan

Jangan khawatir, semua bahan ini mudah didapatkan dan tentunya tidak memerlukan budget yang besar.

Langkah pembuatan

Nah, setelah semua bahan siap, kita dapat mulai mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Membuat adonan dasar

Pertama, campurkan tepung ketan, gula pasir, dan santan ke dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang tersisa. Setelah itu, tambahkan air mawar dan aduk kembali hingga merata.

2. Memecah adonan

Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama besar. Satu bagian akan digunakan untuk membuat lapisan putih, sedangkan bagian lainnya akan diberi pewarna merah untuk memberikan lapisan berwarna merah mawar.

3. Membuat lapisan putih

Ambil satu bagian adonan yang tidak diberi pewarna merah. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi sedikit minyak agar tidak lengket. Ratakan permukaan adonan dengan spatula agar ketebalannya merata.

4. Membuat lapisan merah mawar

Pada bagian adonan yang lain, tambahkan pewarna merah secukupnya. Aduk hingga adonan berwarna merah mawar secara merata. Tuangkan adonan merah mawar di atas adonan putih yang sudah ada di dalam loyang. Ratakan permukaannya dengan spatula.

5. Memanggang kue

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Setelah itu, masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven dan panggang selama 30-40 menit. Pastikan kue sudah matang dengan cara mencobanya dengan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, kue sudah siap diambil dari oven.

Sajikan dengan cantik

Setelah kue lapis tepung ketan rose brand matang, keluarkan dari dalam loyang dan biarkan dingin sejenak. Iris-iris kue lapis tepung ketan rose brand menjadi bentuk yang sesuai dengan selera, dan hidangkan pada piring saji. Untuk tambahan aroma yang segar, Anda dapat menambahkan daun pandan sebagai hiasan.

Kesimpulan

Itulah resep kue lapis tepung ketan rose brand yang lezat dan mudah untuk dipraktekkan di rumah. Rasanya yang manis dan aroma harum mawar pasti akan membuat siapa pun tergoda untuk mencicipinya. Selamat mencoba, gengs!

Tabel Bahan-bahan

Bahan
Jumlah
Tepung ketan
500 gram
Gula pasir
200 gram
Santan
800 ml
Air mawar
1 sendok teh
Pewarna merah
secukupnya
Daun pandan
secukupnya

Frequently Asked Questions

  1. Q: Apakah tepung ketan bisa diganti dengan tepung terigu?
  2. A: Tidak, karena tepung ketan memiliki karakteristik yang berbeda dengan tepung terigu. Tepung ketan memberikan tekstur yang lebih kenyal dan lembut pada kue lapis tepung ketan rose brand.

  3. Q: Jika tidak ada pewarna merah, apakah bisa menggunakan pewarna lain?
  4. A: Ya, Anda dapat menggunakan pewarna makanan lain yang Anda miliki. Namun, perhatikan bahwa warna hasil akhir mungkin berbeda dengan menggunakan pewarna merah mawar.

  5. Q: Apakah kue lapis tepung ketan rose brand dapat disimpan dalam lemari pendingin?
  6. A: Ya, Anda dapat menyimpan kue lapis tepung ketan rose brand dalam lemari pendingin untuk menjaga kelezatannya lebih lama. Pastikan untuk membungkusnya dengan kemasan rapat agar tidak terkena udara dingin secara langsung.

Demikianlah informasi lengkap mengenai resep kue lapis tepung ketan rose brand ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Selamat mencoba dan menikmati kue lezat ini, gengs!