Resep Ikan Tuna Balado

Hai gengs!

Selamat datang di artikel ini! Kali ini kita akan berbagi resep ikan tuna balado yang lezat dan mudah untuk dipraktekkan di rumah. Tidak hanya nikmat disantap sebagai hidangan utama, tetapi ikan tuna balado juga dapat menjadi hidangan pembuka yang menggugah selera. Yuk, langsung saja kita simak resepnya!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak, kita harus menyiapkan beberapa bahan-bahan berikut ini:

  1. Ikan tuna segar (500 gram)
  2. Cabe merah besar (5 buah)
  3. Bawang merah (3 siung)
  4. Bawang putih (3 siung)
  5. Cabe rawit merah (5 buah)
  6. Tomat merah (2 buah)
  7. Kecap manis (2 sendok makan)
  8. Garam secukupnya
  9. Gula secukupnya
  10. Air secukupnya
  11. Minyak untuk menggoreng

Langkah-Langkah Memasak Ikan Tuna Balado

Nah, setelah semua bahan disiapkan, kita dapat mulai memasak ikan tuna balado dengan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Persiapan

Bersihkan ikan tuna dengan membuang bagian insang dan isi perutnya. Kemudian, cuci ikan dengan air bersih dan lumuri dengan sedikit garam. Diamkan selama beberapa waktu agar ikan memiliki aroma yang segar.

Langkah 2: Penggorengan

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng ikan tuna hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan ikan dari minyak berlebih.

Langkah 3: Bumbu Balado

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, dan cabe rawit merah menggunakan blender atau ulekan. Kemudian, tumis bumbu halus yang telah dihasilkan dengan sedikit minyak hingga harum.

Langkah 4: Pengolahan Tomat

Cuci tomat, lalu potong menjadi bentuk dadu kecil. Tambahkan tomat ke dalam tumisan bumbu balado dan aduk hingga tomat menjadi lembut.

Langkah 5: Perpaduan Aroma

Masukkan ikan tuna yang telah digoreng ke dalam tumisan bumbu dan tomat. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam ikan tuna. Tambahkan kecap manis, gula, dan garam secukupnya sesuai dengan selera.

Langkah 6: Penyajian

Sajikan ikan tuna balado dalam piring saji dan hidangkan dengan nasi putih hangat. Taburi dengan daun bawang cincang sebagai hiasan.

Kesimpulan

Ikan tuna balado adalah hidangan yang menggugah selera dan mudah untuk dipraktekkan di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menikmati hidangan yang lezat dan bergizi ini bersama keluarga. Selamat mencoba!

Tabel: Kandungan Gizi dalam Ikan Tuna Balado

Kandungan Gizi
Jumlah
Kalori
200 Kcal
Protein
25 gram
Lemak
10 gram
Karbohidrat
5 gram
Vitamin A
10% AKG
Vitamin C
20% AKG

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Dapatkah saya menggunakan ikan tuna kalengan untuk resep ini?

Tentu saja! Anda dapat menggunakan ikan tuna kalengan jika tidak tersedia ikan tuna segar. Pastikan untuk menguras air kalengan sebelum menggorengnya.

2. Bisakah saya menambahkan bawang bombay dalam resep ini?

Tentu saja! Bawang bombay dapat menambahkan aroma dan rasa yang lebih kaya pada ikan tuna balado. Anda dapat menambahkannya saat menumis bumbu.

3. Bagaimana cara menghilangkan bau amis pada ikan tuna?

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan tuna, Anda dapat merendamnya dalam larutan air jeruk nipis atau air garam selama beberapa saat sebelum mencuci dan menggoreng ikan.

Demikianlah resep ikan tuna balado yang lezat dan mudah untuk Anda praktekkan di rumah. Nikmati hidangan ini bersama keluarga tercinta dan selamat mencoba! Semoga berhasil!