Resep Bolu Jadul Ny Liem: Kreasi Kue Klasik yang Tak Terlupakan

Hai gengs! Siapa yang tidak kenal dengan bolu jadul Ny Liem? Kue yang satu ini memang sudah lama menjadi favorit banyak orang, dari generasi ke generasi. Dengan rasa yang lezat dan tekstur yang lembut, bolu jadul Ny Liem selalu berhasil membangkitkan kenangan manis akan masa lalu.

1. Sejarah Bolu Jadul Ny Liem

Bolu jadul Ny Liem pertama kali diperkenalkan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Ny Liem pada tahun 1950-an. Kue ini awalnya hanya dibuat untuk keluarga dan teman-teman dekat. Namun, karena kelezatannya yang tak tertandingi, bolu jadul Ny Liem segera menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Berbeda dengan resep bolu modern yang menggunakan bahan-bahan canggih, bolu jadul Ny Liem mempertahankan keaslian dan kesederhanaan bahan-bahan. Inilah yang membuatnya begitu istimewa dan menjadi favorit banyak orang hingga saat ini.

2. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat bolu jadul Ny Liem, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 200 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 6 butir telur
  • 1 sendok makan emulsifier
  • 1 sendok teh sp;
  • 100 ml susu cair
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • Pewarna makanan sesuai selera

Gunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik untuk menghasilkan bolu jadul Ny Liem yang sempurna.

3. Langkah-langkah Pembuatan

Untuk membuat bolu jadul Ny Liem, ikuti langkah-langkah berikut:

3.1. Membuat Adonan

Pertama, kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih. Setelah itu, masukkan emulsifier dan sp;, lalu kocok lagi hingga rata. Tambahkan susu cair sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga semua bahan tercampur sempurna. Kemudian, masukkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil aduk perlahan hingga rata. Terakhir, tuangkan margarin leleh ke dalam adonan dan aduk rata.

Jika ingin memberikan variasi warna pada bolu, pisahkan adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Aduk rata hingga warna merata.

3.2. Memanggang Bolu

Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius. Siapkan loyang bulat dengan diameter 22 cm, oleskan margarin tipis-tipis, dan alasi dengan kertas roti. Tuangkan adonan ke dalam loyang secara merata.

Panggang bolu dalam oven selama kurang lebih 45-50 menit atau hingga matang sempurna. Untuk memastikan kematangan bolu, gunakan tusuk gigi dan masukkan ke tengah bolu. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.

3.3. Penyelesaian

Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin sejenak. Ambil kue dari loyang dan letakkan di atas rak kawat untuk menyejukkan secara sempurna. Setelah itu, bolu jadul Ny Liem siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga dan teman-teman tercinta.

4. Variasi Bolu Jadul Ny Liem yang Bisa Dicoba

Bolu jadul Ny Liem memang lezat dalam bentuk aslinya, namun Anda juga bisa mencoba variasi lain agar tampilan dan rasanya semakin menarik. Beberapa ide variasi yang bisa dicoba antara lain:

  • Bolu jadul Ny Liem cokelat: Tambahkan 50 gram cokelat bubuk ke dalam adonan untuk memberikan rasa cokelat yang lezat.
  • Bolu jadul Ny Liem pandan: Gunakan ekstrak pandan secukupnya dan tambahkan beberapa tetes pewarna hijau untuk memberikan warna dan aroma pandan yang khas.
  • Bolu jadul Ny Liem keju: Tambahkan 50 gram keju parut ke dalam adonan untuk memberikan rasa gurih yang lezat.

Dengan variasi-variasi tersebut, bolu jadul Ny Liem akan semakin menarik dan menggugah selera.

5. FAQ (Frequently Asked Questions)

5.1. Berapa lamakah bolu jadul Ny Liem bisa tahan?

Bolu jadul Ny Liem bisa tahan hingga 3-4 hari jika disimpan di dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan.

5.2. Bisakah adonan bolu jadul Ny Liem dipanggang dalam loyang berbeda?

Tentu saja! Anda bisa menggunakan loyang dengan ukuran yang berbeda sesuai selera dan kebutuhan.

5.3. Apakah bisa menggunakan margarin dalam kemasan untuk membuat bolu jadul Ny Liem?

Idealnya, menggunakan margarin dalam kemasan bisa menghasilkan tekstur bolu yang lebih rapuh. Sebaiknya gunakan margarin tawar yang bisa ditemukan di toko bahan kue untuk hasil terbaik. Namun, jika tidak ada, margarin dalam kemasan juga bisa digunakan dengan takaran yang sama.

Hai gengs, itulah resep bolu jadul Ny Liem yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Dengan langkah-langkah yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapat, Anda bisa merasakan kenikmatan kue klasik nan lezat ini. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Bolu jadul Ny Liem adalah salah satu kue klasik yang tidak pernah lekang oleh waktu. Dengan rasa yang lezat, tekstur yang lembut, dan keaslian bahan-bahannya, bolu jadul Ny Liem selalu berhasil memikat siapa saja yang mencobanya. Jangan lupakan kenangan manis masa lalu dengan mencoba resep ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!