Resep Kue Kumbu Kacang Hijau

Hai gengs! Apa kabar? Kali ini kita akan berbicara tentang resep kue kumbu kacang hijau yang lezat dan menggugah selera. Jika kamu mencari camilan yang cocok untuk menemani waktu santai, kue kumbu kacang hijau ini adalah pilihan yang tepat. Yuk, simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya!

1. Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan kue kumbu kacang hijau, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  1. 500 gram kacang hijau, rendam semalaman
  2. 200 gram gula pasir
  3. 100 gram tepung ketan
  4. 100 gram kelapa parut, kukus
  5. 1/2 sendok teh garam

Jangan lupa untuk menyiapkan alat-alat dapur seperti panci, loyang, wadah, dan sendok takar sebelum memulai proses pembuatan kue kumbu kacang hijau ini.

2. Cara Membuat Kue Kumbu Kacang Hijau

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan kue kumbu kacang hijau yang perlu kamu ikuti:

  1. Cuci bersih kacang hijau yang telah direndam semalaman. Tiriskan dan diamkan sejenak.
  2. Rebus kacang hijau hingga matang dan empuk. Setelah itu, tiriskan dan haluskan menggunakan blender atau food processor.
  3. Panaskan panci, masukkan kacang hijau yang telah halus, gula pasir, garam, dan tepung ketan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.
  4. Masak adonan kacang hijau dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental.
  5. Setelah adonan mengental, matikan api dan biarkan adonan kacang hijau dingin.
  6. Bentuk adonan kacang hijau menjadi bulat-bulat kecil, kemudian gulingkan adonan pada kelapa parut yang telah dikukus.
  7. Kue kumbu kacang hijau siap disajikan!

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat kue kumbu kacang hijau sendiri di rumah dengan mudah dan cepat.

3. Kesimpulan

Sekian artikel mengenai resep kue kumbu kacang hijau yang dapat kamu coba di rumah. Camilan ini cocok disantap saat waktu luang atau sebagai hidangan manis di acara spesial. Selamat mencoba, gengs!

Referensi:

No.
Sumber
Link
1
Kumpulan Resep
www.kumpulanresep.com/resep-kue
2
Masak Yuk
www.masakyuk.com/resep-kue-kumbu-kacang-hijau

Frequently Asked Questions (FAQ)

  1. Apa itu kue kumbu kacang hijau?

    Kue kumbu kacang hijau adalah camilan tradisional Indonesia yang terbuat dari kacang hijau yang direbus, dihaluskan, dan dicampur dengan gula pasir, garam, dan tepung ketan. Kue ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis.

  2. Bagaimana cara menyajikan kue kumbu kacang hijau?

    Kue kumbu kacang hijau dapat disajikan dalam keadaan dingin atau setelah didiamkan beberapa saat di dalam kulkas. Kamu juga dapat menambahkan topping seperti taburan kelapa parut atau wijen untuk menambahkan rasa dan tekstur.

  3. Berapa lama kue kumbu kacang hijau dapat disimpan?

    Jika disimpan di dalam wadah kedap udara di suhu ruangan, kue kumbu kacang hijau dapat bertahan hingga 3-4 hari. Namun, sebaiknya dikonsumsi secara segar untuk mendapatkan rasa yang terbaik.

Selamat mencoba resep kue kumbu kacang hijau, gengs! Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menemanimu dalam membuat camilan yang enak dan lezat. Sampai jumpa!