Resep Kulit Piscok Tanpa Telur

Hai, gengs! Siapa yang tidak suka makanan tradisional Indonesia yang satu ini? Piscok, atau pisang coklat, adalah jajanan yang terkenal dengan kulit yang renyah dan isian pisang yang manis. Namun, mungkin ada sebagian dari kita yang tidak bisa atau tidak suka menggunakan telur dalam resep kulit piscok. Jangan khawatir, saya akan berbagi resep kulit piscok tanpa telur yang bisa kalian coba di rumah. Simak yuk!

1. Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram susu bubuk
  • 50 gram margarin
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Langkah pertama dalam membuat kulit piscok tanpa telur adalah mencampurkan semua bahan kering, yaitu tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk hingga rata. Selanjutnya, tambahkan margarin dan uleni hingga menjadi adonan yang tercampur dengan baik.

2. Menyiapkan Adonan:

Setelah adonan tercampur rata, perlahan-lahan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung dengan tangan dan tidak lengket. Pastikan konsistensi adonan tidak terlalu cair atau terlalu kering.

3. Istirahatkan Adonan:

Setelah adonan siap, tutup adonan dengan kain dan diamkan selama sekitar 30 menit hingga adonan istirahat dan mengembang. Proses ini akan membuat tekstur kulit piscok nanti lebih lembut.

4. Bentuk Kulit Piscok:

Setelah adonan istirahat, ambil sedikit adonan dan pipihkan dengan tangan. Kemudian, letakkan pisang di atasnya dan bungkus dengan rapih. Ulangi langkah ini hingga seluruh adonan dan pisang habis. Pastikan kulit piscok tertutup dengan baik agar saat digoreng isian tidak tumpah.

5. Menggoreng Kulit Piscok:

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan kulit piscok ke dalam minyak panas dan goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan pada kertas minyak untuk menghilangkan minyak berlebih.

6. Hidangan Siap Disajikan:

Kulit piscok tanpa telur siap disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan di pagi atau sore hari. Nikmati pisang coklat hangat dengan renyahnya kulitnya. Selamat mencoba!

Kesimpulan:

Resep kulit piscok tanpa telur ini mudah diikuti dan memberikan hasil yang sama lezatnya dengan resep piscok pada umumnya. Kulit piscok yang renyah dan isi pisang yang manis akan memanjakan lidah kalian. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah. Selamat mencoba, gengs!

Tabel: FAQ Tentang Kulit Piscok Tanpa Telur

Pertanyaan
Jawaban
Apakah resep ini tanpa telur?
Ya, resep kulit piscok ini tidak menggunakan telur.
Bisakah saya mengganti margarin dengan mentega?
Tentu saja, bisa diganti dengan mentega sesuai selera.
Berapa lama kulit piscok dapat disimpan?
Kulit piscok dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama 1-2 hari.
Dapatkah isian piscok diganti dengan selai atau kacang?
Tentu, resep ini bisa di-variasi dengan isian sesuai selera.