Resep Siomay Tanpa Ikan Ala Abang-abang

Siomay: Pengenalan dan Sejarah

Hai gengs! Siapa yang tidak suka makanan yang satu ini? Siomay adalah salah satu hidangan populer di Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Biasanya, siomay terbuat dari ikan yang digiling namun, di dalam resep ini kita akan membuat siomay tanpa ikan ala abang-abang. Tidak perlu khawatir, rasanya tetap enak dan lezat!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat siomay tanpa ikan ala abang-abang:

  1. 300 gram daging ayam cincang
  2. 150 gram udang cincang
  3. 100 gram tepung sagu
  4. 2 butir telur
  5. 2 sendok makan bawang putih cincang
  6. 1 sendok makan garam
  7. 1/2 sendok makan gula
  8. 1/2 sendok makan merica bubuk
  9. 1 sendok makan minyak wijen

Persiapan dan Cara Membuat Siomay

Sebelum memulai proses pengolahan, pastikan daging ayam dan udang dalam keadaan segar dan bersih. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat siomay tanpa ikan ala abang-abang:

  1. Siapkan mangkuk besar, masukkan daging ayam cincang, udang cincang, bawang putih cincang, garam, gula, merica bubuk, dan minyak wijen. Aduk rata sampai bahan tercampur sempurna.
  2. Tambahkan tepung sagu dan telur ke dalam adonan. Uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan pipihkan. Anda bisa menggunakan tangan atau cetakan siomay untuk memudahkan proses pembentukan.
  4. Didihkan air dalam panci dan masukkan siomay yang sudah dibentuk. Rebus hingga siomay matang dan berwarna putih. Angkat dan tiriskan.

Saus Kacang

Siomay tanpa ikan ala abang-abang tentunya tidak lengkap tanpa saus kacang yang nikmat. Berikut adalah cara membuat saus kacang untuk menemani hidangan siomay tersebut:

  1. Siapkan bahan-bahan untuk saus kacang, yaitu kacang tanah, bawang putih, gula merah, garam, air asam jawa, dan air matang.
  2. Goreng kacang tanah hingga matang dan berwarna kecokelatan. Haluskan kacang tanah yang sudah digoreng.
  3. Tumis bawang putih hingga harum, lalu tambahkan gula merah dan garam.
  4. Tambahkan air asam jawa dan air matang. Aduk rata dan masak hingga saus mendidih dan mengental.

Sajian Siomay Tanpa Ikan Ala Abang-abang

Setelah siomay matang dan saus kacang siap, tinggal menyajikan hidangan ini dengan tepung beras kukus, bihun, tahu goreng, timun, kentang rebus, dan saus sambal. Anda juga bisa menambahkan potongan daun seledri atau bawang goreng sebagai hiasan. Siomay tanpa ikan ala abang-abang siap dinikmati! Selamat menikmati hidangan istimewa ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

Kesimpulan

Siomay tanpa ikan ala abang-abang adalah hidangan yang lezat dan mudah dibuat. Dengan menggunakan daging ayam dan udang, siomay ini tetap memiliki rasa yang nikmat. Saus kacang yang khas sebagai pelengkap akan membuat hidangan ini semakin menggugah selera. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep siomay tanpa ikan ala abang-abang ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah siomay tanpa ikan bisa disimpan dalam freezer?
Jawab: Ya, Anda bisa menyimpan siomay tanpa ikan dalam freezer. Pastikan untuk membungkusnya dengan plastik wrap atau aluminium foil agar tetap segar.
2. Berapa lama siomay tanpa ikan bisa tahan dalam freezer?
Jawab: Siomay tanpa ikan dapat bertahan hingga 2 minggu jika disimpan dengan benar dalam freezer.
3. Bolehkah saya menggunakan bahan lain selain daging ayam dan udang?
Jawab: Tentu saja, Anda bisa mengganti daging ayam dengan daging sapi atau dada ayam tanpa tulang jika lebih menyukainya.