Resep Bolu Tape Panggang Ny Liem yang Enak dan Lezat

Hai gengs! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas resep bolu tape panggang ala Ny Liem yang pasti bikin lidah kamu bergoyang. Siapa sih yang gak suka dengan bolu tape panggang? Rasanya yang manis, lembut, dan aroma tape yang khas membuatnya menjadi salah satu kue yang banyak digemari. Nah, langsung saja yuk kita simak resepnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai proses pembuatan bolu tape panggang, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, antara lain:

  1. 200 gram tape singkong
  2. 200 gram terigu
  3. 200 gram gula pasir
  4. 150 gram margarin
  5. 4 butir telur
  6. 1 sendok teh baking powder
  7. 1 sendok teh vanili bubuk
  8. 1/2 sendok teh garam

Semua bahan tersebut dapat kamu temukan dengan mudah di toko bahan kue terdekat. Setelah semua bahan sudah siap, kita bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Cara Membuat Bolu Tape Panggang

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat bolu tape panggang yang enak dan lezat:

1. Persiapan Awal

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyalakan oven dan panaskan dengan suhu 180 derajat Celsius. Selain itu, olesi loyang dengan margarin agar adonan tidak lengket saat dipanggang. Setelah itu, ayak terigu, baking powder, dan garam agar adonan lebih halus dan tidak bergerindil.

2. Kocok Telur dan Gula

Dalam sebuah wadah, kocok telur dan gula pasir hingga tercampur rata dan mengembang. Gunakan mixer dengan kecepatan sedang. Pastikan adonan terlihat mengental dan berwarna putih pucat.

3. Tambahkan Margarin Cair

Setelah adonan telur dan gula pasir mengembang, tambahkan margarin cair secara perlahan. Aduk rata hingga tercampur sempurna. Jangan terlalu lama mengaduk agar adonan tidak berlumpur.

4. Masukkan Tepung Terigu dan Vanili Bubuk

Selanjutnya, masukkan tepung terigu dan vanili bubuk yang sudah diayak ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula atau whisk. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.

5. Tambahkan Tape Singkong

Setelah adonan tepung terigu tercampur dengan baik, tambahkan tape singkong ke dalam adonan. Aduk rata hingga tercampur merata. Aroma tape yang khas akan memberikan cita rasa yang unik pada bolu ini.

6. Tuang Adonan ke Loyang

Tuang adonan bolu tape panggang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin tadi. Ratakan permukaan adonan agar hasil panggangnya merata. Jangan terlalu penuh loyang agar adonan memiliki ruang untuk mengembang.

7. Panggang dalam Oven

Letakkan loyang dengan adonan di dalam oven yang sudah dipanaskan. Panggang selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang dan berwarna keemasan. Untuk memastikan bahwa bolu sudah matang, gunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi yang dimasukkan ke dalam bolu keluar bersih, berarti bolu sudah matang sempurna.

8. Dinginkan dan Sajikan

Setelah bolu tape panggang sudah matang, keluarkan dari oven dan biarkan beberapa saat agar mengeras dan mudah dipotong. Setelah dingin, potong bolu menjadi beberapa bagian sesuai selera dan sajikan. Kamu bisa menambahkan taburan gula halus di atasnya agar terlihat lebih cantik.

Kesimpulan

Itulah resep bolu tape panggang ala Ny Liem yang enak dan lezat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu pasti bisa membuat bolu tape panggang yang lezat seperti di toko kue. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua bahan dengan baik dan memperhatikan suhu dan waktu panggang agar hasilnya sempurna. Selamat mencoba!

Tabel Bahan

Bahan
Jumlah
Tape Singkong
200 gram
Terigu
200 gram
Gula Pasir
200 gram
Margarin
150 gram
Telur
4 butir
Baking Powder
1 sendok teh
Vanili Bubuk
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat bolu tape panggang istimewa?

Bolu tape panggang memiliki aroma tape yang khas dan rasa yang manis. Selain itu, tekstur yang lembut membuatnya istimewa dan tidak bisa ditolak.

2. Apakah bolu tape panggang bisa disimpan?

Tentu saja! Bolu tape panggang bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang sejuk. Kamu bisa menikmatinya dalam beberapa hari ke depan.

3. Apakah bahan-bahan dalam resep bolu tape panggang mudah didapatkan?

Ya, bahan-bahan yang digunakan dalam resep ini umumnya mudah didapatkan di toko bahan kue terdekat. Jadi, kamu bisa membuatnya kapan saja tanpa kesulitan.

4. Bisakah menambahkan topping pada bolu tape panggang?

Tentu saja! Kamu bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti krim keju, cokelat meleleh, atau taburan kacang. Hal ini akan menambah variasi rasa pada bolu tape panggang.

5. Apakah resep ini bisa dijadikan referensi untuk pemula?

Tentu saja! Resep bolu tape panggang ini sangat cocok untuk pemula, karena langkah-langkahnya cukup sederhana dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Selamat mencoba!