Resep Bolu Panggang 4 Telur Takaran Gelas Lembut

Hai gengs! Siapa yang tidak suka dengan bolu panggang yang lembut dan lezat? Bolu panggang memang menjadi camilan favorit banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Nah, kali ini saya akan berbagi resep bolu panggang dengan takaran 4 telur menggunakan gelas sebagai alat ukur. Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  1. 4 butir telur
  2. 1 gelas gula pasir
  3. 1 gelas terigu
  4. 1 sendok makan emulsifier
  5. 1 sendok teh baking powder
  6. 1 sendok teh vanili bubuk
  7. 1/2 sendok teh garam
  8. 1/2 gelas margarin, cairkan
  9. 1/2 gelas susu cair

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Pertama-tama, siapkan loyang yang telah diolesi margarin dan taburi sedikit terigu agar tidak lengket. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.
  2. Pecahkan 4 butir telur ke dalam mangkuk besar, lalu tambahkan gula pasir. Kocok telur dan gula menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna putih pucat.
  3. Masukkan emulsifier ke dalam adonan telur dan gula, kemudian kocok kembali hingga tercampur merata.
  4. Ayak terigu, baking powder, vanili bubuk, dan garam ke dalam adonan telur. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  5. Tuangkan margarin cair dan susu cair ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula hingga semua bahan tercampur sempurna.
  6. Tuangkan adonan bolu ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ratakan permukaan adonan menggunakan spatula.
  7. Panggang bolu dalam oven yang telah dipanaskan selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang. Untuk memastikan kematangan bolu, tes tusuk dengan menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.
  8. Setelah matang, keluarkan loyang dari oven dan biarkan bolu dingin sejenak sebelum diangkat dari loyang.
  9. Bolu panggang 4 telur takaran gelas lembut siap disajikan. Potong-potong bolu sesuai selera dan sajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep bolu panggang 4 telur takaran gelas lembut di atas, Anda dapat membuat bolu panggang yang lezat dan lembut. Perhatikan takaran bahan dan ikuti langkah-langkah dengan teliti agar hasilnya maksimal. Bolu panggang ini sangat cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup di berbagai acara. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tabel Kandungan Gizi Bolu Panggang 4 Telur Takaran Gelas:

Kandungan Gizi
Satuan
Jumlah
Kalori
kcal
250
Protein
gram
5
Lemak
gram
10
Karbohidrat
gram
35
Serat
gram
1

FAQ (Frequently Asked Questions)

  1. Bisakah mengganti terigu dengan tepung protein rendah?

    Ya, Anda bisa mengganti terigu dengan tepung protein rendah. Namun, perlu diingat bahwa hasil bolu panggang mungkin akan sedikit berbeda dari yang menggunakan terigu biasa.

  2. Bisakah mengganti margarin dengan mentega?

    Ya, Anda bisa mengganti margarin dengan mentega. Namun, rasa dan tekstur bolu panggang dapat berubah sedikit karena kandungan air yang berbeda.

  3. Apakah perlu menggunakan emulsifier?

    Penggunaan emulsifier pada resep ini membantu menciptakan tekstur bolu yang lebih lembut. Namun, jika Anda tidak memiliki emulsifier, Anda masih dapat membuat bolu panggang yang enak tanpa menggunakan emulsifier.

  4. Berapa lama bolu panggang harus dikukus?

    Bolu panggang tidak perlu dikukus, melainkan dipanggang dalam oven pada suhu yang telah ditentukan dalam resep.

Gengs, itulah resep bolu panggang 4 telur takaran gelas lembut yang dapat Anda coba di rumah. Sebagai camilan atau hidangan penutup, bolu panggang ini pasti akan disukai oleh semua orang. Selamat mencoba dan nikmati kelezatannya!