Resep Puding Roti Agar Agar Swallow yang Lezat dan Nikmat

Hai gengs! Puding roti agar agar swallow adalah hidangan penutup yang sempurna untuk dinikmati dalam suasana santai bersama keluarga atau teman-teman. Puding ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta rasa yang manis dan segar. Jika kalian ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah resep puding roti agar agar swallow yang bisa kalian ikuti.

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan puding roti agar agar swallow, pastikan kalian sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan antara lain:

– 5-6 lembar roti tawar

– 500 ml air

– 7 gr agar agar swallow

– 100 gr gula pasir

– 1 sachet susu kental manis

– ½ sdt vanili bubuk

– ½ sdt garam

Tabel 1: Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Puding Roti Agar Agar Swallow

No
Bahan
Jumlah
1
Roti tawar
5-6 lembar
2
Air
500 ml
3
Agar agar swallow
7 gr
4
Gula pasir
100 gr
5
Susu kental manis
1 sachet
6
Vanili bubuk
½ sdt
7
Garam
½ sdt

2. Pembuatan Puding Roti Agar Agar Swallow

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai membuat puding roti agar agar swallow yang lezat ini!

2.1 Membuat Adonan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat adonan puding. Pertama-tama, potong roti tawar menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian, rebus air dalam panci hingga mendidih. Setelah itu, masukkan roti tawar ke dalam panci dan biarkan meresap selama beberapa menit.

Selanjutnya, tambahkan gula pasir, susu kental manis, vanili bubuk, dan garam ke dalam panci. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Biarkan adonan mendidih selama beberapa menit sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.

2.2 Menambahkan Agar Agar Swallow

Setelah adonan mendidih, saatnya menambahkan agar agar swallow. Campurkan agar agar swallow ke dalam adonan puding, kemudian aduk rata hingga agar agar larut dengan sempurna. Pastikan tidak ada gumpalan agar agar dalam adonan.

Setelah itu, masak adonan dengan api kecil hingga mendidih. Terus aduk perlahan agar adonan tidak lengket di dasar panci dan tidak terjadi penggumpalan.

2.3 Menuangkan ke Dalam Loyang

Selanjutnya, siapkan loyang atau wadah yang telah dioles dengan sedikit minyak. Tuangkan adonan puding ke dalam loyang secara perlahan. Pastikan mengisi loyang secara merata untuk mendapatkan puding yang lebih cantik.

Biarkan puding roti agar agar swallow tersebut dingin dan mengeras selama beberapa jam di dalam lemari es.

3. Penyajian Puding Roti Agar Agar Swallow

Setelah puding roti agar agar swallow mengeras, kalian bisa menghidangkannya dalam berbagai suasana, baik saat santai di rumah atau saat berkumpul dengan teman-teman. Potong puding menjadi beberapa bagian sesuai selera dan sajikan dalam piring atau mangkuk.

Puding roti agar agar swallow bisa disajikan langsung atau ditambahkan topping seperti saus cokelat atau stroberi untuk memberikan rasa yang lebih kaya. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan potongan buah-buahan segar sebagai garnish untuk tampilan yang lebih menarik.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

  1. 1. Apa bedanya agar agar swallow dengan agar agar biasa?

    Agar agar swallow memiliki tekstur yang lebih kenyal dan renyah, berbeda dengan agar agar biasa yang teksturnya lebih lembut.

  2. 2. Bisakah menggunakan roti yang sudah basi?

    Tidak disarankan menggunakan roti yang sudah basi, karena bisa mempengaruhi rasa dan aroma puding yang dihasilkan.

  3. 3. Berapa lama puding roti agar agar swallow bisa disimpan?

    Puding roti agar agar swallow dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari.

Sekarang kalian sudah memiliki resep puding roti agar agar swallow yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba dan semoga sukses!