Salah satu komoditas ekspor Indonesia yang berasal dari hasil pertanian adalah

Salah satu komoditas ekspor Indonesia yang berasal dari hasil pertanian adalah…

A. getah kayu
B. Kayu lapis
C. Rotan
D. Kayu

jawaban :

Salah satu komoditas ekspor Indonesia yang berasal dari hasil pertanian adalah (A) Getah Kayu. Selain getah kayu, yang termasuk komoditas ekspor Indonesia yang berasal dari hasil pertanian adalah rempah-rempah, beras, teh, kopi, kelapa sawit, karet, tebu, dsb.

Indonesia, sebagai negara agraris, memiliki kekayaan pertanian yang melimpah. Dari sawah hingga perkebunan, berbagai komoditas ditanam dan dipanen untuk memenuhi kebutuhan domestik dan pasar internasional. Dalam artikel ini, kita akan fokus pada komoditas ekspor utama yang berasal dari hasil pertanian.

1. Karet (Rubber) ????

Karet merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia yang mendominasi pasar global. Ditanam terutama di Sumatera dan Kalimantan, karet Indonesia dikenal memiliki kualitas tinggi dan menjadi bahan baku utama industri ban dunia.

2. Kopi ☕

Kopi Indonesia, dengan keanekaragaman jenisnya, menjadi primadona bagi penikmat kopi internasional. Dari Aceh hingga Papua, setiap daerah menyuguhkan cita rasa kopi yang unik dan khas.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa yang Membuat Karet Indonesia Begitu Dicari?

2. Bagaimana Proses Pembudidayaan Kopi di Indonesia?

Kesimpulan: Menanam Kesejahteraan dari Tanah Nusantara

Sebagai Sobat Penurut, kita telah menjelajahi keberagaman komoditas ekspor Indonesia yang berasal dari hasil pertanian. Kesejahteraan petani, keberlanjutan lingkungan, dan posisi Indonesia dalam peta ekonomi global semakin terwujud melalui keberhasilan sektor pertanian.

Mari kita dukung petani Indonesia dan nikmati hasil kekayaan tanah air bersama-sama!

Penutup: Peringatan Penting

Saat mengeksplore kekayaan pertanian Indonesia, perlu diingat bahwa upaya pelestarian alam dan pemberdayaan petani sangatlah krusial. Mari bersama-sama menjaga kelestarian sumber daya alam demi masa depan yang berkelanjutan.

Terima kasih, Sobat Penurut, atas perhatian dan dukunganmu. Semoga artikel ini menginspirasi kita semua untuk lebih menghargai dan mendukung pertanian Indonesia.