Cara Perawatan dan Pengobatan Jerawat Rosacea di rumah
images: freepik.com

Cara Perawatan dan Pengobatan Jerawat Rosacea di rumah

Jerawat Rosacea adalah penyakit kronis yang terutama mempengaruhi kulit wajah dan ditandai dengan perkembangan kejang dan remisi. Biasanya terjadi di pipi, hidung, dagu, atau dahi di atas usia 30 tahun, tetapi bisa juga terjadi di dada, leher, kulit kepala, atau telinga. Jika tidak diobati, lepuh sering muncul dan, dalam kasus yang paling parah, pembengkakan dan radang hidung karena jaringan berlebih. Jerawat rosacea sering menyebabkan iritasi dan mempengaruhi mata, yang tampak berair dan berdarah.

Siapa pun dapat menderitanya, tetapi orang dengan kulit putih yang memerah atau memerah lebih mungkin mengembangkan rosacea. Ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, tetapi pria cenderung lebih parah. Tidak ada obat untuk rosacea, tetapi pengobatan dapat membantu mengendalikan rosacea dan memperbaiki gejala. Jika Anda mencurigai rosacea, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit untuk diagnosis dan pengobatan.

Apa gejala utamanya?

Dengan sangat sedikit tanda-tanda umum, gejala rosacea sangat bervariasi dari orang ke orang. Para ahli mengklaim bahwa seringkali salah satu dari gejala awal berikut terlibat:

* Aliran Air-Drainase
*kemerahan terus-menerus
* Benjolan dan jerawat
* Pembuluh darah terlihat

Perawatan Jerawat Rosacea

Pengobatan rosacea perlu disesuaikan oleh dokter kulit berdasarkan kasus per kasus, karena tanda dan gejala sangat bervariasi dari pasien ke pasien. Dermatologis mungkin meresepkan berbagai perawatan oral dan topikal untuk mengobati jerawat dan kemerahan yang terkait dengan penyakit ini. Pengobatan awal biasanya terdiri dari antibiotik oral dengan pengobatan topikal untuk mengontrol kondisi, diikuti dengan pengobatan topikal jangka panjang untuk mempertahankan kondisi. Dalam beberapa kasus, jerawat rosacea diobati dengan laser atau terapi cahaya berdenyut intens untuk mengurangi kemerahan, menghilangkan pembuluh darah yang terlihat, dan memperbaiki perubahan warna hidung. Rosacea biasanya diobati dengan antibiotik.

Perawatan kulit

Orang dengan rosacea harus berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan bahwa perawatan kulit yang mereka gunakan sesuai dengan kondisi mereka. Pasien biasanya disarankan untuk menggunakan pembersih ringan non-abrasif untuk mencuci muka, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk katun lembut. Hanya produk yang tidak menyebabkan iritasi yang boleh digunakan dan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi harus digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

BACA JUGA :   7 Tips Kecantikan agar Wajah Terlihat Lebih Muda

Anda bisa menyembunyikan jerawat Rosacea dengan melapisinya dengan kosmetik andalan. Anda dapat menggunakan warna hijau untuk menyembunyikan kemerahan, diikuti dengan alas bedak berwarna kuning alami. Hindari riasan oranye.

Cara Perawatan dan Pengobatan Jerawat Rosacea di rumah

Gaya hidup sehat juga merupakan bagian dari perawatan rosacea secara keseluruhan dan membantu menenangkan dan menghindari faktor eksternal yang menyebabkan atau memperburuk kondisi kulit. ini adalah hal yang perlu anda kerjakan dan aplikasikan dirumah:

1.Hindari Kafein

Cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghindari berbagai macam minuman yang panas, kafein dalam kopi dan minuman beralkohol. Kebanyakan orang berpikir bahwa rosacea berhubungan dengan alkoholisme, tetapi juga dapat mempengaruhi orang yang tidak minum sama sekali.

2.Pakai Tabir Surya

Praktek tabir surya yang tepat dan menghindari suhu yang sangat panas atau dingin.

3.Jangan Menyakiti Kulit

Jangan melakukan tindakan agresif pada wajah Anda, seperti menggosok atau menggosok, karena dapat mengiritasi kulit merah Anda.

4.Olahraga di Tempat Teduh

Berolahraga hanya di lingkungan yang sejuk dan tidak kepanasan.

5.Kosmetik yang tepat

Hindari kosmetik dan produk perawatan kulit yang mengiritasi kulit dan gunakan hairspray dengan benar.
Buat catatan harian tentang semua shift pembersihan dan catat makanan, produk, obat-obatan, atau aktivitas yang terkait dengannya.

Penyebabnya masih belum diketahui dan tidak ada obat untuk jerawat yang dapat menjamin bahwa Anda akan sembuh selamanya, tetapi ada banyak hal yang dapat membantu. Selain mengikuti pedoman gaya hidup ini, berkonsultasi dengan dokter kulit untuk perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi risiko jerawat dan kemerahan, serta mengelola kondisinya.