Advertisement
4 Tips Bermain Saham Dengan Modal Kecil
sumber gambar: freepik.com

4 Tips Bermain Saham Dengan Modal Kecil

Anda tidak punya uang atau Modal yang kecil, lalu Bisakah Anda bermain Saham dengan modal kecil tersebut? Terbukti bahwa berinvestasi di saham merupakan jenis investasi yang tidak membutuhkan modal yang besar. Sebagian orang masih beranggapan bahwa berinvestasi saham terlalu rumit dengan menghabiskan banyak uang.

Sebagian besar orang diluar sana tidak mengetahui dengan jelas apa itu saham dan cara bermainnya begitu pula apakah bisa menabung saham hanya dengan modal minim, Dan tidak sedikit yang beranggapan bahwa bermain saham dengan modal yang kecil itu sangat mustahil. Namun jika hal ini dipahami dengan baik, berinvestasi saham bisa menjadi sangat mudah dengan modal yang kecil. Anda pun semua bisa menabung saham dengan menggunakan uang dibawah 5 juta rupiah sekalipun apabila anda megetahui caranya.

Mengutip berbagai sumber, inilah empat tips menabung saham dengan modal kecil!

1. Pilih hanya satu atau dua emiten saham

Pilih Saham dari emiten perusahaan besar yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan menunjukkan tingkat atau rating dan kepercayaan yan baik. Anda dapat mencari saham yang dihargai beberapa ratus rupiah per saham.

Untuk awalan pilih satu atau dua emiten saham Perusahaan sebagai bahan belajar. Dengan memilih cara investasi saham modal kecil bisa melindungi anda dari resiko kegagalan dan kekecewaan.

Anda dapat membuka halaman Bursa Efek Indonesia dan mulai memilih perusahaan yang terdaftar. Anda dapat memilih perusahaan yang berkinerja baik dan sesuai dengan modal yang Anda miliki. Jika Anda memiliki pengalaman yang cukup, Anda dapat mulai membeli beberapa emiten saham lainnya.

2. Pilih Sekuritas dengan biaya terendah

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menyimpan saham adalah membuka rekening efek di perusahaan pialang. Namun, pilihlah perusahaan pialang yang menawarkan deposit rendah dan biaya rendah.

BACA JUGA :   5 Aplikasi Trading Forex

Untuk setoran awal itu sendiri, temukan perusahaan pialang yang mengizinkan setoran awal hanya 5 juta rupee. Ini adalah cara penting untuk menyediakan persediaan dengan sejumlah kecil modal.

Selain itu, pertimbangkan biaya transaksi (jual beli saham) yang ditawarkan perusahaan. Sebaliknya, carilah perusahaan pialang yang menawarkan biaya perdagangan saham terendah dan terendah.

3. Gunakan Aplikasi Saham terpercaya

Saat ini, Anda dapat dengan mudah berinvestasi hanya dengan menggunakan ponsel cerdas Anda. Saat ini sudah banyak Aplikasi perdagangan saham yang bisa diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan transaksi online kapan saja dan di mana saja. Cobalah untuk mencari di google tentang aplikasi-aplikasi online saham yang sudah banyak tersebar dan terpercaya. Pastikan aplikasi tersebut sudah terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK), sehingga anda lebih aman dan nyaman untuk memulai investasi di saham.

Aplikasi ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan pialang yang membuka rekening efek. Pilih perusahaan pialang yang sudah menawarkan aplikasi perdagangan online.

4. Temukan indeks saham yang paling cocok

Jika Anda ingin menyimpan Saham dengan modal kecil, Anda perlu mengetahui indeks saham. Indeks saham adalah portofolio fiktif yang mengukur perubahan harga pasar atau sebagian dari pasar itu. Jika indeks saham naik, itu berarti harga sebagian besar saham sudah naik.

Di sisi lain, ketika indeks saham turun, sebagian besar komponennya turun. Sebagai pemula, Anda perlu menentukan saham mana saja yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30.

Hal ini karena kedua indeks tersebut terdiri dari perusahaan dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang tinggi, didukung oleh fundamental perusahaan yang sangat baik.